Manfaat Mentimun Untuk Burung Kenari

By On Tuesday, July 25th, 2017 Categories : Burung

Manfaat Mentimun Untuk Burung Kenari – Mentimun memang kaya akan vitamin. Oleh karenanya, banyak para wanita memilih mentimun untuk mempercantik wajah mereka.

Salah satu manfaat dari menggunakan mentimun yang populer adalah mengurangi lingkaran mata panda akibat stress dan kurangnya waktu istirahat dan tidur.

Selain itu mentimun juga berfungsi dapat meremajakan kulit wajah karena kandungan antioksidan dan kandungan silika di dalamnya.

Uniknya, ada salah satu burung yang memiliki kebiasaan memakan sayur – sayuran. Burung kenari atau Serinus Canaria adalah burung yang hidup di daerah hutan dan penyuka makanan seperti biji – bijian, buah – buahan, serangga kecil serta sayur – sayuran.

Baca Juga :

Tips dan Trik Agar Suara Burung Kenari Semakin Keras

Cara Merawat dan Ternak Burung Kenari Jenis Mabung (Molting)

Manfaat Telur Puyuh untuk Pakan Burung Kenari

Manfaat Apel untuk Burung Kenari

Ciri, Karakteristik dan Pengertian Burung Kenari F1

Asal muasal burung jenis ini pun dari Belanda yang telah mendatangkan kenari dari Inggris, Jerman dan Belgia, lalu kenari tersebut pun dikawinkan dengan kenari liar yang sekarang akhirnya melahirkan beberapa jenis kenari.

Nah, dari beberapa jenis kenari yang ada di Indonesia sekarang lah banyak para pecinta burung mengembangbiakkannya. Lagipula burung ini tidak terlalu sulit untuk dipelihara.

Kamu juga dapat memberikan mentimun sebagai bahan pakannya yang kaya akan manfaat. Tapi tentu harus memperhatikan situasi dan kondisi si burung itu sendiri.

Membentuk Tubuh Kenari yang Sehat

Kesehatan adalah harga mati yang patut kamu perhatikan dalam merawat burung kenari. Walaupun hewan ini adalah pemakan sayuran layaknya manusia, namun kamu juga perlu memperhitungkan macam – macam pakan sebelum memberikannya pada burung ini lho.

Mentimun misalnya dapat mencegah berat badan berlebih. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada pada kalori sangat lah rendah, yaitu 15 gram saja.

Tidak mengandung lemak atau kolesterol jenuh. Jadi sangat lah cocok untuk dikonsumsi oleh burung kenari jika ingin peliharaan kamu semakin gacor.

Untuk pemberian mentimun pun dianjurkan iris – iris terlebih dahulu. Tidak disarankan memberi mentimun dalam bentuk utuh, karena takutnya ada bagian – bagian yang tidak dimakan dan mubazir. Jadi dengan mengirisnya akan mengetahui porsi makan kenari tersebut.

Setelah itu kamu bisa mengaitkannya di dinding kandang.

Melancarkan Pencernaan

Tidak hanya daging mentimun saja, kulit dari mentimun juga ternyata bermanfaat bisa melancarkan gangguan pencernaan pada kenari.

Ini karena kulit mentimun mengandung serat makanan tinggi, jadi sangat cocok untuk diberikan pada burung peliharaan kamu.

Tapi ingat, jangan memberikan pakan ini secara berlebihan, karena takutnya jika tetap diberikan secara berlebihan akan menyebabkan burung ini terkena diare.

Membantu Mengurangi Over Birahi

Pemberian pakan yang tidak tepat ternyata juga dapat mengakibatkan kenari bisa over birahi lho. Misalnya saja memberikan buah apel, kroto, telur puyuh pada burung ini bisa mengakibatkan birahi yang berlebih.

Tidak hanya itu doping (obat – obatan peningkat peforma) juga bisa mengakibatkan kenari dapat berloncat kesana kemari. Jadi dengan memberikan pakan mentimun pada burung akan mengurangi tingkat birahi berlebih.

Pakan yang Praktis

Mempunyai peternakan kenari yang sukses bisa menarik pecinta burung diluar daerah. Dengan begitu pun kamu harus mengirimnya hingga berjam – jam lamanya.

Oleh karena itu, pakan praktis yang wajib menemani burung kenari ini adalah mentimun. Kandungan air yang cukup tinggi ini lah membuat kamu tidak perlu menambahkan air minum di dalam kandang.

Apalagi jika waktu perjalanan yang ditempuh hingga berjam – jam maka jika menambahkan air dalam kandang akan menumpahkannya kemana – mana.

Namun, perlu diingat jangan memberikan pakan mentimun secara berlebihan pada burung kenari. Usahakan jangan memberikan mentimun setiap hari karena kurang bagus. Untuk itu berilah pakan yang bervariasi agar kenari juga tidak bosan.

Loading...
Loading...
Manfaat Mentimun Untuk Burung Kenari | ilmuhewan | 4.5