Manfaat dan Peranan Pemuliaan Ternak

By On Thursday, April 13th, 2017 Categories : Teknologi

Apa itu Ternak?

Sebelum kita membahas tentang Pemuliaan Ternak, kita harus mengetahui dulu apa itu ternak?

Secara umum, Ternak dapat diartikan sebagai hewan yang dikembangbiakkan dan dibudidayakan untuk dimanfaatkan dengan maksud dan tujuan tertentu.

biasanya kita dapat menjumpai banyak hewan ternak di pedesaan dan peternakan – peternakan daerah. Peternakan itu sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan manusia untuk mendapatkan sebuah hasil atau manfaat tertentu dari hewan – hewan yang telah dirawat dan dibudidayakan.

Baca Juga : Peranan Bioteknologi Di Dalam Peternakan Dan Pertanian

Sejarah Peternakan

Peternakan merupakan sistem yang diperkirakan telah ada sejak tahun 9.000 SM, dan saat itu dimulai dengan membudidayakan anjing, kambing, dan domba.

Saat zaman Neolithikum (Batu Baru), manusia menemukan metode baru yang digunakan hingga sekarang. Mereka beralih dari memburu hewan liar di hutan menjadi menjinakan hewan liar dan membiakkannya agar bertambah jumlahnya dan mereka pun dapat menjadikannya cadangan makanan untuk kelangsungan hidup mereka.

Namun tidak hanya dijadikan bahan makanan, manusia sudah mulai mengetahui cara memanfaatkan bulu serta kulit dari hewan – hewan tersebut untuk dimanfaatkan sebagai pakaian mereka. Dan sejak saat itu, manusia terus menggunakan sistem ini hingga sekarang.

Apa itu Pemuliaan Ternak?

Pemuliaan Hewan Ternak (Heritabilitas) hampir memiliki arti yang sama dengan peternakan pada umumnya. Yang membedakan adalah tujuan dari kedua sistem ini, dimana tujuan dari Pemuliaan Ternak itu sendiri adalah untuk memperbaiki kualitas individu maupun populasi hewan yang bersangkutan untuk memenuhi karakteristik yang dibutuhkan atau diinginkan oleh manusia.

Dalam hal ini, para ilmuan biologi di bidang ternak mulai ikut andil dalam menangani masalah – masalah yang harus dihadapi.

Namun bukan hanya mereka, kita yang memiliki dasar – dasar pengetahuan yang baik mengenai pemeliharaan juga dapat turut serta dalam melakukan Pemuliaan Ternak. Lalu apa saja yang harus kita ketahui mengenai hal – hal tersebut? Berikut beberapa contoh hal – hal yang perlu diketahui, yaitu:

  • Pemeliharaan Sederhana
  • Biologi reproduksi
  • Genetika
  • Biostatistika
  • Biologi Molekuler
  • Bioinformatika

Peranan Pemuliaan Ternak

Penduduk di Dunia tiap tahun makin bertambah bahkan berlipat ganda. Jika seperti itu, bagaimana kita dapat mengatasi kekurangan bahan makanan dimasa depan kelak?

Oleh karena itu, pelaksanaan Pemuliaan Ternak ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kekurangan bahan makanan yang akan terjadi dimasa yang akan datang.

Pelaksanaan ini dilakukan untuk memperbaiki individu dari hewan yang dijadikan bahan makanan sebagai berikut:

  • Pemeliharaan: Jika hewan – hewan tersebut mendapatkan pemeliharaan yang baik, mereka dapat berkembang dengan baik dan menghasilkan sesuatu yang baik pula.
  • Perkawinan Silang: Hal ini dilakukan untuk memperbaiki keturunan dari hewan ternak tersebut dan memungkinkan menghasilkan bibit hewan unggul.
  • Inseminasi Buatan: hal ini dapat digunakan untuk memperbanyak keturunan hewan yang sedang kita budidayakan.

Sampai saat ini, banyak peternak yang bekerjasama dengan ahli/ilmuan biologi untuk melakukan hal – hal di atas untuk memenuhi persediaan bahan makanan serta menciptakan bahan makanan yang unggul.

Manfaat Pemuliaan Ternak

            Segala hal yang kita lakukan pasti memiliki manfaat, termasuk dengan Pemuliaan ternak. Berikut beberapa contoh manfaat Pemuliaan Ternak, antara lain:

  • Menghasilkan bibit yang unggul.
  • Meningkatkan produksi ternak.
  • Memperbaiki kualitas produk.
  • Menambah nilai ekonomis ternak.
  • Memperbaiki efisiensi dan konversi pakan yang berujung pada peningkatan pendapatan peternakan.

Terimakasih telah meluangkan sedikit waktu untuk membaca artikel kami. Mohon maaf apabila ada kesalahan atau hal yang kurang berkenan.

Baca Juga : Pengertian dan Jenis-jenis Pemuliaan Ternak

Manfaat dan Peranan Pemuliaan Ternak | ilmuhewan | 4.5