Manfaat dan Khasiat Belalang Bagi Kesehatan Kita

By On Wednesday, January 11th, 2017 Categories : Mnafaat dan Khasiat

Manfaat dan Khasiat Belalang – Bagi para petani, mungkin hewan belalang merupakan jenis hama serangga yang perlu dimusnahkan.

Hal ini bisa dipahami karena hewan belalang di areal persawahan jumlah populasinya cukup banyak. Bahkan, bisa dibilang terkadang tidak terkendali. Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan untuk memusnahkan hama belalang.

Akan tetapi, di balik masalah yang ditimbulkan oleh hewan belalang di areal persawahan para petani padi. Ternyata, hewan belalang juga mampu memberikan manfaat bagi kesehatan manusia. Hewan belalang bisa dikonsumsi bahkan halal ketika sudah menjadi bangkai.

Wah… wah… apa saja manfaat dan khasiat belalang bagi kesehatan kita? Mari cek satu per satu ulasan di bawah ini ya…

Belalang mengandung beragam nutrisi

Menurut penelitian dan studi yang dilakukan oleh para ilmuwan, ternyata belalang memiliki kandungan protein hewani yang sangat tinggi untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh manusia.

Sebenarnya manusia tidak perlu repot mencari sumber protein yang mahal dari jenis ikan atau hewan ternak, karena serangga seperti belalang pun sudah tersedia dengan jumlah populasi yang cukup banyak di sekitar kita.

Selain mengandung protein, belalang juga mengandung aneka mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, mangan dan tembaga.

Tidak hanya itu, masih ada kandungan vitamin berupa vit A, vit B, vit B1, B2, B3, serta vit C dan E hingga asam folat. Wah, pastinya hewan belalang ini sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil yang membutuhkan banyak asupan gizi dan asam folat untuk perkembangan otak janin.

Apalagi, dalam sebuah penelitian, belalang kayu diklaim memiliki tingkat protein yang lebih tinggi daripada udang windu.

Belalang dapat meningkatkan kesehatan tulang

Mineral yang terkandung di dalam hewan belalang dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang. Zat tersebut antara lain kalsium, fosfor, magnesium, mangan, zat besi serta tembaga.

Mineral alami ini lebih mudah diserap oleh tubuh untuk mencegah dan meredakan masalah tulang seperti nyeri sendi, nyeri otot, kebas dan kesemutan.

Mengonsumsi belalang secara rutin dapat memenuhi kebutuhan protein untuk mencegah kekurangan zat protein ataupun masalah tulang.

Belalang dapat meningkatkan kesehatan mata

Bagi Anda yang sering terkena masalah mata, cobalah mengonsumsi belalang secara teratur. Pasalnya, kandungan vitamin A yang terdapat dalam belalang sangat baik untuk menunjang kinerja saraf-saraf mata.

Vitamin A juga turut mendukung sistem perbaikan dalam tubuh saat terdapat sel-sel kanker atau sel-sel yang rusak dengan cara meningkatkan produksi senyawa antioksidan di dalam tubuh manusia.

Belalang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Seperti yang sedikit disinggung di atas, belalang yang mengandung vit C dapat meningkatkan sistem imunitas pada tubuh manusia. Vitamin C yang bersinergi dengan vitamin A akan membentuk dan terurai menjadi antioksidan yang menangkal serangan berbagai penyakit termasuk sel-sel kanker.

Belalang membantu untuk melancarkan sistem pencernaan

Masalah pencernaan seperti sembelit atau konstipasi, kembung, kurang nafsu makan, semua dapat diatasi dengan rajin mengonsumsi hewan belalang.

Hal ini berkat kandungan vitamin B seperti B1, B2, dan asam folat untuk meningkatkan sistem pencernaan dengan cara menambah produksi senyawa asam klorida yang berfungsi memecah lemak, protein dan karbohidrat agar lebih mudah didistribusikan ke seluruh tubuh.

Pastikan sebelum mengonsumsi hewan belalang, sudah dicuci bersih dan hewan belalang tidak terkontaminasi dengan racun ataupun insektisida sehingga aman untuk dimakan dan memberikan hidangan yang lezat serta sehat bagi seluruh anggota keluarga.

Loading...
Manfaat dan Khasiat Belalang Bagi Kesehatan Kita | ilmuhewan | 4.5