BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Macam atau Jenis Burung Srigunting di Indonesia

By On Friday, October 14th, 2016 Categories : Burung

Macam atau Jenis Burung Srigunting di Indonesia – Burung srigunting dikenal kemampuannya bisa menirukan suara burung lain, tetapi juga burung srigunting juga terkenal dengan akal liciknya atau banyak akalnya terutama dalam mencari makanan.

Di habitat alaminya, burung srigunting ini akan mencoba merebut makanan yang dibawa olehcburung lain dengan cara menakut-nakutinya dengan menggunakan suara burung predator yang telah dikuasai.

jenis-kicau

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis burung srigunting, semuanya dari  masing-masing tersebut memiliki kemampuan meniru suara burung yang cukup baik, seperti yang terekam dalam keanekaragaman suara burung srigunting berikut ini bisa dijadikan masteran atau memancing burung sejenis supaya rajin berbunyi.

Srigunting yang di Jawa Barat dikenal dengan nama saeran gunting yakni memiliki beragam spesies yang tersebar di Indonesia.

Secara umum terdapat 10 spesies burung srigunting yang bisa ditemukan di seluruh wilayah di Indonesia dan ke-10 spesies burung srigunting tersebut adalah :

  1. Sriguntingsulawesi – Sulawesi Drongo (Dicrurus montanus)
  2. Sriguntinglencana – Spangled Drongo (Dicrurus bracteatus)
  3. Sriguntingkeladi – Bronzed Drongo (Dicrurus aeneus)
  4. Srigunting kerdil– Pygmy Drongo   (Chaetorhynchus papuensis)
  5. Sriguntingjambulrambut  – Hair-crested Drongo (Dicrurus hottentottus)
  6. Srigunting kelabu– Ashy Drongo (Dicrurus leucophaeus)
  7. Sriguntinggagak – Crow-billed Drongo (Dicrurus annectans)
  8. Srigunting hitam – Black Drongo (Dicrurus macrocercus)
  9. Srigunting sumatera– Sumatran Drongo (Dicrurus sumatranus)
  10. Srigunting batu– Greater Racquet-tailed Drongo (Dicrurus paradiseus)

Spesies burung srigunting merupakan burung yang tergolong sebagai keluarga Dicruridae yang tersebar di hampir seluruh benua Asia, Afrika dan juga Australia.

Dicruridae ini mempunyai dua genera (genus), yaitu Chaetorhynchus, diantaranya srigunting kerdil atau pygmy drongo yang merupakan burung endemik yang berasal dari Papua.

Para ilmuwan dan ahli perburungan meyakini bahwa keluarga Dricuridae tersebut berasal dari Indo Malaya, yang berkolonisasi di wilayah Afrika sekitar 15 juta tahun yang lalu.

Burung yang memakan serangga sebagai makanan utamanya tersebut berhabitat di hutan terbuka atau semak belukar, kemudian juga mempunyai ciri-ciri tubuh dimana tubuh yang sebagian besar berwarna abu-abu atau hitam.

Julukan atau nama srigunting sendiri diambil dari bentuk ekornya seperti menggunting lalu bercabang, Beberapa spesies yang berasal dari Asia mempunyai dekorasi ekor yang beranekaragam. Sedangkan sebutan atau nama Drongo merupakan sebutan di Australia yang berarti  “Dungu” atau “Idiot’ yang mungkin dapat ditemukan pada karakter atau sifat dari spesies ini yang sering kali terlihat lucu atau menggemaskan ketika mengakali hewan  yang lain untuk mencuri makanannya  tersebut.

Berikut beberapa rekaman suara kicauan yang berasal dari beberapa jenis burung srigunting yang tersebar di wilayah Indonesia

Jenis Srigunting lencana atau Spangled Drongo (Dicrurus bracteatus)

  1. Dicrurus bracteatus morotensistersebar di wilayah Morotai, ujung utara Halmahera (Maluku utara).
  2. Dicrurus bracteatus atrocaeruleus yang berada di Halmahera, Bacan, kemudiam di Kepulauan Papua bagian barat (Pulau Kofiau).
  3. Dicrurus bracteatus buruensistersebar di P. Buru, di Maluku barat daya.
  4. Dicrurus bracteatus amboinensistersebar di Maluku selatan (Seram, Ambon, Haruku, Saparua).
  5. Dicrurus bracteatus carbonariustersebar di sekitar dataran rendah Papua dan pulau-pulau satelitnya, dan Kep. Aru.
  6. Dicrurus bracteatus laemostictustersebar di Bismarck yaitu di selatan (Umboi dan New Britain).
  7. Dicrurus bracteatus meekitersebar di Kepulauan Solomon selatan (Guadalcanal).
  8. Dicrurus bracteatus longirostrisyang berada di Kep Solomon selatan (San Cristobal).
  9. Dicrurus bracteatusbaileyi tersebar di wilayah Australia barat-laut
  10. Dicrurusbracteatus atrabectus tersebar di wilayah Australia timur-laut; mungkin bermigrasi ke Selat Torres dan Pulau Papua tengah bagian selatan.
  11. Dicrurusbracteatus acteatus yaitu tersebar di Pantai timur Australia, pulau-pulau di Selat Torres kemudian juga Pulau Papua tengah bagian selatan..

Dari semua jenis keanekaragaman burung srigunting, mungkin hanya burung srigunting jenis batu yang paling banyak dicari oleh banyak penggemar burung di Indonesia. Demikian karena Burung srigunting batu dikenal mempunyai bulu-bulu yang Nampak cantik dengan ekornya yang panjang dan terdapat antena pada masing-masing ujung di ekornya.

Baca Juga : Cara merawat anakan sirtu yang tepat dan benar

Loading...
Macam atau Jenis Burung Srigunting di Indonesia | ilmuhewan | 4.5