Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Manajemen Pemeliharaan Ternak Kerbau

By On Sunday, July 30th, 2017 Categories : Info Lainnya

Manajemen Pemeliharaan Ternak Kerbau – Membeli dan memelihara adalah dua kubu yang memang sulit dilakukan. Untuk membelinya pun kamu diharuskan memiliki budget yang tidak sedikit.

Namun ternyata memeliharanya lebih susah jika dibandingkan dengan hanya membelinya saja.

Bukan tidak mungkin kalau kamu salah dalam memanajemen pemeliharaan ternak kerbau maka kerugian pun akan segera menghampiri diri kamu lho.

Salah langkah akan berakibat fatal yang justru akan membuat kamu harus gulung tikar. Jangan sampai itu terjadi ya. Oleh karena itu kamu harus memperhatikan beberapa poin – poin utama dalam memelihara kerbau berikut ini. simak yuk!

Baca Juga :

Cara Ternak Kerbau Untuk Pemula

Jenis-Jenis Makanan Untuk Hewan Kerbau

Keuntungan dan Kerugian Bila Ternak Kerbau

Cara Mengobati Penyakit Ngorok Pada Hewan Kerbau

Ciri dan karakteristik kerbau Jaffarabadi

Kandang

Menempatkan kerbau di tempat terbuka seperti hamparan rumput yang luas ternyata juga tidak selamanya baik lho. Ini akan mengakibatkan kerbau cepat stress karena terpaan sinar matahari pagi hingga siang hari.

Apalagi panas matahari siang bukan lah sahabat yang baik untuk kulit kerbau.

Maka dari itu kamu harus menempatkannya dalam kandang agar kerbau bisa bernaung dari panas matahari dan terhindar dari kehujanan.

Memang panas matahari diperlukan untuk kulit kerbau, tapi jangan sampai membuat kerbau justru jatuh sakit dan stress akibatnya.

Kandang yang lebar dan luas pun sangat lah dibutuhkan. Tidak lupa kebersihan menjadi andalan untuk mendapatkan kerbau yang sehat dan dapat menghasilkan daging serta susu yang optimal. Ingat, usahakan untuk selalu memberikan ruang yang cukup bagi kerbau hingga bisa dengan leluasa beraktifitas.

Vaksinasi

Sehat adalah kunci utama agar dapat menghasilkan daging yang bagus juga. Jadi kamu harus rajin memberikan vaksin dan obat cacing untuk kerbau agar selalu sehat dan kuat. Jangan abaikan penyakit cacingan satu ini ya, karena jika penyakit ini tidak diobati maka tubuh hewan ternak kamu akan semakin menyusut.

Parahnya penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Kamu pasti tidak mau kan jika penyakit ini menjadi kendalamu untuk membuka usaha?

Namun ada salah satu cara ampuh untuk mengobati cacingan lho. Hanya dengan menggunakan buah pinang sebanyak 10 biji dan 1 air gelas serta bawang putih.

Tapi jangan jadikan cara ini menjadi salah satu alasan kamu tidak memberikannya obat cacing dan vaksin ya. Konsultasikan selalu pada dokter hewan untuk lebih lanjut.

Siram Dengan Air

Hawa panas akan berakibat kurang baik untuk kulit ternak kerbau. Karenanya jangan lupa selalu menyiram kerbau menggunakan air sejuk selama 3 menit dua kali sehari. Hal ini dapat membuang kelebihan panas pada badan kerbau tersebut.

Pemberian Pakan

Satu poin utama yang juga sangat lah penting adalah pemberian pakan. Berikan lah rumput – rumput yang mempunyai nilai gizi dan protein yang tinggi agar kerbau selalu sehat dan kuat.

Contohnya saja seperti rumput gajah, rumput raja, rumput benggala dan masih banyak lagi. Usahakan juga memberikan cemilan lain selain rumput, misalnya saja jerami padi, jerami jagung.

Cek Setiap Hari

Pengecekan setiap hari juga diperlukan oleh kerbau guna mencegah atau pun mengetahui adanya penyakit. Dengan pengecekan setiap hari maka jika terdapat luka pada kerbau bisa langsung ditindak agar tidak menjadi infeksi dan menjadi sumber bakteri.

Tidak hanya kerbau betina saja, anak kerbau dan kerbau jantan juga perlu selalu dicek setiap saat lho. Ingat, untuk membersihkan luka yang berdarah pun kamu harus menggunakan air bersih serta sabun yang lembut.

Jangan biarkan bakteri menyebar hanya karena tangan kamu tidak bersih lho.

Loading...
Manajemen Pemeliharaan Ternak Kerbau | ilmuhewan | 4.5