Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Anggur

By On Thursday, January 16th, 2020 Categories : Biologi

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Anggur – Tanaman buah anggur merupakan salah satu tanaman buah yang saat ini cukup populer dan mulai banyak dibudidayakan pada berbagai daerah subtropics dan tropis yang mana tanaman ini diperkirakan berasal dari kawasan selatan diantara Laut Hitam dan Kaut Kaspia.

Tanaman ini di luar negeri dikenal juga dengan nama lain yaitu tanaman hari panjang / Long Day Plant Fruit dikarenakan membutuhkan musim kemarau panjang dibandingkan dengan tanaman buah di musim hujan.

Ini terjadi karena tanaman ini lebih membutuhkan intensitas cahaya matahari dalam jumlah cukup agar tanaman mampu tumbuh dengan optimal.

Di samping itu tanaman buah anggur ini secara garis besar dapat klasifikasi tanaman anggur dan morfologinya adalah sebagai berikut :

Klasifikasi Tanaman Anggur Sederhana

  • Kingdom : Plantae / tumbuhan
  • Subkingdom : Trachebionta / tumbuhan berpembuluh
  • Super divisi : Spermatophyta / menghasilkan biji
  • Divisi : Magnoliopsida / berkeping dua / dikotil
  • Sub kelas : Rosidae
  • Ordo : Rhamales
  • Famili : Vitaceae
  • Genus : Vitis
  • Spesies : Vitis Vinifera L.

Baca Juga : Cara Budidaya Melon

Morfologi Tanaman Buah Anggur

1. Tentang akar tanaman buah anggur

Tanaman buah anggur mempunyai sistem perakaran tunggang yang mampu menembus media tanah hingga mencapai kedalaman sekitar 30 s/d 60 Cm lebih yang mana perakaran dimaksudkan adalah menjalar pada permukaan tanah dengan bentuk melebar. Perakaran tanaman anggur ini bermanfaat untuk menyerap media air yang ada di dalam tanah.

2. Tentang batang tanaman buah anggur

Tanaman buah anggur mempunyai batang yang beruas – ruas atau berbuku – buku dan berkayu berbentuk bulat memanjang dengan diameter antara 2 s/d 5 Cm berwarna kehijauan hingga kecokelatan.

Secara garis besar tanaman ini termasuk ke dalam tanaman semak dan memiliki percabangan yang dekat permukaan tanah.

Panjang batang tanaman ini bisa mencapai 8 M lebih dengan sistem pertumbuhan yang menjalar atau membelit terhadap tanaman lainnya yang bisa berfungsi sebagai pelindung.

3. Tentang daun tanaman buah anggur

Tanaman anggur mempunyai daun yang terdiri dari beberapa bagian diantaranya adalah berupa helaian daun, tangkai daun, dan juga mempunyai sepasang daun penumpu.

Daun pada tanaman ini hampir mirip dengan jantung yang mana pada bagian tepinya bergerigi dan berlekuk – lekuk. Pertulangan daun tanaman anggur ini menjari dengan pangkal ujung meruncing dan berbentuk lonjong.

Pada umumnya daun tanaman bersifat daun tunggal yang hanya terdapat beberapa helaian daun saja tersusun secara selang – seling dengan warna kehijauan muda hingga hijau tua. Daun – daun ini memiliki ukuran panjang rata – rata mencapai 10 s/d 14 Cm dengan lebar sekitar 8 s/d 14 Cm.

4. Tentang bunga tanaman anggur

Tanaman anggur mempunyai bunga yang terdiri dari beberapa malai yang mana bunga dimaksudkan muncul di bagian ketiak daun atau ranting berbentuk bulat – bulat berumpun dengan memiliki warna cantik yaitu putih kekuningan hingga merah muda.

Biasanya penyerbukan tanaman anggur ini dapat dibantu dengan angin maupun binatang yang ada di sekitar tanaman.

5. Tentang buah tanaman anggur

Tanaman buah anggur berbentuk bulat telur kecil – kecil yang memiliki warna beragam yaitu mulai dari hijau, ungu kemerehan, hitam dan hitam keunguan serta merah marun.

Buah tanaman ini mempunyai daging lunak berwarna senada dengan warna kulit buah yang mana di dalamnya terdapat beberapa biji berbentuk bulat memanjang dengan warna kehitaman licin berlapis lilin.

Demikian kami membahas dengan singkat saja tentang klasifikasi dan morfologi tanaman anggur, semoga bermanfaat .!

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Aren

Loading...
Loading...
Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Anggur | ilmuhewan | 4.5