Klasifikasi dan Anatomi Belut

By On Sunday, November 13th, 2016 Categories : Uncategorized

Klasifikasi dan Anatomi Belut – Belut menjadi jenis hewan yang tentunya tidak asing bagi orang di Indonesia. Apalagi bagi mereka yang tinggal di sekitar persawahan.

Karena memang disanalah tempat berkembang biaknya hewan yang masih masuk dalam jenis ikan ini.

Salah satu alasan kenapa Belut menjadi familiar tentunya karena belut juga seringkali dikonsumsi oleh banyak orang.

anatomi-belut

Baca Juga : Biologi Belut Sawah

Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang mencari Belut untuk dijadikan bahan konsumsi. Namun meskipun termasuk binatang yang cukup familiar namun ternyata banyak orang yang tidak mengetahui tentang seluk beluk dari binatang Belut. Yang pertama adalah ternyata Belut memiliki tiga jenis.

3 Jenis Belut yang ada Di Dunia:

  1. Belut Sungai atau Belut Laut

Seperti namanya belut jenis ini tinggal di daerah yang berair seperti sungai maupun laut. Dimana belut jenis ini memiliki nama latin yaitu macrotema caligans cant.

  1. Belut Rawa

Sesuai dengan namanya Belut rawa tinggal di rawa-rawa yang biasanya sulit dijangkau oleh manusia. Sehingga jarang sekali orang yang bisa menemukan jenis belut ini. Selain itu, belut jenis ini juga memiliki nama latin yaitu Synbranchus bengalensis Mc cless.

  1. Belut Sawah

Belut jenis inilah yang banyak orang temui dan kemudian digunakan sebagai bahan konsumsi. Selain karena mudah untuk didapatkan juga karena rasanya yang enak. Dimana belut sawah memiliki nama latin yaitu Monopterus albus.

Namun tentunya untuk bisa mengetahui lebih dalam tentang hewan Belut diperlukan lebih dari itu. Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan klasifikasi dan anatomi Belut:

Klasifikasi

  • Kingdom dari Belut adalah Animalia
  • Pilum dari Belut adalah Chordata
  • Kelas dari Belut adalah Actinoptyergi
  • Famili dari Belut adalah Synabranchifomes
  • Genus dari Belut adalah Monopterus
  • Spesies dari Belut adalah Monopterus albus

Anatomi Belut

  • Belut Tidak Memiliki Sirip

Walaupun masih masuk dalam jenis ikan namun ternyata tidak semua klasifikasi Ikan dapat disamakan begitu saja kepada Belut. Hal tersebut terbukti dengan salah satu ciri yang dimiliki oleh semua ikan nyatanya tidak dimiliki oleh Belut.

Ciri tersebut adalah sirip. Karena nyatanya Belut tidak memiliki sirip dalam tubuhnya. Padahal selama ini sirip biasanya digunakan oleh ikan untuk bisa berenang maupun bergerak.

Namun cara lain ternyata digunakan oleh Belut untuk bisa mengerakkan tubuhnya. Yaitu dengan cara memanfaatkan tubuhnya yang tidak terlalu pipih bahkan cenderung bulat. Sehingga ha tersebut dapat memudahkannya untuk bergerak.

Selain itu, belut juga mampu bergerak dengan memanfaatkan lender yang berada di dalam tubuhnya. Sehingga lindir yang licin tersebut membuat Belut leluasa untuk bergerak.

  • Belut Memiliki Mata Kecil

Meskipun memiliki badan yang besar namun nyatanya hal tersebut tidak sebanding dengan mata dari belut. Dimana ternyata belut memiliki ukuran mata kecil.

Namun sepertinya hal tersebut tidak berlaku banyak bagi kesehariannya. Karena Belut bergerak dalam lumpur maupun air.

  • Belut Mempunya Gigi Runcing dan Mulut Kecil

Kelebihan yang dimiliki oleh Belut adalah bentuk giginya yang runcing. Dimana bentuk giginya yang runcing tersebut berguna untuk menangkap mangsa dan mengunyahnya. Selain itu ciri lain yang dimiliki oleh Belut adalah bentuk mulutnya yang kecil.

  • Belut Tidak Mempunya Sisik

Satu lagi anomali yang dimiliki oleh Belut dan tidak dimiliki oleh jenis ikan lainnya. Yaitu ternyata Belut tidak mempunya sisik. Sehingga bisa dibilang, lender yang dimiliki oleh belut sangat berguna untuk kesehariannya.

Baca Juga : Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Budidaya Belut

Loading...
Klasifikasi dan Anatomi Belut | ilmuhewan | 4.5