Manfaat Apel untuk Burung Kenari

By On Sunday, July 16th, 2017 Categories : Pakan Hewan

Manfaat Apel untuk Burung Kenari – Buah apel memang memiliki begitu banyak manfaat yang baik bagi kesehatan karena adanya berbagai kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah tersebut.

Buah apel memiliki rasa yang manis dan menjadi salah satu buah favorit bagi banyak orang. Selain manusia, buah apel juga sering dijadikan pakan bagi hewan seperti burung.

Burung yang sering diberikan berupa buah apel salah satunya adalah burung kenari. Mungkin bagi sebagian orang tidak percaya jika burung kenari suka makan buah apel.

Namun, nyatanya burung tersebut memang sering diberikan buah apel agar kenari mendapatkan asupan vitamin dan mineral dari buah tersebut.

Baca Juga :

Manfaat Daun Mengkudu untuk Burung Kenari

Manfaat Telur Puyuh untuk Pakan Burung Kenari

Cara Merawat dan Ternak Burung Kenari Jenis Mabung (Molting)

Tips dan Trik Agar Suara Burung Kenari Semakin Keras

Ciri-ciri dan Karakteristik Burung Kenari Cendana

Buah apel dapat berfungsi sebagai zat gula yang penting bagi pertumbuhan burung kenari. Selain itu, buah apel juga dapat dijadikan sebagai pakan tambahan agar burung kenari tidak bosan dengan pakan harian.

Lalu apa saja manfaat buah apel untuk burung kenari?

Simak informasinya berikut ini.

Manfaat Buah Apel untuk Burung Kenari

  • Buah apel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan burung kenari. Selain itu, jika burung kenari mengalami kegemukkan atau obesitas juga dapat memanfaat buah apel yang dijadikan sebagai pakan diet alami.
  • Untuk menjadikan suara kicau burung kenari agar terdengar lebih jernih juga dapat memberiknnya pakan tambahan berupa buah apel. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan zat tannin yang ada di dalam buah apel yang dapat membersihkan rongga tenggorokan burung kenari sehingga suara kicaunya lebih bening.
  • Selain dapat membuat suara kicaunya lebih jernih, buah apel juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan mood burung kenari agar lebih rajin berkicau.
  • Kandungan quarcetin yang ada dalam buah apel bermanfaat sebagai anti oksidan alami yang membuat daya tahan burung kenari menjadi lebih kuat sehingga tahan terhadap serangan penyakit.
  • Buah apel juga memiliki manfaat untuk menyehatkan mata. Sehingga burung kenari yang diberikan pakan tambahan berupa buah apel akan memiliki mata yang lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit mata.
  • Buah apel mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6 dan vitamin C. Dengan demikian, berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh burung kenari tersebut dapat terpenuhi dengan memberikan pakan buah apel.
  • Tingginya kandungan mineral yang ada di dalam buah apel, terutama kalsium sangat bagus untuk menjaga kepadatan tulang burung kenari, sehingga kaki burung kenari tidak mudah patah.

Itulah beberapa manfaat buah apel untuk burung kenari. Pemberian ekstrafooding atau pakan tambahan memang tidak bisa terpisahkan dalam merawat burung kenari.

Selain membuat burung kenari tidak bosan dengan pakan harian, pakan tambahan tersebut juga memiliki banyak manfaat untuk burung kenari, salah satunya agar suara kicaunya lebih jernih. Untuk memberikan buah apel sebagai pakan tambahan burung kenari, Anda dapat mengikuti tipsnya di bawah ini.

Cara Memberikan Buah Apel pada Burung Kenari

  1. Pilih buah apel yang bagian luarnya terlihat bersih dan tidak busuk.
  2. Cuci hingga bersih buah apel tersebut, kemudian belah menjadi dua bagian, lalu iris secukupnya. Setelah itu, gantung di dalam sangkar.
  3. Bersihkan buah apel dari bijinya sebelum diberikan pada burung kenari. Sebab, menurut para ahli, biji buah apel memiliki kandungan zat racun yang berbahaya.
  4. Setelah itu, pada sore hari, buang sisa buah apel agar tidak mengundang semut dan berbagai serangga lainnya, serta agar sangkar burung tetap terjaga kebersihannya.
Loading...
Manfaat Apel untuk Burung Kenari | ilmuhewan | 4.5