Mengenal 5 Jenis Burung Prenjak yang Populer di Pasaran

By On Monday, December 19th, 2016 Categories : Burung

5 Jenis Burung Prenjak – Sebagai negara yang memiliki keanekaragaman hayati merupakan surga bagi penggemar burung kicau untuk menyalurkan hobinya memelihara berbagai jenis burung.

Salah satunya yaitu dengan memelihara burung prenjak. Burung prenjak bisa kita temukan di sekeliling rumah, pepohonan, semak-semak, dan area perkebunan tebu, serta persawahan.

Burung prenjak memiliki bentuk tubuh yang kecil dan memiliki kicauan yang merdu. Kicauannya pun terbilang nyaring, bisa kita dengarkan dari radius puluhan meter.

Baca Juga : Cara melatih Burung Nuri Agar Dapat Berbicara Layaknya Manusia

Namun, untuk hal perawatan burung prenjak pun dibutuhkan perawatan yang ekstra hati-hati. Dikarenakan burung prenjak memiliki ukuran yang mungil sehingga rentan jatuh sakit dan resiko kematian.

Selain itu, burung prenjak lebih suka makan serangga-serangga kecil seperti capung, belalang, jangkrik, ulat, laba-laba kecil.

Dan konon katanya, kicauan burung mungil ini diyakini sebagai keberkahan bagi pemiliknya. Dikarenakan jika burung prenjak mulai berkicau, biasanya akan ada tamu datang ke rumah. Berikut ini jenis-jenis burung prenjak yang populer di pasaran .

  1. Burung Prenjak Kebun

Burung jenis ini lebih sering ditemukan di area kebun. Biasanya kebun pekarangan juga disinggahi oleh burung prenjak kebun.

Burung ini memiliki ukuran yang lebih kecil diantara jenis lainnya. Meskipun bertubuh mungil, burung ini sangat lincah dan tidak bisa diam. Kicauannya dipercaya sebagai adanya tamu yang membawa keberkahan bagi pemilik rumah.

  1. Burung Prenjak Sawah

Sesuai namanya, burung satu ini sering kita temukan di sawah, atau padang rumput. Ada pula yang menyebut burung ini dengan sebutan burung prenjak pari.

Kicauannya yang khas seperti klik klik dapat dinyanyikan dengan durasi yang cukup lama. Ciri-ciri burung ini yaitu memiliki ekor yang panjang, bulu dada berwarna putih bersih, serta tubuhnya proporsional.

  1. Burung Prenjak Tebu

Habitat burung jenis ini yaitu di sekitar perkebunan tebu atau jagung. Antara burung prenjak tebu dan sawah memiliki kemiripan, hanya berbeda pada warna bulu dada yang dominan putih kekuningan dengan fisik yang lebih besar. Suara kicauannya pun lebih ngebass. Selain itu juga ditemukan jenis prenjak tebu yang berwarna coklat.

  1. Burung Prenjak Putih

Habitat burung ini seperti burung prenjak sawah yaitu di area persawahan dengan warna bulu abu-abu kombinasi putih. Di bagian dada memiliki kalung berwarna hitam dengan dada berwanra putih untuk prenjak berkelaminan jantan.

Selain itu, burung prenjak ini memiliki ekor yang panjang bila bertemu burung prenjak jantan lainnya dengan gaya petarung.

  1. Burung Prenjak Gunung

Inilah jenis burung prenjak yang banyak diincar oleh kicau mania karena suaranya yang engkel, dengan suara yang besar, dan kicauannya yang beragam.

Untuk ukuran fisiknya, burung prenjak gunung memiliki tubuh yang lebih besar dan panjang dari burung prenjak jenis lainnya.

Warna bulunya pun dominan cokelat kekuningan dengan warna belang-belang pada bagian kepala hingga leher. Dikarenakan hidupnya di pegunungan, burung ini pun disebut burung prenjak gunung.

Itulah lima jenis burung prenjak yang populer di pasaran dan memang laris manis di pasaran. Pasalnya, harga satu burung prenjak hanya berkisar pada harga 20 ribu hingga 1245 ribu per ekor.

Baca Juga : Mengenal Burung Murai Batu Asal Borneo Kalimantan

Mengenal 5 Jenis Burung Prenjak yang Populer di Pasaran | ilmuhewan | 4.5