Klasifikasi dan Anatomi Ikan Koi

By On Friday, November 25th, 2016 Categories : Info Lainnya

Klasifikasi dan Anatomi Ikan Koi – Salah satu jenis Ikan hias yang menjadi favorit di Indonesia adalah Ikan Koi.

Hal tersebut bisa terjadi tentunya bukan tanpa alasan. Alasannya adalah karena Ikan Koi memiliki corak warna yang sangat cantik dan juga kulit yang bersih.

Selain itu Ikan Koi bukan hanya memiliki satu jenis warna corak saja. Namun berupa-rupa jenis corak warna. Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang terpikat pada Ikan Jenis.

anatomi-ikan-koi

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Koi Dengan Mudah

Dimana ternyata Ikan Koi adalah Ikan percampuran antara Ikan Mas dengan Ikan Jepang. Lalu melalui proses mutasi atau perkawinan silang dengan Ikan Karper Hitam menghasilkan Ikan Koi dengan jenis corak kulit yang berwarna-warni.

Sedangkan untuk penyebarannya sendiri, Ikan Koi telah merambah hampir ke seluruh dunia. Tidak terkecuali Indonesia. Untuk lebih mengetahui tentang Ikan Koi berikut ini akan dijabarkan Klasifikasi dan Anatomi Ikan Koi:

  1. Klasifikasi Ikan Koi
  • Kingdom dari Ikan Koi adalah Animalia
  • Filum dari Ikan Koi adalah Chordata
  • Sub Filum dari Ikan Koi adalah Vertebrata
  • Kelas dari Ikan Koi adalah Esteichthyes
  • Ordo dari Ikan Koi adalah Ostariophysi
  • Sub Ordo dari Ikan Koi adalah Teleostei
  • Famili dari Ikan Koi adalah Cyprindae
  • Spesies dari Ikan Koi adalah Cyprinus carpio
  • Genus dari Ikan Koi adalah Cyrinus
  1. Morfologi Ikan Koi

Ikan Koi seringkali disamakan dengan Ikan Mas karena bentuknya yang hampir serupa dan memang juga berasal dari jenis yang sama.

Namun dari segi Morfologi Ikan Koi memiliki beberapa perbedaan dengan Ikan Mas seperti yang akan dijelaskan dibawah ini:

  • Sirip

Tak ubahnya makhluk hidup lainnya yang membutuhkan sesuatu untuk membantunya bergerak maka Ikan Koi juga tidak terkecuali.

Seperti manusia yang membutuhkan tangan maupun kaki untuk bergerak maka Ikan Koi membutuhkan sirip untuk bisa melakukannya di dalam air.

Dimana Sirip yang dimiliki oleh Ikan Koi berada di punggung, dada, perut, anus dan juga di sekitar ekor. Semua sirip tersebut berguna sebagai pergerakan Ikan Koi di dalam air.

Sirip-Sirip itu sendiri tidak memiliki sifat baka, yang artinya Sirip-Sirip tersebut bisa tumbuh kembali apabila terluka atau terpotong oleh sesuatu.

  • Indera Pencium

Pada beberapa jenis Ikan biasanya terdapat sungut pada area disekitar mulutnya. Tentunya Sungut ini hadir bukannya tanpa guna.

Yaitu untuk mendeteksi area di sekitarnya. Hal yang sama juga dimiliki oleh Ikan Koi. Dimana sungut Ikan Koi yang terletak di atas mulutnya. Antara sebelah kanan dengan yang berada di sebelah kiri.

Sungut ini memiliki hubungan langsung dengan indera penciuman yang dimiliki oleh Ikan Koi. Yaitu untuk mencium bau yang berada sekitarnya.

Dimana sungut ini digunakan oleh Ikan Koi untuk mencari makanan. Hal tersebut tidak lepas karena Ikan Koi tinggal di perairan yang biasanya berlumpur.

Sehingga makanan mereka tertutupi oleh lumpur-lumpur tersebut. Untuk itulah gunanya Sungut mereka untuk bisa mendeteksi keberadaan makanan mereka meskipun tertutupi oleh lumpur sekalipun. Tidak berhenti sampai disitu saja karena Sungut tersebut juga memiliki fungsi lain. F

ungsi lainnya adalah untuk membersihkan lumpur yang biasanya menempel dari makanan tersebut. Baru setelah sungut tersebut membersihkan makanan itu, Ikan Koi akan mengonsumsinya.

Selain itu tubuh Ikan Koi juga tertutupi sebuah selaput. Dimana selaput ini memiliki dua lapisan. Yaitu lapisan epidermis yang terletak di luar dan lapisan endordemis yang terletak di luar. Intinya lapisan ini berguna untuk melindungi tubuh dari Ikan Koi.

Baca Juga : Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Ikan Koi

Klasifikasi dan Anatomi Ikan Koi | ilmuhewan | 4.5