Mengapa Cicak Bisa Menempel Di Dinding?

By On Wednesday, August 24th, 2016 Categories : Uncategorized

Mengapa Cicak Bisa Menempel Di Dinding? – Pernah melihat cicak yang sedang menempel di dinding atau di langit-langit rumah kita?

Pernahkan kita membayangkan bagaimana cicak tersebut dapat menempel di dinding atau di langit-langit rumah?

Jika kita belum mengetahui dan menginginkan jawaban mengapa cicak dapat menempel di dinding, maka langsung saja kita pelajari pembahasan yang ada di bawah ini.

cicak didinding

Baca Juga : Begini Cara Memilih Induk Lele Yang Berkualitas dan Unggul

Pengertian Cicak

Cecak atau cicak merupakan hewan reptil yang biasanya merayap dan menempel di berbagai tempat seperti di dinding, langit-langit rumah, hingga di pepohonan.

Umumnya cicak memiliki warna coklat kehitam-hitaman, memiliki panjang kurang lebih 10 cm, dan banyak ditemukan pada tempat yang tinggi.

Cicak bersama tokek dan sejenisnya termasuk dalam suku gekkonidae. Kata Cecak menurut masyarakat Indonesia berasal dari suara yang dihasilkan oleh hewan itu sendiri, yaitu cak… cak… cakkk.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa kata cecak adalah sebuah onomatopi atau menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti tiruan bunyi.

Jenis-Jenis Cicak

Di dunia, terdapat bermacam-macam jenis cicak. Sedangkan di lingkungan sekitar rumah kita, setidaknya terdapat sekitar empat jenis cicak yang mudah untuk ditemukan yaitu cicak tembok, cicak kayu, cicak gula, dan cicak batu.

  • Cicak Tembok; Cicak tembok atau cosymbotus platyurus merupakan jenis cicak yang paling banyak kita temui seperti pada tembok rumah atau atap-atap rumah. Cicak tembok memiliki ciri seperti bentuk tubuh yang pipih, lebar, dan memiliki ekor yang panjang dengan bulu-bulu halus di pinggirnya.
  • Cicak Kayu; Cicak kayu atau hemidactylus frenatus merupakan jenis cicak banyak ditemukan di sela-sela dahan atau batang pohon. Cicak kayu memiliki ciri seperti tubuh yang lebih kecil dan memiliki ekor berbentuk bulat dengan enam deret tonjolan kulit yang berbentuk seperti duri.
  • Cicak Gula; Cicak gula atau gehyra mutilate merupakan jenis cicak yang sering kita temukan ketika sedang memakan nasi, gula, dan terkadang menemukannya tenggelam di gelas bekas minuman yang berada di meja makan atau dapur. Cicak gula memiliki ciri seperti kepala yang berbentuk membulat dan memiliki warna kulit transparan seperti kulit manusia.
  • Cicak Batu; Cicak batu atau cyrtodactylus marmoratus merupakan jenis cicak yang banyak ditemukan di dinding dan diatas atap rumah kita. umumnya cicak batu suka memakan nyamuk dan serangga yang berterbangan di sekitarnya.

Alasan Mengapa Cicak Dapat Menempel Di Dinding

Wajib kita ketahui, alasan kenapa cicak mampu berjalan di dinding atau atap rumah karena memiliki rambut-rambut yang berukuran sangat kecil pada keempat kakinya (Rambut-rambut tersebut dinamakan spatula).

Jumlah rambut-rambut tersebut dapat mencapai milyaran dan kumpulan sekitar 1000 spatula dinamakan dengan setae.

Rambut-rambut halus tersebut, memiliki panjang yang bermacam-macam ada yang memiliki panjang sekitar 30 – 120 mikrometer dan memiliki ketebalan per sepuluh dari tebal rambut manusia.

Rambut-rambut inilah yang memungkinkan cicak dapat berjalan di tembok, bahkan rambut pada kaki cicak tersebut dapat berjalan di permukaan kaca yang halus.

Satu setae mampu menopang beban seberat 20 mg, sehingga jutaan setae mampu menopang beban hingga berkilo-kilogram.

Sumber kemapuan melekat rambut-rambut pada kaki cicak berasal dari gaya tarik listrik antara molekul pada permukaan dinding dengan molekul seta atau gaya Van der Waals.

Untuk melepaskan kakinya dari dinding, cicak membuat sudut antara seta dengan dinding. Saat sudut antara seta dan dinding semakin membesar, maka mengakibatkan daya lekat seta dengan dinding juga semakin mengecil.

Bila kita pernah melihat cicak jatuh dari tembok atau atap rumah, hal tersebut terjadi karena cicak tersebut salah dalam meletakkan kaki saja.

Baca Juga : Bagaimana Cara Menangkar Burung Pleci?

Loading...
Mengapa Cicak Bisa Menempel Di Dinding? | ilmuhewan | 4.5