Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Mengenal Burung Perkutut Asli Majapahit dan Ciri-Cirinya

By On Sunday, September 18th, 2016 Categories : Burung

Mengenal Burung Perkutut Asli Majapahit dan Ciri-Cirinya – Mengenal dan mengetahui sedikit lebih tentang jenis burung perkutut yang tersebar di indonesia – Didalam kehidupan keseharian, khususnya orang yang berasal dari suku jawa memiliki kepercayaan tentang adanya mitos bahwa burung perkutut konon katanya mampu mengundang ataupun membawa keberuntungan.

Dan sejalan dengan ini, dari sejak dari dahulu kala masyarakat beradat jawa juga mempercayai tentang primbon.

Beberapa sumber mengatakan, menurut cerita leluhur burung perkutut adalah hewan jelmaan dari para pangeran majapahit.

burung-perkutut

Baca Juga : Cara merawat burung kenari betina agar rajin gacor

Namun apakah hingga jaman era modern ini khususnya di tahun 2016 ini, masyarakat masih percaya tentang adanya mitos burung perkutut tadi? Entahlah, mungkin saja masih ada.

Jenis dari burung perkutut bisa dikaakan sangat banyak namun kali ini kita telah mencantumkan 5 jenis burung perkutut.

Sebagai penggemar dari burung kicauan, burung yang memiliki suara kicauan khas ini juga harus anda kenali. Perlu anda tau, suara burung perkutut agaknya tidak bisa ditiru oleh jenis burung lainya.

Walau begitu. burung perkutut teramat disukai orang-orang yang sudah memasuki usia tua. Misalnya jenis burung perkutut bercorak leher zebra.

Perkutut corak leher zebra sangatlah langka dan sulit untuk ditemukan. Namun di alam aslinya, burung tersebut agaknya masih bisa kita temukan.

Menurut cerita lokal adat suku jawa yang berkaitan tentang si burung perkutut, “Siapa saja yang sempat menemukan burung perkutut bertanda loreng pada bagian lehernya maka dia akan bersama dengan pangeran majapahit dan akan di berikan beberapa kebahagiaan yang konon mampu mendatangkan rejeki bagi yang memilikinya”

Bila dilihat di dalam beberapa literature sejarah, jaman dahulu kala burung jenis perkutut memang dipercaya memiliki unsur ghaib. Yakni apabila si pemilik perkutut telah tiada maka burung akan otomatis lepas dari sangkarnya (menghilang).

Dialam tempat habitatnya, jenis makanan yang disukai oleh burung perkutut adalah pakan yang berupa jenis biji-bijian dan burung perkutut sebenarnya mampu hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari manusia.

Berikut ini adalah jenis-jenis burung perkutut yang terdapat di wilayah indonesia

  1. Burung perkutut Katuranggan. Ciri dari perkutut katuranggan adalah ia mampu megeluarkan suara kicauan manggung yang agak berbeda dengan jenis burung perkutut lain.
  2. Perkutut Songgo ratu. Ciri dari perkutut songgo ratu adalah si burung tersebut punya jambul. Sedangkan untuk bagian kaki dari si burung, warnanya agak sedikit cenderung berwarna Menurut alkisah, jaman dahulu perkutut jenis songgo ratu merupakan perkutut penjelmaan dari putra raja bali yang pada jaman dahulu berupaya melarikan diri dikota banyuwangi.Jenis perkutut songgo ratu ini sangat bagus untuk kita pelihara dirumah karena ia memiliki jambul.
  3. Yang ketiga adalah Perkutut jenis Perkutut lurah ini konon dipercaya mampu membantu mendatangkan kewibawaan tersendiri bagi pemiliknya. Selain itu, burung perkutut lurah juga dipercaya bisa membantu mendatangkan rejeki si pemilik.
  4. Perkutut jenis Jenis burung perkutut daringan merupakan burung yang dianggap bertuah bagi sepasang suami dan istri. Ciri ciri dari kutut daringan adalah untuk bagian leher burungnya ia bergaris garis tanpa putus.
  5. Burung perkutut warna Untuk burung yang satu ini cirinya yakni warna pada bagian bulunya didominasi warna putih. Dan harga dari burung perkutut putih tersebut agaknya lumayan sangat mahal disejumlah pasar yang menjual burung. Menurut cerita legenda, barang siapa yang memelihara burung ini, maka pemilik akan kaya.

Mungkin sekian dulu artikel yang dapat kami tulis mengenai mengenal burung majapahit dan ciri-cirinya. Moga bermanfaat, see you next post!

Baca Juga : Cara Mengetahui Burung Kenari Betina dan Jantan Siap Kawin

Loading...
Loading...
Mengenal Burung Perkutut Asli Majapahit dan Ciri-Cirinya | ilmuhewan | 4.5