Manfaat dan Khasiat Tepung Darah Untuk Hewan

By On Sunday, January 22nd, 2017 Categories : Manfaat dan Khasiat

Manfaat dan Khasiat Tepung Darah Untuk Hewan – Tepung merupakan partikel padat berbentuk butiran halus yang terbuat dari bahan nabati misalnya tepung terigu terbuat dari gandum dan tapioca dari singkong.

Namun, pernahkah anda mendengar jenis tepung yang dinamakan dengan tepung darah?

Tepung darah adalah bahan ransum yang berasal dari darah yang segar dan bersih yang biasanya dapat diperoleh di Rumah pemotongan hewan.

Baca Juga : Manfaat dan Khasiat Belalang Bagi Kesehatan Kita

Ada beberapa manfaat tepung darah yaitu untuk makanan ternak dan juga untuk mengurangi pencemaran lingkungan karena darah dari rumah pemotongan hewan.

Tepung darah mengandung protein kasar yang sangat tinggi sebanyak 80 persen dan lemak 1,6 persen dan serat kasar 1 persen tetapi kandungan asam amino , kalium dan phospornya kurang.

Ide awal pembuatan tepung darah adalah karena darah-darah yang berceceran di Rumah Pemotongan Hewan terbuang sia-sia bahkan cenderung mencemari lingkungan, oleh karena itu oleh beberapa peternak dimanfaatkan dan dibuat menjadi tepung untuk menambah nutrisi pada makanan ternak.

Sebenarnya hal ini dapat menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan keuntungannya. Namun, tidak semua peternak mengetahui pemanfaatan tepung darah untuk hewan ternak ini.

Sebenarnya, untuk membuat tepung darah bukan hal sulit dan dapat dilakukan sendiri oleh peternak. Bagaimana cara pembuatan tepung darah untuk hewan ternak? Berikut ini adalah tahapan-tahapannya :

  1. Pembuatan tepung darah untuk hewan ternak dapat dilakukan dengan pemasakan. Hal yang pertama dilakukan adalah memasak darah ternak atau sapi yang sehat yang dapat diperoleh dari Rumah Pemotongan Hewan dengan takaran secukupnya dan dimasak hingga suhu 80 derajat celcius, selama kurang lebih 2 jam. Jika darah yang dimasak sudah cukup mengental, tuangkan ke dalam wadah anti panas lalu keringkan di bawah sinar matahari selama 3 sampai 5 hari atau jika ingin cepat dapat dipanaskan dengan oven di suhu 80-90 derajat celcius. Tahap selanjutnya adalah melakukan penggilingan adonan darah yang sudah kering hingga halus dan dikeringkan kembali dengan suhu kurang lebih 60 derajat celcius selama 1 hingga 2 jam. Setelah itu, ayak adonan tersebut hingga halus dan berbentuk menyerupai tepung dan tepung darah pun siap digunakan untuk dicampurkan pada bahan pakan ternak.
  2. Tepung darah untuk hewan ternak juga dapat dibuat dengan cara fermentasi. Tahapan pertama adalah menyiapkan darah yang dapat ditemukan di Rumah Pemotongan Hewan dengan catatan hanya menggunakan darah dari ternak atau sapi yang sehat kemudian tambahkan darah tersebut dengan air tebu sebanyak 20 persen dari takaran darah. Simpan campuran darah ternak dan air tebu tersebut dan bungkus dengan rapat hingga 1 sampai 2 minggu. Setelah itu lakukan pengeringan di bawah sinar matahari selama 3 sampai 5 hari atau bisa juga menggunakan oven yang dipanaskan di suhu 80-90 derajact celcius. Lalu campuran adonan tersebut dapat dikeringkan dan dilakukan penggilingan hingga struktur campuran adonan menjadi halus. Setelah halus, keringkan kembali campuran adonan tersebut dengan bantuan sinar matahari atau dengan oven di suhu 60 derajat celcius. Setelah itu, ayak campuran adonan tersebut hingga menjadi tepung darah dan campuran adonan telah menjadi tepung darah yang dapat digunakan untuk campuran pakan hewan ternak.

Selain digunakan untuk keperluan hewan ternak sendiri, anda sebagai peternak juga dapat memanfaatkan pembuatan tepung darah ini untuk dijual kembali kepada peternak-peternak lainnya. Selamat mencoba.

Loading...
Manfaat dan Khasiat Tepung Darah Untuk Hewan | ilmuhewan | 4.5