Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Manfaat Telur Puyuh untuk Pakan Burung Kenari

By On Sunday, July 16th, 2017 Categories : Pakan Hewan

Manfaat Telur Puyuh untuk Pakan Burung Kenari – Selain rasanya yang lezat, telur puyuh juga mengandung protein yang tinggi.

Umumnya telur puyuh dikonsumsi oleh manusia. Namun ternyata selain manusia, telur puyuh juga sering dijadikan sebagai pakan burung kenari.

Telur puyuh ini dapat menunjang stamina burung kenari dan juga dapat membuat burung kenari menjadi lebih rajin berkicau.

Burung kenari sebagai salah satu burung kicau memang membutuhkan pakan tambahan untuk menjaga kualitas kicaunya.

Telur puyuh merupakan salah satu jenis pakan tambahan yang umum diberikan untuk burung kenari. Berikut berbagai manfaat telur puyuh untuk pakan burung kenari.

Baca Juga :

Cara Merawat dan Ternak Burung Kenari Jenis Mabung (Molting)

Tips dan Trik Agar Suara Burung Kenari Semakin Keras

Ciri-ciri dan Karakteristik Burung Kenari Cendana

Cara Memilih Bibit Indukan Kenari Yang Baik Untuk Kontes

Cara Membuat Kandang Ternak Kenari

Manfaat Telur Puyuh untuk Burung Kenari

  • Kandungan protein yang tinggi yang ada dalam telur puyuh memiliki manfaat untuk meningkatkan stamina burung kenari sehingga burung kenari semakin rajin untuk berkicau.
  • Tingginya kandungan protein yang ada dalam telur puyuh juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan burung kenari. Kandungan senyawa lutein dan zeaksantin yang terdapat dalam bagian kuning telurnya juga sangat baik untuk kesehatan.
  • Selain tinggi kandungan protein, telur puyuh juga mengandung vitamin dan mineral yang tinggi yang juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan burung kenari.
  • Telur puyuh yang bersifat lunak sangat bagus untuk lambung karena mudah dicerna.
  • Telur puyuh juga memiliki kandungan kolin yang bermanfaat bagi perkembangan fungsi otak atau yang berhubungan dengan sinyal saraf otak.
  • Burung kenari yang diberikan pakan telur puyuh menjadi lebih cepat gemuk. Hal ini disebabkan karena telur puyuh mengandung gizi yang lengkap sehingga mampu menambah berat badan burung kenari yang kurus.

Itulah beberapa manfaat telur puyuh untuk pakan burung kenari. Dengan banyaknya manfaat tersebut, oleh karena itu sangat dianjurkan untuk memberikan burung kenari makanan tambahan berupa telur puyuh agar kesehatan burung kenari tetap terjaga dan agar burung kenari semakin rajin berkicau.

Meski telur puyuh memiliki banyak manfaat bagi burung kenari, sebagai pemiliknya perlu mengetahui cara pemberian pakan telur puyuh yang benar.

Sebab jika pemberian pakan tidak tepat maka bisa saja burung kenari menjadi malas berkicau, bahkan bisa saja burung kenari betina tidak segera bertelur. Oleh karena itu, pelajari cara pemberian pakan telur puyuh untuk burung kenari berikut ini.

Cara Memberikan Pakan Telur Puyuh pada Burung Kenari

  1. Langkah pertama untuk memberikan pakan telur puyuh pada burung kenari yaitu dengan merebus telur puyuh yang sudah disiapkan. Setelah telur puyuh matang, belah telur puyuh tersebut menjadi dua bagian. Kemudian gantung di salam sangkar burung kenari. Telur puyuh tersebut dapat diberikan untuk burung kenari dalam keadaan hangat maupun saat dingin.
  2. Telur puyuh yang diberikan untuk burung kenari sebaiknya tidak berlebihan. Hal ini bertujuan agar burung kenari tidak terlalu gemuk. Sebab kenari yang kegemukan atau obesitas menjadi malas untuk berkicau dan kualitas kicaunya menjadi menurun.
  3. Telur puyuh ini dapat diberikan 3 kali dalam seminggu. Pada saat sore hari, sisa telur puyuh yang ada di sangkar harus dibersihkan agar tidak menimbulkan bau dan menyebabkan penyakit.

Selain memberikan makanan pokok seperti biji-bijian, burung kenari juga perlu diberikan pakan atau makanan tambahan. Salah satu jenis pakan tambahan atau extrafooding untuk burung kenari yaitu telur puyuh yang memiliki banyak manfaat.

Selain telur puyuh, buah-buahan dan sayur-sayuran juga baik sebagai pakan tambahan atau extrafooding yang diberikan untuk burung kenari.

Loading...
Manfaat Telur Puyuh untuk Pakan Burung Kenari | ilmuhewan | 4.5