Macam, Jenis dan Contoh Sumber Air

By On Monday, September 16th, 2019 Categories : Lingkungan

Macam, Jenis dan Contoh Sumber Air – Air adalah sumber daya paling penting di bumi karena mahluk hidup seperti Tumbuhan, Hewan dan Manusia sangat membutuhkan air untuk bisa bertahan dan bertumbuh kembang dalam kehidupan.

Peran air dalam menopang kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi sangat banyak sekali. Akan tetapi tidak sedikit yang kurang bijaksana dalam menggunakannya.

Meskipun hampir 70 persen permukaan bumi ini di tertutupi oleh air, akan tetapi 97 persen dari total keseluruhan air yang ada adalah air laut. Jenis air laut ini tidak bisa digunakan untuk keperluan hidup manusia sebab air laut mengandung banyak sekali garam.

3 persen sisanya adalah air tawar yang dimana 70 persen dari jumlah keseluruhan air tawar adalah berbentuk es dan 30 persennya lagi berada di sungai, danau, air permukaan dan air di dalam tanah.

Jenis dan sumber air dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian yakni; air angkasa, air permukaan  dan air tanah. Poin berikut ini adalah penjelasan mengenai tiga kelompok jenis air yang sudah disebutkan tadi :

1. Air Tanah

Air tanah adalah segala jenis air yang ada di bawah lapisan tanah, air jenis ini menyumbang sekitar 0,6% dari total keseluruhan air yang ada di bumi.

Air tanah sendiri terbagi lagi  menjadi dua kelompok, yakni air tanah dangkal dan air tanah dalam. Dimana pada umumnya manusia lebih sering menggunakan air tanah dangkal untuk keperluan hidup sehari-hari. Misalnya saja dengan membuat sumur dengan kedalaman tertentu.

2. Air Permukaan

Air permukaan adalah air hujan yang jatuh ke bumi yang kemudian mengalir di atas permukaan bumi. Aliran air ini disebabkan oleh air hujan yang jatuh tersebut tidak terserap oleh tanah yang dikarenakan pori-pori pada lapisan tanah tersebut rapat sehingga sebagian besar air hujan yang jatuh menjadi genangan. Adapun beberapa contoh air permukaan adalah sebagai berikut :

  • Air sungai
  • Air danau
  • Air telaga

3. Air Angkasa

Air angkasa adalah air yang berada di udara atau atmosfer yang jatuh ke bumi. Perlu diketahui juga bahwa jenis air yang ada di udara jumlahnya berkisar 0,001% dari total keseluruhan air yang ada di bumi.

Contoh air angkasa adalah air hujan, dimana matahari memiliki peran penting dalam proses penguapan yang mendorong air yang ada di permukaan bumi naik ke atmosfer. Adapun beberapa contoh air angkasa adalah sebagai berikut :

  1. Air Hujan
  2. Air Salju
  3. Air Es

Baca Juga : Dampak dan Contoh Efek Rumah Kaca

Loading...
Loading...
Macam, Jenis dan Contoh Sumber Air | ilmuhewan | 4.5