Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Macam-macam Hewan yang Memiliki Abdomen

By On Monday, May 22nd, 2017 Categories : Jenis dan Macam

Jenis-jenis Hewan yang Memiliki Abdomen – Jika pada artikel sebelumnya kita sudah melihat penjelasan tentang abdomen. Pada artikel ini kita akan melihat hewan apa saja yang memiliki abdomen.

Dan apakah hewan tersebut dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari atau hewan langka? Untuk itu mari kita simak ulasan berikut ini.

Seperti yang sudah kalian ketahui, abdomen dimiliki oleh sebagian besar hewan arthropoda. Namun apakah kalian tahu apa itu hewan arthropoda?

Arthropoda adalah hewan yang tidak memiliki tulang belakang yang memiliki tubuh beruas-ruas atau bersegmen dan memiliki kaki yang bersendi.

Berdasasarkan klasifikasinya, arthropoda dibagi menjadi 4 kelas yaitu Crustacea, Myriapoda, Arachnida dan Insecta.

1. Crustacea

Dalam bahasa latin, Crustacea berarti cangkang atau kulit keras. Jadi pada kelas ini adalah hewan-hewan yang memiliki kulit atau cangkang keras.

Contohnya seperti udang, lobster, teritip dan kutu air. Hewan Crustacea memiliki ciri khusus yaitu bagian tubuhnya terbagi menjadi 2 yakni sefalotoraks yang merupakan bagian interior yang kaku dan abdomen yang merupakan bagian posterior yang tersusun dari segmen atau ruas.

Tiap ruas tubuh terdapat sepasang kaki dengan jumlah yang berbeda tergantung dengan jenisnya. Contohnya, pada udang bagian sefalotoraks terdapat 5 pasang kaki.

Sepasang kaki pertama membesar berbentuk capit yang disebut keliped. Sedangkan 4 pasang kaki lainnya digunakan untuk berjalan yang disebut dengan pereipoda.

Dibagian abdomen juga terdapat 5 pasang kaki yang memiliki fungsi untuk  berenang dan disebut dengan pleopoda. Pada ujung abdomen terdapat telson dan uropoda yang berfungsi sebagai alat kemudi saat udang berenang terutama saat berenang mundur.

2. Myriapoda

Hewan pada kelas ini memiliki tubuh yang tersusun dari banyak ruas tubuh yakni sekitas 10 sampai 200 ruas yang memiliki bentuk sama besar.

Dan setiap ruasnya juga memiliki sepasang kaki pada hewan berordo Chilopoda dan dua pasang kaki pada hewan ordo Diplopoda. Sehingga, Myriapoda memiliki arti yang sesuai dengan ciri-ciri tadi yakni kaki yang tak terhitung.

Ruas tubuh pertama terdapat kepala yang dilengkapi dengan sepasang antenna sebagai indra peraba dann sepasang mata. Dibawah kepala terdapat rahang dan mulut tambahan.

Tidak ada memiliki dada atau tidak dapat dibedakan dengan bagian perut (abdomen). Oleh karena itu, hewan ini biasanya hanya memiliki 2 bagian tubuh yaitu kepala dan perut. Contohnya adalah lipan rumaah atau kelabang dan luing atau kaki seribu.

3. Arachnida

Arachnida dalam bahasa latin berarti laba-laba. Namun walau berarti laba-laba, hewan yang termasuk dalam kelas ini bukan hanya laba-laba saja.

Contoh lainnya adalah kalajengking dan caplak. Ciri umumnya adalah tubuh yang terbagi menjadi kepala, dada dan perut (abdomen) yang lunak dan tidak memiliki segmen.

Pada dada tidak terdapat antenna namun ada sepasang mata tunggal, 4 pasang kaki dengan dilengkapi 2 cakar bergerigi dan 2 pasang alat mulut.

Sebagian besar arachnida bernafas dengan paru-paru buku yang terdapat kantong abdomen yang berisi 15-20 lembaran. Di arachnida tertentu memiliki 2 spineret di ujung abdomen yaitu orang yang berguna untuk membuat sarang dan pembentuk kokon untuk melindungi telur. Beberapa contoh hewan ini adalah kalajengking, laba-laba, tarantula, caplak dan tungau.

4. Insecta

Insecta atau serangga merupakan sebagai hewan serangga yang memiliki paling banyak jenis dan variasinya kurang lebih 900.000 spesies.

Bagian tubuh dari serangga terdiri dari kepala (cabut), dada (toraks) dan perut (abdomen). Pada bagian abdomen serangga terdiri dari 9-11 ruas berbentuk cincin dan biasanya ruas pertama melebar dan bersatu dengan metatoraks.

Contoh hewan ini adalah semut, tawong, lebah, kupu-kupu, rayap, lalat, nyamuk, jangkrik dan belalang.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Abdomen Pada Hewan

Loading...
Macam-macam Hewan yang Memiliki Abdomen | ilmuhewan | 4.5