Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Manfaat dan Khasiat Hewan Bekicot Untuk Burung Kicau

By On Friday, July 21st, 2017 Categories : Manfaat dan Khasiat

Manfaat dan Khasiat Hewan Bekicot Untuk Burung Kicau – Bekicot merupakan salah satu sejenis moluska berasal dari Afrika Timur.

Hewan yang berlendir ini sudah menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia, termasuk juga negara Indonesia.

Bekicot memiliki nama panggilan yang berbeda-beda sesuai dengan dimana wilayah mereka. Di Jawa Tengah dan Jawa Timur, hewan berlendir tersebut sering dipanggil bekicot maupun siput.

Sementara, jika berada di Jawa Barat, hewan yang memiliki nama latin Achatina fulica ini disebut sebagai keong racun.

Baca Juga :

Pengaruh Jenis Pakan terhadap Burung

Jenis-Jenis Pakan Burung Cucok Ijo yang Baik

Jenis Jenis Cacing Yang Bisa Digunakan Untuk Pakan Burung

Manfaat Telur Puyuh untuk Pakan Burung Kenari

Cara Penyimpanan Jangkrik Untuk Pakan Burung

Di Indonesia sendiri, bekicot ini cukup populer untuk dikonsumsi dan biasanya dibuat sate bekicot yang dilengkapi dengan tambahan bumbu kacang.

Selain hal tersebut,  teman dekat dari bekicot yaitu tutut, juga sangat populer untuk dikonsumsi. Biasanya, tutut dibuat menjadi sup yang dilengkapi dengan tambahan bumbu rempah–rempah ala Indonesia.

Lain halnya jika di Perancis, bekicot diberi nama escargot yang dimana merupakan salah satu menu andalan di berbagai restoran terkenal yang berada di Perancis.

Jika berbicara tentang hal lain selain penyebutan nama dan cara mengonsumsi bekicot yang berbeda-beda, ternyata bekicot ini memiliki berbagai manfaat yang luar biasa, khususnya untuk dikonsumsi oleh manusia, ayam aduan, dan burung kicau.

Ternyata, daging bekicot ini memiliki kandungan gizi yang sangat amat tinggi.

Setiap 100 gram daging bekicot tersebut mengandung sekitar 12 persen protein hewani dan hanya mengandung 1 persen lemak sehingga daging bekicot ini mampu menggantikan kebutuhan daging merah sehari-hari.

Kandungan gizi yang terdapat di dalam tubuh bekicot sangatlah banyak sekali, dan semuanya sangat mampu menunjang kesehatan burung kicau agar tetap stabil dan selalu prima.

Perlu kalian ketahui bahwa di dalam daging bekicot sendiri terdapat lima kandungan senyawa yang masing-masing mempunyai peranannya sendiri.

Kandungan-kandungan tersebut yaitu lycine, leucine, arginie, glutamic dan aspartic. Pada umumnya, manfaat daripada seluruh jenis senyawa tersebut yaitu mampu mencegah penyusutan otot, membantu dalam mempercepat pemulihan kulit atau otot yang rusak serta mampu merangsang hormon pertumbuhan.

Manfaat lainnya daripada daging bekicot ini yaitu mampu mengubah unsur karbohidrat menjadi energi, membantu dalam membangun sistem daya tahan tubuh seperti menguatkan antibody serta mampu membantu kinerja otak dan metabolisme lainnya.

Besarnya manfaat serta khasiat-khasiat yang ada di dalam daging bekicot ini dapat menjadi suatu alternatif bagi para pencinta burung kicau agar dapat memberikan burung kicau kalian makanan unik yaitu daging bekicot yang memiliki nutrisi yang tinggi.

Cara pemberian bekicot bagi burung kicau dapat dilakukan dengan cara memisahkan cangkangnya terlebih dahulu dari tubuh si bekicot itu sendiri.

Tujuan dari pemisahan tersebut yaitu agar dapat memudahkan proses pembersihan dagingnya dan burung kicau tidak tersangkut dan tersedak serpihan cangkang dari bekicot yang nantinya akan dimakannya.

Selanjutnya, bekicot yang sudah dipisahkan dari cangkangnya kemudian dicuci bersih dengan air sampai hilang lendirnya. Jika kalian ingin memudahkan pemberiannya kepada burung kicau, kalian bisa juga mengubah daging bekicot menjadi kering terlebih dahulu dengan cara menjemurnya.

Setelah itu, kalian dapat memberikan daging bekicot kering tersebut kepada burung kicau dengan meletakkannya di atas tempat makanannya.

  1. Menghasilkan telur yang fertile

Ketika burung kicau kalian mengonsumsi hewan bekicot, maka burung kicau tersebut jika nantinya bertelur akan menghasilkan telur yang fertile.

  1. Menjadikan anakan burung sehat

Dengan mengonsumsi daging bekicot sebagai pakan burung kicau, maka akan menghasilkan anakan dan keturunan yang lebih sehat tentunya. Kesehatan daripada keturunan burung kicau kalian ditunjang juga dari seberapa sehat dan bergizinya makanan burung kicau tersebut.

  1. Membantu mendongkrak dan menambah stamina burung kicau
  2. Mampu mempercepat perkembangan burung bakalan maupun anakan
Loading...
Manfaat dan Khasiat Hewan Bekicot Untuk Burung Kicau | ilmuhewan | 4.5