Mari Berkenalan dengan Burung Hoopoe, Si Cantik yang Berbau Busuk

By On Thursday, October 19th, 2017 Categories : Burung

Fakta Unik Burung Hoopoe – Noble hoopoe alias Eurasian hoopoe (Upupa epops) atau yang lebih dikenal dengan burung hud hud merupakan burung yang tampilannya unik.

Melihat jambul yang menjulang dengan ujung berwarna hitam  dan merak ini semakin menambah kecantikan burung yang beberapa kali disebut dalam kitab suci Al-Quran ini.

Dari segi bulunya yang lembut dengan perpaduan warna kuning, kecoklatan serta hitam ini tampil semakin mempesona.

Namun sayangnya burung hoopoe sekarang agak sulit sekali ditemukan, karena hewan ini sudah mendapatkan gelar warning atau terancam punah.

Baca Juga : Sifat, Jenis, Populasi, dan Penyakit Burung Lovebird

Agak sulit untuk mendekatinya karena burung hoopoe atau hud hud mempunyai sistem pertahanan yang super hebat. Mari berkenalan dengan burung hoope.

Suara yang Unik

Karena suaranya yang melengking dan mengeluarkan suara “hoops” berkali – kali dalam logat Inggris, oleh karenanya burung ini disebut juga burung hoope.

Tapi ada juga suara dan logat Arab yang dikeluarkannya seperti “hud, hud” sehingga burung cantik ini lebih sering disebut burung hud hud.

Jika kamu adalah pecinta sejati burung, sayangnya hud hud sekarang tengah mengalami kepunahan. Dibutuhkan perhatian ekstra demi menjaga warisan dunia ini.

Jenis – Jenis Pakan

Memiliki paruh yang runcing, tipis dan panjang adalah ciri khas hud hud. Karena inilah hud hud sering memangsa serangga – serangga kecil semacam belalang, jangkrik, kumbang, semut, earwigs, katak, biji – bijian (terutama buah beri) yang semuanya berukuran kecil dan rata – rata berukuran sekitar 20 hingga 30 mm.

Kalaupun mangsa ternyata lebih besar dari tubuhnya maka burung hud – hud punya cara lain agar dapat memakannya dengan baik.

Untuk menemukan beberapa pakan hewan ini tidak hanya mencarinya di dahan – dahan pohon saja, hoopoe juga sering mencari mangsa dengan turun ke tanah.

Tapi terkadang juga berhenti sejenak demi mencari beberapa pakan sambil mencoba menggali permukaan tanah. Bisa dibilang burung ini mempunyai sisi penasaran yang lumayan besar.

Hal ini dibuktikan juga oleh si hud hud yang mencoba mencari beberapa pakannya di tumpukan daun menggunakan paruh tipisnya. sekalipun itu harus mengangkat sebuah batu besar atau mengelupas bagian kulit pohon.

Bersifat Setia

Kecil tapi mempunyai sisi lembut. Ya, inilah yang dimiliki oleh seekor burung hud – hud pada pasangannya.

Sifatnya yang memilih untuk setia pada satu pasangan atau monogami ini menjadi satu contoh bagi manusia agar selalu mencintai, menyayangi dan menghargai pasangan. Tapi inilah bukti kesetian yang dimiliki burung hud – hud.

Walaupun harus terbang jauh untuk mencari makanan untuk si betina, hewan berjambul menawan ini selalu pulang ke tempat pasangannya berada lho.

Sistem Pertahanan Super

Rasanya tidak mungkin bisa seekor burung cantik seperti hud hud mempunyai sistem pertahanan super.

Tapi ternyata hud hud mampu mengeluarkan bau busuk ketika predator berusaha untuk memangsanya. Sistem pertahanan ini pun berasal dari bagian pantatnya dengan cara menyemprotkan kotoran ke mata lawannya.

Bila ternyata sistem ini tidaklah berhasil maka hud hud akan melumuri seluruh tubuhnya dengan kelenjar yang berbau sangat busuk. Ada kelenjar khusus yang berada dekat kloaka yang mampu mengeluarkan zat tersebut.

Cara ini pun sangat ampuh untuk mengusir para predator yang mencoba menjadikannya mangsa. Namun, tidak hanya itu ternyata zat yang keluar ini juga mampu melindunginya dari berbagai penyakit, parasit hingga anti bakteri.

Baca Juga : Cara Ternak dan Budidaya Burung Barn Owl Untuk Pemula

Loading...
Loading...
Mari Berkenalan dengan Burung Hoopoe, Si Cantik yang Berbau Busuk | ilmuhewan | 4.5