Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Makanan yang Baik Untuk Hewan Peliharaan Hamster

By On Saturday, November 19th, 2016 Categories : Pakan Hewan

Makanan yang Baik Untuk Hewan Peliharaan Hamster – Hamster merupakan hewan pengerat yang berukuran mini dan imut – imut.

Terdapat berbagai jenis hamster disetiap negara. Dengan bentuknya yang imut – imut dan mini, sehingga memudahkan pecinta hamster dalam memeliharanya karena memelihara seekor hamster tidak membutuhkan kandang yang ukurannya besar dan perawatannya pun sangat mudah dan murah untuk dilakukan.

Oleh sebab itu saat ini sudah banyak yang menjadikan hamster ini sebagai hewan peliharaan.

makanan-hamster

Baca Juga : Cara mudah dalam meracik makanan yang tepat untuk burung pleci (Burung kacamata)

Akan tetapi terkadang masih ada dikalangan pecinta hamster yang kebingungan dalam memberikan makanan yang baik untuk hewan peliharaan yang satu ini.

Hamster termasuk kelompok hewan omnivora, karena selain memakan tumbuhan hamster juga memakan hewan lainnya. Sebaiknya hamster diberikan makan di sore atau pun pagi hari.

Pastikan makanan yang akan diberikan tersebut aman dan rendah kadar gulanya karena pada umumnya semua golongan hamster mempunyai riwayat diabetes. Agar lebih jelas, berikut ini adalah beberapa makanan yang baik untuk hewan peliharaan hamster.

Makanan Bermerk

Jika ingin memberikan makanan yang bermerk untuk hamster peliharaan, sangat disarankan agar memilih makanan bermerek yang memiliki seperti biji – bijian, bentuk pelet atau pun bentuk kacang – kacangan.

Pelet merupakan bentuk standar dari makanan khusus untuk hewan jenis pengerat. Selain itu makanan ini juga harus memiliki kandungan gizi yang dibutuhkan oleh hamster seperti lemak, kandungan protein, vitamin dan mineral.

Biji Bunga Matahari ( Kuaci)

Kuaci atau biji bunga matahari tak hanya disukai oleh hamster hewan pengerat yang satu ini akan tetapi kuaci termasuk salah satu jenis makanan yang disukai oleh sebagian semua orang.

Hamster memang menyukai kuaci, namun jangan lupa untuk diimbangi dengan jenis makanan lain agar asupan makanan nya menjadi lebih seimbang.

Kacang Tanah

Kacang tanah dapat memberikan cadangan energi bagi hamster, akan tetapi kacang tanah ini mengandung lemak yang sangat tinggi.

Jangan berikan dengan jumlah yang berlebihan karena akan memicu kegemukan atau obesitas pada hamster oleh karena itu berikan secukupnya saja.

Kacang Kedelai

Kacang kedelai memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan hamster.

Sehingga kacang kedelai baik jika dijadikan sebagai salah satu pilihan makanan bagi hamster. Selain itu kacang kedelai juga bisa mengasah gigi – gigi hamster yang sedang mengalami pertumbuhan.

Kacang Hijau

Kandungan vitamin yang tinggi yang terdapat pada kacang hijau berfungsi sebagai zat pengatur di dalam tubuh hamster.

Selain itu kacang hijau memiliki fungsi yang sama dengan kacang kedelai yaitu baik untuk membantu mengasah gigi hamster yang sedang tumbuh.

Buah dan Sayuran Segar

Selain memberikan makanan yang bermerk untuk hamster peliharaan, sayuran dan buah –buahan pun bisa dijadikan pelengkap makanan bagi hamster dan hal ini sangat disarankan oleh dokter hewan.

Selalu pastikan buah dan sayuran dalam keadaan bersih dan segar sebelum makanan tersebut diberikan kepada hamster dan juga yang memiliki kandungan air serta gula yang rendah, karena hamster mempunyai resiko yang besar untuk menderita diabetes, kemudian jika terdapat kandungan air yang berlebihan didalam tubuhnya maka hamster akan mengalami masalah pada sistem pencernaannya seperti mengalami diare.

Jenis buah terbaik yang bisa diberikan kepada hamster misalnya buah melon, apel, jenis berri – berrian seperti buah strawberry, blackberry, kemudian buah persik atau prem (plum).

Perlu diingat, jangan memberikan buah seperti anggur, mangga atau pun pisang pada hamster peliharaan karena jenis buah – buahan ini mengandung kadar gula yang tinggi.

Pemberian buah semangka sebaiknya juga dihindari, karena semangga adalah jenis buah – buahan dengan kadar airnya yang tinggi.

Sedangkan untuk sayuran yang disarankan untuk hamster adalah jenis sayuran hijau dan sayuran berwarna seperti brokoli, asparagus, seledri, wortel dan kacang panjang.

Makanan berprotein

Contoh makanan yang mengandung protein yang bisa diberikan pada hamster peliharaan adalah keju rendah lemak yang disajikan dalam ukuran yang kecil – kecil atau dipotong – potong terlebih dahulu.

Jenis makanan berprotein lainnya yang berasal dari serangga yang dapat diberikan pada hamster misalnya belalang kecil atau jangkrik dan juga ulat.

Baca Juga : Mengenal Jenis Jenis Burung Kolibri dan Makananya

Loading...
Makanan yang Baik Untuk Hewan Peliharaan Hamster | ilmuhewan | 4.5