Manfaat Minyak Kelapa untuk Menambah Bobot Ayam Pedaging

By On Sunday, July 23rd, 2017 Categories : Info Lainnya

Manfaat Minyak Kelapa untuk Menambah Bobot Ayam Pedaging – Bagi sebagian para pembeli dan penjual dalam bidang peternakan ayam pedaging yang diutamakan adalah bobot berat si hewan.

Mengapa demikian?

Karena jika bobot atau berat badan ayam cenderung lebih besar dan berat maka laba yang dihasilkanpun cenderung lebih banyak. Pada intinya keuntungan yang dihasilkan keduanya lebih besar ketimbang berat bobot hewan ternak pada umumnya.

Ketentuan berat bobot pada hewan ternak juga dapt dijadikan acuan dalm memilih mana hewan yang baik untuk dikonsumsi dan mana yang kurang baik untuk dikonsumsi.

Baca Juga :

Pengertian Teori Khemostatik dan Thermostatik Pada Ayam

Ciri Ekor Ayam Aduan Yang Berkualitas dan Bagus

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Tetelo (Newcastle Disease) Pada Ayam

Jenis Ayam Dengan Harga Paling Tinggi Di Dunia

Keunggulan dan Kelemahan Ayam Jawa Super

Nah, tinggi rendahnya keuntungan yang didapat perusahaan dan peternak mitra itu tergantung dari beberapa komponen tersebut slah satunya dari ukuran berat.

Semakin berat bobot hewan ternak dan masa panen maka semakin tinggi pula laba yang dihasilkan atau di dapat.

Terlebih lagi jika pakan yang dikonsumsi atau diberikan kepada hewan ternak dapat ditekan seminimal mungkin akan lebih jauh lagi profit yang didapat keduanya.

Penambahan minyak kelapa pada pakan ayampedaging dapat meningkatkan nafsu makan dan mengurangi debu. Jika dilihat dari segi produksi pun minyak kelapa sangat dapat meringankan kerja mesin pembuat pakan ternak. Fungsi lainnya adalah :

  • Mempermudah penyerapan vitamin A, D, E, K, karoten dan kalsium yang terdapat pada saluran pencernaan.
  • Selain itu sekitar 2-6% penambahan pada pakan ayam pedaging dapat meningkatkan bobot hidup ayam. Karena pakan tersebut memiliki kandungan energi yang sangat tinggi yang bertimbang jauh yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Apalagi ditambah dengan kadar protein pakan yang dibuat sedikit di bawah rata-rata jumlah energi yang dihasilkan yang akan diproduksi menjadi lemak dalam tubuh.

Keuntungan yang didapat dalam pemberian tambahan di pakannya dengan metode minyak kelapa ini sangat efektif. Tapi, tergantung juga pada seberapa besar skala industri dengan ratusan ribu populasi.

Oleh sebab itu ada beberapa peternak yang beralih menggunakan tambahan multivitamin pada hewan ternaknya. Namun tak jarang juga masih banyak para peternak ayam boiler yang masih menggunakan metode lama karena informasi yang mereka dapatkan belum sampa pada telinga mereka.

Keterbatasan informasi sangatlah menjadi hambatan bagi mereka yang ingin meningkatkan taraf hidup dengan mengandalkan hasil dari ayam boiler mereka.

Eksplorasi ahan-bahan aami untuk potensi kelayakan hernak sudah harus mulai adanya informasi terkait kelayakan hewan ternak para peternak yang akan menjadi santapan konsumsi para konsumen.

Jika pakan yang diberikan kepada hewan ternak bagus dan baik maka hasil dari hewan ternak tersebut juga baik. Sehingga keuntungan yang dihasilkan keduanya semakin bertambah.

Minyak kelapa juga tidak sulit didapat karena banyak daerah yang menghasilkan minyak lebih dari hasil yang diperkrakan. Kuantitas minyak yang memungkinkan akan berpengaruh juga terhadap hasil pakan untuk hewan ternak terutama ayam boiler.

Tidak menutup kemungkinan pakan dengan tambahan minyak kelapa ini juga dapat diaplikasikan pada hewan ternak lainnya agar bobot berat badan dan hasilnya menjadi lebih baik.

Seperti sapi kemungkinan akan menghasilkan daging dan susu yang berkualitas, atau seperti pemberian pakan kepada hewan ternak lainya.

Oleh sebab itu, informasi yang diberikan haruslah lengkap sehingga, para peternakpun paham akan pemberian pakan pada hewan ternak mereka, sekaligus mengenalkan kepada mereka untuk kembali ke alam dan menciptakan pakan serta vitamin yang alami sesuai dengan takaran yang ditentukan.

Loading...
Loading...
Manfaat Minyak Kelapa untuk Menambah Bobot Ayam Pedaging | ilmuhewan | 4.5