Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Mengenal bangsa-bangsa kambing

By On Sunday, December 11th, 2016 Categories : Info Lainnya

Jenis bangsa bangsa kambing – Sebelum anda ingin membuat peternakan kambing anda perlu mengenali bangsa-bangsa kambing yang berguna untuk melakukan seleksi induk dan pejantan.

Berikut akan disajikan beberapa bangsa-bangsa kambing. Kambing merupakan ternak yang cukup populer. kambing dapat menghasilkan susu.

Kambing juga memiliki kelebihan pada dagingnya yang sangat populer di kalangan kuliner.Sehingga penting untuk mengenal jenis kambing yang ada saat ini.

jnis-kambing

Baca Juga : Cara Membuat Pakan Alternatif Lele dari Kotoran Sapi dan Kambing

Kambing kacang

yaitu kambing khas wilayah Indonesia. Kebanyakan orang menyebutnya kambing Jawa. Kambing ini memiliki karakteristik tubuhnya tidak besar bahkan kebanyakan tergolong kecil.

Kambing ini dapat ditemukan di hampir di seluruh wilayah Indonesia.Kambing ini memiliki berat badan jantan sekitar 25 kilogram dengan tinggi 60 cm sedangkan  betina sekitas 20 kg dengan tingginya 56 cm.

Kambing Jantan maupun betina memiliki tanduk dan telinga yang cukup pendek tegak.

Kambing etawa

Kambing ini merupakan khas dari wilayah India yang sangat populer di Indonesia. Kambing ini menghasilkan susu yang banyak diminati orang. kambing ini sangat produktif.

Kambing ini dapat memproduksi susu sekitar 4 liter per harinya. kedua jenis kambing ini memiliki tanduk baik jantan maupun betina.

Ciri dari kambing etawa memiliki tubuh yang tinggi dan kaki panjang, telinga juga panjang. Hidung dari kambing ini sangat  unik karena melengkung. Tinggi kambing sekitar 100 hingga 125 cm sedangkan pada betina 80 hingga 90 cm.

Kambing gembrong 

Merupakan kambing khas ujung timur kepulauan bali. Ciri kambing ini yang mencolok dengan rambut yang panjang.

Perbedaan kambing  jantan dan betina adalah rambut yang lebih panjang di bagian leher untuk jantan. Kambing ini memiliki tanduk tinggi dan telinga yang agak kecil. Ekornya  pendek.

Kambing ini memiliki jumbai yang dapat menutupi wajah dan matanya. Sebutan dari kambing ini adalah gembrong.

-kambing Saanen merupakan kambing khas negara Swiss ini  yang berwarna putih . Baik jantan maupun betina tidak memiliki tanduk. Kambing ini kurang cocok di daerah dengan iklim tropis karena tidak kuat dengan matahari.

Memiliki bercak-bercak hitam di bagian hidung dan telinga. Kambing ini dapat memproduksi susu tinggi sekitar 740 kilogram per masa laktasi. Sebelum anda ingin membuat peternakan kambing anda perlu mengenali bangsa-bangsa kambing yang berguna untuk melakukan seleksi induk dan pejantan.

Berikut akan disajikan beberapa bangsa-bangsa kambing. Kambing merupakan ternak yang cukup populer. kambing dapat menghasilkan susu. Kambing juga memiliki kelebihan pada dagingnya yang sangat populer di kalangan kuliner.

Sehingga penting untuk mengenal jenis kambing yang ada saat ini. Dengan mengenal beberapa jenis kambing maka anda akan lebih pandai dalam memilih kambing yang berkualitas bagus.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Produksi Susu Kambing Peranakan Etawa

Loading...
Mengenal bangsa-bangsa kambing | ilmuhewan | 4.5