Manfaat dan Kandungan Ulat Hongkong

By On Wednesday, June 14th, 2017 Categories : Manfaat dan Khasiat

Manfaat dan Kandungan Ulat Hongkong – Ulat hongkong adalah salah satu jenis ulat yang digunakan sebagai pakan burung oleh sebagian besar pemelihara burung di Indonesia.

Hampir semua jenis burung bisa dan suka mengonumsi ulat hongkong karena selain lebih mengenyangkan, ulat hongkong juga memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi burung tersebut.

Berikut ini beberapa kandungan dan manfaat tersebut di antaranya.

Kandungan dalam ulat hongkong

Di dalam satu ulat hongkong, terkandung banyak sekali gizi yang bisa bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan burung peliharaan, antara lain protein, air, lemak kasar, kandungan ekstrak non nitrogen, protein kasar, kadar abu, dan juga banyak nutrisi-nutrisi lainnya.

Baca Juga : Cara Membuat Kolam Bulat Atau Bundar dengan Mudah

Masing-masing kandungan tersebut memiliki perbandingan jumlah yang berbeda, dan setiap ulat hongkong pun memiliki kadar gizi yang tidak sama, yaitu tergantung dari besar kecilnya ulat hongkong itu sendiri.

Namun, jika diberikan untuk pakan, kandungan tersebut tetap akan bermanfaat bagi burung, seperti beberapa manfaat di bawah ini.

Manfaat ulat hongkong untuk pakan burung

  1. Membuat kemampuan kicauan burung semakin meningkat

Percaya atau tidak, di masyarakat beredar kepercayaan bahwa memberikan ulat hongkong pada burung sebagai pakan alternatifnya akan membuat burung tersebut memiliki kicauan yang jauh lebih berkualitas dari sebelum diberi ulat hongkong.

Itulah sebabnya banyak sekali pemelihara burung, khususnya mereka yang memelihara burung kicauan, seperti beo, dan lain-lain.

Hal itu sendiri disebabkan karena kandungan-kandungan gizi di dalam ulat hongkong yang juga sangat berpengaruh pada alat kicaunya.

  1. Membuat burung peliharaan lebih sehat

Manfaat yang lain dari ulat hongkong yaitu membuat burung peliharaan Anda lebih sehat. Memang semua burung yang dipelihara dan diberi pakan pasti akan sehat, namun burung yang diberi pakan ulat hongkong akan sehat secara alami jika dibandingkan dengan burung-burung peliharaan yang diberi pakan pelet. Ini tentu saja dikarenakan ulat hongkong termasuk pakan alami dan mengandung gizi yang lebih berguna dan mencukupi.

  1. Memperbesar ukuran tubuh burung peliharaan

Terakhir, manfaat ulat hongkong yang digunakan sebagai pakan burung peliharaan yaitu dapat memperbesar ukuran tubuh burung peliharaan tersebut, atau dalam artian lain, ulang hongkong akan membuatnya cepat gemuk.

Hal ini tentu bermanfaat jika Anda menginginkan burung Anda sehat dan memiliki tubuh yang tidak kurus.

Manfaat ini sendiri disebabkan karena banyaknya nutrisi dan protein yang terkandung di dalam ulat hongkong. Namun, meskipun sebenarnya bermanfaat, beberapa pemelihara burung masing berdebat mengenai hal ini.

Beberapa dari mereka beranggapan bahwa ukuran tubuh burung yang gemuk akan membuat burung tersebut susah terbang sehingga tidak sedikit orang yang menghindari ulat hongkong sebagai pakan.

Meskipun begitu, sebenarnya ukuran tubuh yang kegemukan bisa dihindari dengan mengatur porsi ulat hongkong dengan baik untuk satu kali makan burung tersebut.

Itulah beberapa manfaat dan kandungan gizi maupun nutrisi di dalam ulat hongkong. Walaupun masih menjadi perdebatan di kalangan pecinta burung, ulat hongkong tetap memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan burung tersebut, terlebih ulat juga termasuk pakan burung di alam bebas sehingga jika diberi makan ulat hongkong, tentu burung akan lebih sehat secara alami.

Namun, tentu saja pakan ulat hongkong tersebut tidak bisa diberikan setiap hari untuk menghindari burung dari kebosanan. Anda bisa menvariasikan pakan burung tersebut setiap harinya dengan pakan-pakan yang lain seperti jangkrik, kroto, dan sebagainya.

Baca Juga : Cara dan Panduan Mudah Dalam Budidaya Ulat Jerman

Manfaat dan Kandungan Ulat Hongkong | ilmuhewan | 4.5