Macam-macam Burung Yang Tidak Bisa Terbang

By On Tuesday, September 27th, 2016 Categories : Burung

Jenis Burung Yang Tidak Bisa Terbang – Sebagian besar satwa terutama burung mempunyai keahlian semisal terbang.

Bahkan ada beberapa diantara jenis burung yang bisa kembali sendiri kekandangnya melalui radar yang terdapat pada paruhnya.

Contoh, burung merpati. Akan tetapi anehnya terdapat beberapa jenis burung yang cuma bisa berjalan saja.

burung-yang-tidak-bisa-terbang

Ataupun juga burung tersebut tidak dapat terbang, akan tetapi si burung tersebut juga memiliki ekor dan juga sayap.

Baca Juga : Nama Jenis-Jenis Burung Pemakan Bangkai

Aneh juga bukan? Barangkali, burung yang tidak bisa terbang tersebut mempunyai sayap yang hanya sedikit bulunya serta juga mempunyai rentang lebar sayap yang tak terlalu panjang sehingga menjadikan jenis burung itu sulit untuk terbang.

List 3 jenis burung yang tidak memiliki keahlian untuk terbang diantaranya sebagai berikut:

  1. Burung Pinguin

Burung penguin termasuk ke dalam kelompok golongan burung yang tak dapat terbang tetapi bisa berenang. Hidup di wilayah kutub selatan, Antarctica.

Sangat cukup bisa beradaptasi dengan kehidupan di dalam air. Burung penguin memiliki bulu yang bewarna gelap dan juga putih.

Sayap mereka sudah berubah menjadi agak lebih berguna sebagai sirip disaat mereka sedang berenang.

Kebanyakan dari penguin tersebut makan dari ikan, cumi-cumi, Krill (sejenis udang), dan hewan air lain yang bisa ia tangkap pada ketika mereka berenang di air. Mereka ini menghabiskan setengah dari waktu hidupnya ada di daratan dan setengah hidupnya lagi di air.

Walaupun penguin sendiri adalah burung yang bisa dikategorikan hanya bisa hidup di kutub selatan, seperti Antarctica.

Namun pada kenyataanya, cuma beberapa jenis atau spesies penguin yang berasal dan tinggal di daerah kutub selatan.

Beberapa spesies burung penguin dapat ditemukan di wilayah yang daerahnya lebih hangat, dan juga salah satu spesies semisal Penguin Galapagos bisa anda temukan didekat daerah  khatulistiwa.

  1. Burung unta

Burung Unta atau yang kita kenal dalam bahasa Inggris dengan sebutan Ostrich, adalah burung terbesar di dunia yang juga tidak dapat terbang. Burung yang satu ini merupakan burung asli benua Afrika.

Burung Unta sendiri berada di grup yang sama dengan burung Kiwi, Emu, Rhea dan juga Kasuari, yaitu grup Struthioniformes.

Burung ini mempunyai bentuk leher burung dan kaki yang cukup panjang, sehingga ia dapat berlari dengan kecepatan hingga 70 km/jam, serta menelurkan telur berukuran terbesar dibandingkan dengan burung lainnya.

Dari 5 subspesies Burung Unta yang dikenal, 1 telah punah, 1 berada dalam kondisi terancam punah, 3 lagi masih hidup.

Mereka hidup pada grup yang terus saja berpindah-pindah, dan dalam grup tersebut berisikan 5 hingga 50 burung.

Saat sendang merasa terancam, Burung Unta akan segera tiduran di tanah atau akan kabur. Tetapi jika ia terus dipojokkan, ia akan selalu menyerang dengan kaki burung yang kuat.

  1. Burung kasuari

Sekarang, terdapat 3 spesies burung Kasuari. Secara umum, yang populasinya mulai banyak dijumpai adalah Kasuari Selatan, sementara burung terberat kedua serta terbesar ketiga sesudah Unta dan Emu.

Burung ini awalnya adalah burung asli hutan daerah tropis di New Guinea, sekitar timur laut Australia.

Makanan utama si Kasuari adalah buah, walaupun pada dasarnya kasuari merupakan omnivora. Dimana mereka akan memakan mulai dari segala jenis tumbuhan, jamur, buah-buahan, invertebrata dan juga vertebrata kecil. Kasuari umumnya sangatlah pemalu.

Jika ia diganggu, mereka ini akan menyebabkan luka yang cukup serius. Mungkin hal inilah yang menyebabkan spesies ini masuk ke dalam list salah satu burung yang paling berbahaya di dunia. Spesies Kasuari ini awalnya ada 4. 1 diantaranya sudah punah dan ketiga lainnya terancam punah.

Baca Juga : Jenis Makanan Untuk Burung Parkit

Loading...
Macam-macam Burung Yang Tidak Bisa Terbang | ilmuhewan | 4.5