Klasifikasi Cacing Tanah Pheretima

By On Tuesday, August 2nd, 2016 Categories : Info Lainnya

Klasifikasi  Cacing Tanah Pheretima – Cacing tanah  Pheretima sp.merupakan nama umum yang digunakan untuk kelompok Oligochaeta, untuk menentuka  kelas dan subkelas nya akan tergantung dari penemunya dalam filum  annelida.

Ciri umum yang dimiliki :

  • Memiliki segmen  mencapai 95 s/d 150 segmen.
  • Klitelumnya terletak pada segmen 14 s/d 16
  • Morfologi tubuhnya berbentuk gilik panjang dan silindris
  • Mempunyai warna  merah keunguan.

Beberapa cacing tanah yang termasuk jenis Pheretima antara :

  1.  Cacing merah
  2.  Cacing koot
  3. Cacing kalung

Ciri umum yang dimiliki cacaing tanah ini :

  1. Cacing tanah ini  mempunyai system pertahan yang lumayan baik sejak ,  fase awal evolusi, maka mereka selalu bisa  mengatsi  ancaman   invasi  mikroorganisme patogen di habitatnya.
  2. Cacing tanah memiliki kekebalan humoral dan selular mekanisme.
  3. Cairan selom cacing tanah mengandung lebih dari 40 protein

Klasifikasi Cacaing Tanah  Pheretima

Kingdom Animalia
Philum Annelida
Class Oligochaeta
Order Ophistopora
family Megascolescidae
Genus Pheretima
Species Pheretima sp

 

Habitat Cacing Tanah  Pheretima

Pada  Cacing tanah jenis ini hidupnya  menyukai berada  di dalam liang tanah  bersuhu yang lembab ,subur dan suhunya tidak terlalu dingin.

Khusus untuk optimal pertumbuhan cacing jenis ini menyukai tanah  tanah yang sedikit asam  dengan  kadar  ke asaman   dengan  pH   sekitar  6 s/d 7,2.

Baca Juga : Pengertian, Ciri, Klasifikasi, dan Peranan Nemathelminthes (Cacing Gilig)

Pada kulit  cacing tanah  jenis ini membutuhkn kelembaban udara yang tinggi  supaya  tubuh bisa berfugsi normal dan tidak rusak

Biasanya  suhu yang disukai untuk pertumbuhan ,reproduksi berkisar  15 s/d 25 derajat celcius.

Beberapa factor yang mempengaruhi  pertumbuhan

Karena cacing ini pencernaanya tidak sempurna maka memerlukan Bakteri  untuk merubah/memecahkan bahan makanan.

Dilematika  pada cacing jenis ini , jika bakteri  ini tidak mencukupi  atau yang kurang dalam makanannya menyebabkan cacing tanah kekurangan makanan dan akhirnya mati .Alasanya  karena tidak ada yang membantu pencernaan senyawa karbohidrat dan protein.

Disisi lain,jka  keasaman berlebihan  maka  makanan  akan terlalu asam karena  aktivitas bakteri berlebihan. Ini  berakibat kematian karena  temboloknya membengkak.

Dilematika selanjtnya , pada habitat  yang terlalu basah,berakibat pucat dan kematian.

Maka keasaman yang normal sebaiknya harus dijaga  secara optimal  dengan  kondisi keasaman sekitar  6 s/d 7.2  ph nya

Pengaruh  Kelembaban  Bagi  Ccacing Tanah Pheretima

Secara fisik, sekitar 85 persen  bobot tubuhnya terdiri dari air maka medi pemeliharaan  harus dijaga kelembabannya  agar sesuai habitat yang dibutuhkan.

Dimana kelembaban  udara secara optimum sekitar 15 s/d 30 persen.cara untuk menjaga keseimbangan mekenisme tubuh cacaing ini  caranya hanya dengan menjaga  kelembaban udara sekitar habitat ini supaya cacaing ini tidak sampai kehilangan  air atau terhidrasi.

Jika kondisi habitat  tidak sesuai  yang dinginginkan maka biasanya cacing merasa tidak nyaman  tandanya akan berpindah ke tempat lain mencari habitat yang lebih sesuai,yang lebih lembab.

Sifat  respon perilaku cacing :

  • Jika kelembaban  udara terlalu kering maka  kulit akan rusak langkahnya cacing ini akan  bersembunyi  dengan masuk ke lobang tanh untuk sementar tidak mencari makan,namun akhirnya mati.
  •  Sebaliknya jika kondisi terlalu lembab  atau basah akibat banyak air,cacing ini akan berpindah  karena pernapasan  yang dilakukan oleh kulitnya akan terganggu  maka ia akan pergi mencari tempat yang lebih leluasa untuk bisa bernafas tetapi kelembabannya  sesuai.

Dilematika  Pengaruh  Suhu  Pada  Cacing  Pheretima

Dilematika  pada cacing ini juga  karena pengaruh suhu,dimana jika  suhu ekstrim terlalu rendah atau terlalu tinggi akan mempengaruhi   fisiollogisnya akan  berpengaruh pada pernafasan, pertumbuhan, perkembangbiakan dan metabolismenya.

Baca Juga : Klasifikasi Cacing Tanah Menurut Ekologi

Loading...
Loading...
Klasifikasi Cacing Tanah Pheretima | ilmuhewan | 4.5