Manfaat Keong Mas untuk Ikan Lele

By On Friday, July 7th, 2017 Categories : Manfaat dan Khasiat

Manfaat Keong Mas untuk Ikan Lele – Para pembudidaya ikan lele kerap kali memiliki kendala yang cukup besar, yaitu masalah harga pakan yang cukup tinggi.

Hampir setiap tahunnya, harga pakan untuk lele selalu naik akan tetapi harga ikan lelenya sendiri tidak berubah, tetap segitu-segitu saja.

Hal tersebut tentunya menjadikan hampir sebagian besar pembudidaya lele menjadi minim pendapatan dan bahkan banyak juga yang mengalami kerugian.

Baca Juga : Obat Alami Yang Bisa Sembuhkan Penyakit Borok Pada Lele

Menyikapi kendala tersebut, maka sebagai pembudidaya lele, kalian harus mengganti jenis pakan pelet yang biasa digunakan dengan pakan jenis lain yang jauh lebih murah.

Dalam hal ini, kalian dapat menggantinya dengan pakan dari keong mas. seperti keong mas. Berikut kelebihan serta manfaat dari keong mas itu sendiri untuk ikan lele :

  1. Ketersediaannya

Jumlah keong mas yang cenderung sangat banyak di persawahan merupakan suatu hal yang sangat menguntungkan bagi para pembudidaya ikan lele.

Hal tersebut karena perkembangan keong mas yang sangat pesat, jadi meskipun kalian mengambil keong mas setiap hari, tentunya keong mas tidak akan habis.

  1. Mudah Mencarinya

Mencari keong mas sangat mudah karena keong mas merupakan hewan nokturnal yang lebih mudah dicari pada saat dimalam hari, walaupun di siang hari juga ada.

Akan tetapi, disiang hari keong mas sangat jarang ditemukan karena kalau siang hari, keong mas akan bersembunyi. Kalian harus mencarinya di persawahan atau di aliran irigasi sawah.

  1. Kadar Protein Tinggi

Kadar protein yang ada dalam keong mas terbukti sangat tinggi, dan ini menjadikan lele kita menjadi pesat dalam pertumbuhan, sehat, dan berbobot.

  1. Tanpa Bahan Kimia

Pakan keong mas sangat aman dikarenakan bahannya yang alami dan dibuat tanpa penggunaan bahan kimia. Walaupun air kolam terlihat keruh, akan tetapi ikan lele tidak akan bermasalah.

  1. Tidak Berbau

Dengan memberikan pakan yang berbahan keong mas, maka kolam yang berisi ikan lele tersebut pasti tidak akan mudah berbau, meskipun mungkin air kolam akan terlihat keruh akan tetapi bau busuk dari kolam tidak akan muncul, berbeda jika kalian menggunakan pakan pelet.

  1. Murah

Salah satu alasan yang paling utama adalah harga keong mas yang murah. Menemukannya pun cukup mudah, dan tidak mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkannya.

Nah, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara memproses keong mas agar dapat menjadi pakan lele :

  1. Siapkan keong mas, cuci dengan air bersih. Kemudian rebus sebentar
  2. Setelah keong mas sudah siap dan selesai direbus, jangan lupa untuk siram keong tersebut dengan air dingin.
  3. Lalu, keluarkan keong mas dari cangkangnya dengan cara dicungkil dagingnya
  4. Terakhir, cincang keong mas tersebut hingga halus dan berikan langsung ke ikan lele

Nutrisi yang terkandung di dalam keong mas ini ternyata cukup untuk dijadikan pakan alternatif dikarenakan keong mas merupakan hewan melata yang mengandung banyak sekali kandungan gizi didalamnya.

Bahkan, masyarakat juga banyak yang mengonsumsi keong mas dikarenakan kandungan proteinnya yang cukup tinggi. Dengan kandungan nutrisi yang tinggi didalamnya, maka keong mas ini akan membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan lele yang dibudidaya.

Di bawah ini merupakan tabel kandungan nutrisi pada keong mas :

100 gram keong mas mengandung:

No. Kandungan
1. Vitamin E 5 mg
2. Vitamin A 100 UI
3. Folat 6 mg
4. Niaci 1,4 mg
5. Kalium 382 mg
6. Fosfor 272 mg
7. Zat besi 3.5 mg
8.. Kalsium 170 mg
9. Magnesium 250 g
i10. Lemak 1,4 g
11. Karbohidrat 2 g
12. Protein 16,1 g
13. Energi 90 kkal

Baca Juga : Faktor Penting Yang Harus Diperhatikan Sebelum Ternak Lele Phyton

Loading...
Manfaat Keong Mas untuk Ikan Lele | ilmuhewan | 4.5