Manfaat dan Khasiat Ulat Sutra

By On Friday, June 23rd, 2017 Categories : Manfaat dan Khasiat

Manfaat dan Khasiat Ulat Sutra – Ulat sutra bukanlah sembarang serangga. Menurut kisah kunonya, ulat sutra ini dipercaya memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat bagi tubuh.

Sebelumnya kalian perlu mengetahui bagaimana proses pembuatan ulat sutra ini. Sutra sendiri dapat dihasilkan dari kepompong ulat sutra.

Ulat sutra tersebut akan menghasilkan kepompong yang mampu dipintal hingga menjadi sebuah serat sutra.

Satu buah kepompong yang dihasilkan oleh ulat sutra tersebut mampu menghasilkan untaian serat sepanjang 300 hingga 900 meter, yang memiliki diameter sekitar 10 mikrometer (1/1000 milimeter).

Dalam kurun waktu 1 tahun, di seluruh dunia ini mampu menghasilkan total serat sutra hingga sepanjang 112,7 milyar kilometer atau sekitar 300 kali perjalanan pulang-pergi dari bumi ke matahari.

Setelah itu, serat sutra yang halus tersebut nantinya akan dipintal. Serat sutra tersebut kemudian dipintal dengan proses yang hampir sama dengan proses pada saat ulat sutra memintal kepompongnya.

Proses tersebutlah yang akan dibuat menjadi alat pemintalan serat sutra agar dapat dibuat menjadi kain sutra yang indah.

Bahan kain yang terbuat dari sutra tersebutlah yang kemudian nantinya akan dibuat menjadi berbagai produk pakaian maupun produk sandang yang lainnya.

Sebelum ulat sutra nantinya akan keluar dari kepompongnya (kepompong tersebut akan digigiti sehingga menjadi rusak dan tidak bernilai ekonomi lagi), kepompong tersebut nantinya akan direbus agar dapat membunuh ulat sutra serta memudahkan penguraian seratnya. Nah, ulat sutra ini ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya.

Orang lain mengenal ulat sutra hanya sebatas untuk difungsikan membuat kain sutera saja. Padahal ulat sutra ini mempunyai manfaat lain sebagai treatment kulit.

Di negara China, kepompong ulat sutera sendiri telah digunakan sejak 5000 tahun yang lalu sebagai perawatan kulit. Orang Jepang juga kerap melakukan perawatan sendiri yang berada di rumah dengan bahan kepompong sutra.

  1. Manfaat Medis

Ulat sutra yang digunakan untuk pengobatan tradisional di negara China yaitu Bombyx batryticatu atau biasa disebut dengan ulat sutra kaku.

Yang digunakan untuk pengobatan tradisional yaitu sebuah larva kering 4 sampai dengan 5 tahun yang telah mati akibat terserang penyakit muskadin putih yang disebabkan oleh jamur Beauveria bassiana, dan dimanfaatkan untuk dapat mengobati masuk angin, meringankan kejang-kejang serta mencairkan dahak.

Kepompong dari pada ulat sutra ini ternyata mengandung protein yang sangat bermanfaat bagi keremajaan kulit pada manusia.

Kepompong ulat sutera ini ternyata mempunyai komposisi jaringan yang hampir sama dengan struktur kulit manusia yang merupakan jumlah asam amino dan pH yang hampir sama.

Kepompong tersebut juga mengandung zat antibakteri yang sangat berguna untuk melindungi jaringan kulit.

Selain itu, pemanfaatan kepompong ulat sutera sebagai scrub bagi wajah ternyata berfungsi untuk mencerahkan, menghaluskan, dan juga menghilangkan flek-flek hitam serta komedo.

Kulit tubuh yang secara rutin dirawat menggunakan bahan-bahan tersebut juga akan terlihat lebih cerah serta berkilau.

Hal tersebut dikarenakan lapisan fibroin atau protein yang berasal dari ulat sutera mampu membuat kulit bercahaya seperti mutiara.

Fibroin yang terkandung di dalam ulat sutra juga mampu membantu melindungi kulit kita dari paparan sinar ultraviolet.

  1. Makanan

Ulat sutera ternyata bisa juga dikonsumsi di sejumlah kebudayaan. Di negara Korea Selatan, ulat sutra yang direbus dan dibumbui ternyata merupakan makanan ringan yang populer dan dikenal sebagai sebutan beondegi.

Jika di negara China, sejumlah pedagang yang berada di jalanan banyak yang menjual ulat sutera panggang.

Baca Juga : Cara Ternak dan Budidaya Ulat Sutera untuk Pemula

Loading...
Loading...
Manfaat dan Khasiat Ulat Sutra | ilmuhewan | 4.5