Penjelasan Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kedelai

By On Sunday, April 5th, 2020 Categories : Biologi

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kedelai – Kacang kedelai atau kedelai merupakan salah satu tanaman yang termasuk ke dalam jenis tanaman polong-polongan. Kedelai merupakan sumber utama minyak nabati dan protein nabati dunia.

Di Asia Timur, tanaman kedelai dijadikan sebagai bahan dasar banyak makanan, seperi tahu, tempe, dan kecap. Sehingga budidaya tanaman kacang kedelai dapat memberikan keuntungan yang besar. Sebenarnya di Asia Timur budidaya tanaman kedelai telah ada sejak 3500 tahun yang lalu.

Sedangkan di Nusantara, kedelai putih diperkenalkan oleh pendatang dari Cina, selain kedelai putih, kedelai hitam juga telah lama dikenal oleh penduduk setempat. Negara penghasil kedelai utama adalah Amerika Serikat.

Kedelai memiliki nama yang berbeda di setiap Negara, di Negara Cina dan Jepang, kedelai terkadang dikenal sebagai kacang besar. Sedangkan di Negara lainnya, yaitu di Vietnam, kedalai memiliki nama tương đậu.

Klasifikasi dan morfologi tanaman kedelai bisa dipelajari agar lebih memahami mengenai tanaman kedelai apabila ingin membudidayakan tanaman kedelai.

Klasifikasi Tanaman Kedelai

  • Kingdom/Regnum : Plantae (Tumbuhan)
  • Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas/Classis : Magnoliopsida
  • Ordo : Fabales
  • Famili/Suku : Fabaceae (polong-polongan)
  • Genus/Marga : Glycine
  • Spesies/Jenis : Glycine Max (L.) Merr

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Beringin

Morfologi Tanaman Kedelai

  • Akar

Seperti halnya kacang tanah, akar dari tanaman kedelai juga berbentuk nodul atau berbintil. Hal ini disebabkan karena akar pada kedelai bersimbiosis secara mutualisme dengan bakteri Rhizobium Japanicum atau bakteri nodul akar. Bintil akar yang terbentuk memiliki peran yang penting dalam proses fiksasi unsur Nitrogen. Unsur tersebut sangat dibutuhkan oleh tanaman kedelai dalam kelanjutan proses pertumbuhan kedelai.

  • Batang

Tanaman kedelai memiliki batang yang tidak berkayu. Batang yang dimiliki oleh kedelai merupakan jenis perdu atau semak, yang berambut atau berbulu, berbentuk bulat, dan berwarna hijau dengan panjang dari masing-masing batang bervariasi antara 30 hingga 100 cm. Selain itu, batang pada tanaman kedelai dapat tumbuh dengan cabang yang dihasilkan 3 hingga 6 cabang.

  • Biji

Tanaman kedelai memiliki bentuk, warna, dan ukuran yang berbeda pada setiap bijinya, tergantung dengan jenis dari kedelai tersebut. Bentuk dari biji kedelai tersebut ada yang bulat, bulat agak lonjong, hingga bulat agak pipih. Warna pada bijinya pun berbeda ada yang putih, kuning, krem, hijau, dan lain sebagainya.

  • Daun

Daun pada tanaman kedelai berjarak selang-seling. Pada umumnya ujung daun kedelai terlihat tajam atau tumpul.

  • Bunga

Kedelai memiliki bentuk bunga yang sempurna, dan sering disebut sebagai bunga kupu-kupu. Sebab bunga pada tanaman kedelai memiliku 5 helai daun mahkota, 2 helai sayap, 2 helai tunas, dan 1 helai bendera. Bunga pada tanaman kedelai memiliki benang sari yang berjumlah 10 buah, dengan 1 buah terpisah pada bagian pangkal, dan 9 buah lainnya menyatu pada bagian pangkal seperti membentuk seludang yang mengelilingi putik dari bunga tanaman kedelai. Rangkaian bunga pada tanaman kedelai terdiri dari 3 hingga 15 buah bunga pada masing-masing tangkainya.

  • Buah

Seperti halnya tanaman kacang-kacangan lainnya, polong merupakan buah yang dimiliki oleh kedelai. Warna polong berubah menjadi coklat, coklat muda, coklat tua, kuning jerami, kuning keputih-putihan, cokelat kekuning-kuningan, dan putih kehitam-hitaman pada saat polong sudah tua. Jumlah biji yang dimiliki oleh masing masing polong terdiri dari 1 hingga 5 buah. Selain itu permukaan buah pada tanaman kedelai ada yang berbulu jarang, dan ada juga yang berbulu rapat.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Bambu

Loading...
Loading...
Penjelasan Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Kedelai | ilmuhewan | 4.5