Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Macam–Macam Cacing Pengganggu pada Burung

By On Saturday, August 13th, 2016 Categories : Burung

Macam–Macam Cacing Pengganggu pada Burung – Apabila dilihat mungkin mudah untuk merawat burung menjadi hewan peliharaan di rumah.

Namun nyatanya tidak semudah yang dibayangkan. Keadaan mudah stress, faktor hormon bahkan jamur dan hewan pengganggu dapat mempengaruhi keberlangsungan hidup burung hias yang dirawat.

Namun dibandingkan kekurangannya banyak masyarakat Indonesia tetap memilih memelihara hewan burung untuk meramaikan rumah.

melinjo mor

Baca Juga : Cara Perawatan Agar Burung Tidak Sakit

Ada satu hal yang juga menjadi penyebab burung terganggu hidupnya, yaitu cacing. Cacing ternyata dapat tumbuh dan hidup dalam tubuh burung dan menjadi pengganggu bahkan penyebab burung mati.

Adanya cacing tentu karena berbagai macam penyebab, jenis cacing sendiri pun macam-macam yang menyerang burung. Berikut ulasan mengenai cacing apa saja yang dapat menyereng tubuh burung.

Cacing Gelang

Tidak hanya pada manusia burung juga terserang cacing gelang. Gejala yang dialami burung yang terganggu cacing gelang seperti menimbulkan penyakit kurang darah pada burung (anemia).

Cacing juga sering menggerombol dan menghambat kerja usus burung  Cacing gelang menjadi penyebab dari sakitnya burung paruh bengkok dan merpati.

Tanah yang terinfeksi cacing gelang harus disemprotkan dan dibersihkan oleh freshaves untuk menjaga burung anda tidka terkena cacing gelang.

Cacing Pita

Cacing pita memang mudah tumbuh di tubuh hewan. Hal ini dikarenakan hewan memakan berbagai makanan yang terkadang langsung dari luar tanpa dibersihkan atau dimasak seperti manusia.

Gejala yang terjadi jika adanya cacing pita pada burung seperti lesu, kurus, pucat dan juga anoreksia (tidak mau makan) dan terlihat seperti burung yang kurus. Burung sendiri akan sering kehausan dan rusak bulunya jika terserang.

Cacing tenggorokan

Jika cacing tenggorokan mengganggu burung sudah jelas bagian yang terserang adalah bagian tenggorokan atau saluran nafas.

Sehingga gejalanya sering batuk, menggoyang-goyangkan kepala sambil menghilangkan lendiri yang ada pada lubang hidungnya. Selain itu burung akan sering bersin. Penyakit ini dapat menimbulkan kematian.

Cacing rambut

Terakhir cacing yang sering mengganggu adalah cacing burung. Cacing ini disebabkan oleh infeksi pakan yang sudah tercemar oleh telur cacing tentunya.

Cacing ini memang sering menyerang unggas dan menyebabkan burung diare. Cacing rambut menyerap makanan pada usus sehingga burung tidak mendapatkan nutrisi dari makanan yang dimakan oleh burung itu sendiri. Pada akhirnya burung mudah mati.

Selain itu cacing rambut akan menjalar ke seluruh burung yang ada di sangkar jika anda memelihara burung dalam sangkarnya lebih dari satu.

Cacingan

Terakhir penyakit yang ada pada manusia namun ternyata ada juga pada burung, yaitu cacingan. Banyak yang memberikan burung yang cacingan dengan obat cacingan manusia.

Jika kebetulan cocok hal ini tidak menjadi masalah. Namun jika tidak cocok, tentu akan menimbulkan penyakit baru.

Sebagian produk cacing manusia terlalu keras sehingga merusak organ pencernaan pada burung yang kecil. Penyebab cacingan masih sama yaitu sangkar yang kotor, terutama jika burung menghabiskan waktu pada bagian dasar sangkat yang kotor.

Gejala umumnya nafsu makan yang baik-baik saja namun burung tetap terlihat kurus. Selain itu burung terlihat malas-malasan serta sering mengantuk di siang hari.

Hal ini sudah tentu mengindikasi bahwa burung peliharaan anda mengalami penyakit cacingan. Sesuaikan obat cacingan manusia dengan dosis untuk burung tentunya.

Beberapa cacing tersebut ternyata membahayakan burung, semoga menjadi ilmu bermanfaat untuk anda dan membantu anda dalam menjaga burung peliharaan anda dari cacing.

Baca Juga : Panduan dan Cara Budidaya Ikan di Akuarium Untuk Pemula

Loading...
Macam–Macam Cacing Pengganggu pada Burung | ilmuhewan | 4.5