Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Manfaat Daun Mengkudu untuk Burung Kenari

By On Sunday, July 16th, 2017 Categories : Pakan Hewan

Manfaat Daun Mengkudu untuk Burung Kenari – Mengkudu merupakan salah satu tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia.

Buah mengkudu sendiri memiliki banyak khasiat, salah satunya untuk mengobati berbagai penyakit kronis seperti kanker dan tumor.

Selain buahnya, daun mengkudu juga mengandung berbagai khasiat, salah satunya bermanfaat untuk burung kenari.

Burung kenari merupakan salah satu jenis burung yang memiliki suara merdu dan panjang. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa burung ini banyak digemari oleh para pencinta burung.

Baca Juga :

Manfaat Telur Puyuh untuk Pakan Burung Kenari

Cara Merawat dan Ternak Burung Kenari Jenis Mabung (Molting)

Tips dan Trik Agar Suara Burung Kenari Semakin Keras

Ciri-ciri dan Karakteristik Burung Kenari Cendana

Cara Memilih Bibit Indukan Kenari Yang Baik Untuk Kontes

Untuk membuat suara burung kenari berkualitas yaitu dengan memberikan pakan yang mengandung nutrisi tinggi. Salah satunya dengan memberikan pakan berupa daun mengkudu.

Daun mengkudu memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk burung kenari, antara lain antioksidan, selenium, terpenoid, proxeronine, glikosida, xeronine, vitamin A, terpenoid, trace elemens, antra quinines, magnesium, phenylalanine dan masih banyak lagi. Berikut berbagai manfaat daun mengkudu untuk burung kenari.

  1. Melancarkan Pencernaan Kenari

Salah satu menfaat dari daun mengkudu yaitu untuk melancarkan pencernaan burung kenari. Selain itu, daun mengkudu juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi obesitas atau kegemukan yang dialami oleh burung kenari.

  1. Mengobati Suara Serak

Berbagai kandungan yang ada di dalam daun mengkudu juga bermanfaat untuk menyembuhkan suara burung kenari yang serak, begitupun dengan infeksi yang terjadi pada tenggorokan burung kenari, juga dapat diatasi dengan memanfaatkan daun mengkudu.

  1. Membuat Suara Semakin Merdu

Untuk membuat suara burung kenari semakin merdu, dapat dilakukan dengan memberikan pakan berupa daun mengkudu. Daun mengkudu ini juga dapat bermanfaat untuk membuat kicau burung kenari semakin lancar.

  1. Mengobati Alergi

Kandungan zat anti alergi dalam daun mengkudu bermanfaat untuk mengobati burung kenari yang terkena alergi yang disebabkan oleh asupan makanan maupun minuman, serta polusi udara.

Selain dapat mengobati alergi yang dialami oleh burung kenari, daun mengkudu juga dapat mengobati alergi yang dialami oleh berbagai jenis burung kicau lainnya.

  1. Menambah Nafsu Makan

Untuk meningkatkan nafsu makan burung kenari juga dapat memanfaatkan daun mengkudu yang masih muda. Cara untuk meningkatkan nafsu makan burung kenari dengan memanfaatkan daun mengkudu juga terbilang cukup mudah.

Langkah pertama yaitu membersihkan pucuk daun mengkudu dan segar. Setelah itu, daun mengkudu tersebut digantung di dalam sangkar burung kenari.

  1. Meningkatkan Kualitas Suara

Selain untuk membuat suara kicau burung kenari semakin merdu, daun mengkudu juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas suara burung kenari sehingga suara yang dihasilkan burung kenari menjadi lebih jernih, lantang dan bersih.

Daun mengkudu juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan lendir yang menyebabkan kualitas suara burung kenari menjadi turun.

Caranya yaitu dengan memarut pucuk daun mengkudu yang telah dicuci  bersih. Setelah itu peras airnya dan berikan pada burung kenari agar lendir tersebut bisa hilang.

  1. Meningkatkan Reproduksi Kenari

Menurut penelitian, ukuran dan berat dari telur burung kenari dapat meningkat ketika diberikan pakan berupa daun mengkudu yang telah diolah menjadi seperti tepung.

Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan telur burung kenari lebih berat dan besar, sebaiknya berikan pakan berupa daun mengkudu.

  1. Mengurangi Stress Kenari

Burung kenari juga dapat mengalami stress ketika akan turun lomba. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan cara memberikan pakan berupa daun mengkudu secara rutin pada kenari, terutama sebelum lomba dengan dosis yang sesuai.

Demikian berbagai manfaat daun mengkudu yang dapat Anda gunakan sebagai makanan tambahan untuk burung kenari.

Loading...
Manfaat Daun Mengkudu untuk Burung Kenari | ilmuhewan | 4.5