Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi Untuk Menurunkan Birahi Burung

By On Wednesday, July 19th, 2017 Categories : Pakan Hewan

Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi Untuk Menurunkan Birahi Burung – Sebagian besar masyarakat berpendapat bahwa obat yang paling ampuh serta tidak memiliki efek samping apapun adalah obat yang berasal dari alam.

Jika kalian memiliki peliharaan berupa burung dan kebetulan burung yang kalian pelihara terkena penyakit ataupun gangguan tertentu, maka dari itu kalian dapat mencoba untuk menyembuhkan burung tersebut dengan beberapa tanaman-tanaman herbal terlebih dahulu.

Umumnya, salah satu gangguan yang sering terjadi pada hewan burung yaitu over birahi (birahi yang terlalu berlebihan).

Gangguan tersebut mampu membuat burung mengalami berbagai macam jenis kendala seperti macet bunyi, mencabuti bulunya sendiri dan banyak lainnya.

Baca Juga :

Manfaat Daun Mengkudu untuk Burung Kenari

Ciri dan Karakteristik Burung Parkit Australia (Kakak Tua Mini)

Manfaat Apel untuk Burung Kenari

Ciri dan Karakteristik Burung Lovebird Olive (Double Dark Green)

Ciri, Karakteristik dan Pengertian Burung Kenari F1

Sebaiknya, kalian sebisa mungkin harus mampu menurunkan birahi burung peliharaan kalian.

Salah satu cara untuk menurunkan burung yang memiliki gangguan over birahi ini bisa  dengan cara menggunakan daun kemangi.

Biasanya, daun kemangi ini cukup sering disajikan bersamaan dengan nasi lalapan jika dikonsumsi oleh manusia. Daun kemangi sendiri mempunyai berbagai macam kandungan didalamnya yang tentunya sangat baik bagi tubuh.

Sehingga, jika daun kemangi ini dikonsumsi oleh burung sebagai salah satu pakan mereka, tentu daun kemangi ini mampu membantu untuk memulihkan kesehatannya si burung.

Daun kemangi ini mempunyai beberapa kandungan seperti energi sebesar 43 kilokalori, karbohidrat 7,5 gram, protein sebesar 5,5 gram, kalsium 35 miligram, lemak sebesar 0,3 gram, fosfor 106 miligram serta zat besi sebanyak 1 miligram.

Selain hal tersebut, daun kemangi pun juga mengandung vitamin A sebanyak 1017 IU, vitamin B1 0,06 miligram dan juga vitamin C sebanyak 30 miligram.

Jika kalian memiliki burung peliharaan dan burung tersebut mengalami gangguan over birahi, berikut akan dijelaskan beberapa cara penyajian daun kemangi bagi si burung untuk menurunkan birahinya :

  1. Cara Pertama

Ambil cukup segenggam daun kemangi (secukupnya saja), cuci bersih lalu ditumbuk hingga halus. Kemudian, berilah air secukupnya ke dalam tumbukan tersebut dan diperas airnya.

Sesudah itu, air perasan daun kemangi yang tadi kalian berikan ke burung peliharaan. Daun kemangi memiliki bau khas tersendiri yang menyengat dan besar kemungkinannya jika burung tidak menyukainya.

Untuk solusinya, kalian dapat membuat burung merasa haus dan setelah dia kehausan biasanya burung mau meminum air perasan daun kemangi tersebut.

Akan tetapi yang perlu kalian ingat bahwa pemberian air minum dari daun kemangi tersebut tidak boleh dilakukan setiap hari.

Jika over birahi yang terjadi pada burung sudah normal, maka pemberian air perasan daun kemangi tersebut dapat dihentikan.

  1. Cara Kedua

Sama halnya dengan pemberian dan pengonsumsian sayuran pada umumnya, daun kemangi tersebut juga bisa diberikan secara langsung.

Jika burung tidak ingin memakan daun kemangi tersebut, kalian dapat membuat burung merasa lapar terlebih dahulu. Biasanya setelah mengalami kelaparan maka burung tersebut akan memakan daun kemangi.

  1. Cara ketiga

Kalian cukup mengambilsegenggam daun kemangi (secukupnya saja) yang masih segar. Setelah itu, kalian harus  mencuci bersih daun kemangi dan rebuslah daun tersebut ke dalam panci.

Setelah direbus, air bekas rebusan yang tadi kalian diamkan hingga dingin. Jika telah dingin dingin, air bekas rebusan tersebut dapat diberikan ke burung sebagai air minum mereka.

Maka dari itu, selama proses terapi penurunan over birahi ada baiknya kalian tidak menambahkan minuman lain di dalam sangkar.

Nah, demikian beberapa cara menurunkan over birahi pada burung dengan menggunakan daun kemangi.

Cara-cara diatas tersebut memang sangat ampuh, akan tetapi setelah birahi turun atau berada di dalam keadaan normal, kalian sebaiknya jangan langsung memberikan extra fooding yang terlalu banyak.

Perawatan harian tersebut harus kalian dilanjutkan, tetapi tambahan extra fooding sebaiknya dikurangi terlebih dahulu agar burung tidak mengalami over birahi lagi.

Loading...
Loading...
Manfaat dan Khasiat Daun Kemangi Untuk Menurunkan Birahi Burung | ilmuhewan | 4.5