BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Manfaat Umbaran pada Burung Kicau

By On Wednesday, August 9th, 2017 Categories : Manfaat dan Khasiat

Manfaat Umbaran pada Burung Kicau – Mendengar kata umbaran pasti para pecinta burung petarung sudah mengetahui kata ini. Kandang umbaran sendiri merupakan kandang yang berukuran besar dengan panjang kisaran 2 meter.

Umbaran ini yang biasanya di tempati oleh burung kicau dan petarung yang ingin dilombakan. Namun, tidak semua orang mengetahui dari manfaat bagi si purung ketika di tempatkan dalam satu kandang besar ini.

Padahal, bila burung ditempatkan beberapa kali di dalam umbaran, maka itu bisa berpengaruh pada kesehatan dan tentu saja burung lebih siap untuk diadukan di medan perlombaan.

Mempunyai burung yang sering gacor dan sehat adalah impian para pecinta burung.

Baca Juga :

Cara Mencegah Burung Kicau Stress

Cara Membuat Ramuan Alami Untuk Memandikan Burung Kicau

Manfaat dan Khasiat Hewan Bekicot Untuk Burung Kicau

Hukum Jual Beli Burung Kicau Dalam Islam

Jenis Pakan Pelengkap Untuk Burung Kicauan

Tapi jika kamu selalu mengurungnya di dalam sangkar kecil secara terus menerus, maka bukan sehat yang kamu dapat justru burung akan lebih pendiam karena kurungannya yang kecil tidak memberikan kesempatan baginya untuk terbang kesana kemari.

Ini juga berimbas kurang baik untuk kesehatan dan psikologis burung itu sendiri lho.

Lalu apa saja sih manfaat dari umbaran?

Telusuri penjelasannya berikut ini.

 Dapat Menghilangkan Penyakit Stress

Terlalu lama menempati sangkar burung yang relatif berukuran kecil akan membuat burung andalan kamu bisa terkena penyakit stress lho.

Ini sudah terbukti karena bukannya keaktifan yang didapat, tapi malah burung jadi malas untuk bergerak. Oleh karenanya, jika kamu ingin burung kicauan dan petarung milikmu selalu aktif maka cobalah menempatkannya dalam umbaran.

Ini akan berdampak bagi psikologisnya yang merasa lebih nyaman untuk terbang kesana kemari. Space-nya yang luas, lebar dan tinggi lah yang mengakibatkan burung merasa seperti di alam bebas.

Burung Semakin Sehat

Siapa bilang umbaran tidak bisa membuat burung lebih sehat?

Dengan menempatkan burung kicau dan petarung milikmu dalam umbaran akan membuat tubuhnya terbentuk dan lebih rajin olahraga lagi.

Hal ini disebabkan sangkar terbilang lebih besar sehingga lebih mudah untuk burung terbang dan hinggap kesana kemari. Ini secara tidak langsung membuat burung peliharaan kamu semakin sehat.

Dengan rutin menempatkan burung kicauan dalam umbaran 3 kali seminggu maka secara tidak langsung akan membentuk otot – otot yang kuat.

Mulai dari vita suara lebih lantang dan bertenaga, sayapnya lebih gesit dan otot kaki pun semakin kuat untuk mencengkram.

Ditambah lagi berat badan tidak akan overload karena tubuhnya dipaksa untuk selalu berolahraga dengan terbang.

Secara tidak langsung juga lemak yang menumpuk pada tubuhnya akan terbakar dan dapat membuat tubuh lebih ramping dan kencang.

Tapi, jika kamu terus – terusan menempatkannya dalam sangkar kecil maka membuat tubuhnya kurang sehat, walaupun sudah diberikan pakan yang bergizi tinggi dan kaya akan protein.

Menambah Napas Burung

Jika burung peliharaan kamu adalah burung yang baru saja didapat dari alam liar langsung, maka tidak akan sulit untuk burung terbang kesana kemari.

Kebiasaannya di alam liar yang sering terbang kemana pun ini tidak akan membuatnya terengah – engah harus bolak balik terbang di dalam umbaran.

Tapi lain halnya jika burung peliharaan kamu sudah lama berdiam di dalam sangkar. Akibatnya burung akan kelihatan cepat ngos – ngosan untuk pertama kali. Tapi setelah rutin ditempatkan dalam umbaran maka burung pun akan lebih terbiasa.

Jadi, biasakan untuk selalu memberikan waktu untuk memberikan space yang lebih lebar dari sangkar hariannya.

Daripada membebaskannya di alam liar, lebih baik pilihlah umbaran agar burung bisa lebih nyaman dan bebas untuk menggerakkan tubuh. Sudah siap menempatkannya dalam umbaran?

Loading...
Manfaat Umbaran pada Burung Kicau | ilmuhewan | 4.5