Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Keuntungan dan Kerugian Memelihara Burung Kicauan

By On Sunday, January 8th, 2017 Categories : Burung

Keuntungan dan Kerugian Memelihara Burung Kicauan – Memelihara burung merupakan kegemaran bagi sebagian orang.

Jenis-jenis burung yang biasa dijadikan hewan peliharaan adalah burung kakak tua, burung beo, buruk jalak, burung parkit, burung merpati dan lain sebagainya.

Tidak hanya dijadikan sekedar hewan peliharaan yang dipajang dirumah saja, beberapa orang yang memelihara burung gemar mengikut sertakan burung peliharaan mereka perlombaan-perlombaan untuk burung misalnya perlombaan kicauan burung terbaik dan lain sebagainya.

Baca Juga ; Mengenal 5 Jenis Burung Prenjak yang Populer di Pasaran

Memelihara burung bukan hal yang mudah. Anda harus sangat telaten merawatnya, memberikan makan setiap hari, membersihkan kandangnya, memberikan vitamin khusus burung agar terhindar dari penyakit-penyakit yang dapat menyerang burung.

Selain itu, jika anda memelihara burung untuk diikutkan ke perlombaan, maka ada treatment khusus agar burung anda dapat memenangkan perlombaan misalnya diberikan makan belalang, vitamin khusus, telor semut, dan lain sebagainya.

Tahukah anda ternyata memelihara burung kicauan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Apa saja manfaat itu? Berikut ini adalah penjelasannya :

  1. Mendengarkan suara kicauan burung dapat menenangkan jiwa

Berdasarkan hasil riset, memelihara burung ternyata dapat membuat jiwa manusia yang memeliharanya menjadi lebih tenang, tentram, dan damai. Hal tersebut bersumber dari kicauan burung yang setiap harinya berkicau.

  1. Mendengar suara kicauan burung dapat meningkatkan kemampuan dalam melakukan pekerjaan

Setelah mendengar kicauan burung dalam beberapa saat, otak akan kembali fresh dan pekerjaan akan diselesaian dengan otak yang tidak penat.

Jika setelah anda pulang bekerja dan anda memelihara burung kicauan, sangat disarankan anda meluangkan waktu anda sedikit untuk mendengar suara kicauannya agar anda tidak penat dan keesokan harinya anda akan mengerjakan pekerjaan anda dengan otak yang fresh sehingga pekerjaan pun akan cepat terselesaikan.

  1. Mendengar suara kicauan burung melatih otak untuk berfikir.

Ternyata, kicauan burung juga terbukti dapat melatih otak secara lebih untuk berfikir.  Kicauan burung yang bervariasi tergantung dari jenis burung tersebut, memiliki dampak pada syaraf-syaraf dalam otak yang memicu manusia untuk berfikir. Selain itu suara kicauan burung juga dalam melatih otak manusia untuk lebih kreatif.

  1. Ada beberapa jenis burung contohnya burung jalak dan burung kakak tua, jika ia melihat orang asing berada di sekitar lingkungan rumah, maka burung tersebut akan bersiul secara kencang, berbeda dengan siulan di hari hari biasa. Hal ini menguntungkan sebagai peringatanan kepada anda jika ada orang asing yang masuk ke rumah anda yang berniat jahat, maka anda dapat menghindarinya sebelum kejadian yang tidak anda inginkan terjadi.

Oleh karena itu tidak sedikit orang yang gemar memelihara burung bahkan hanya untuk sekedar mendengar kicauannya setiap hari di rumah.

Namun, selain banyak keuntungan dari memelihara burung, ternyata ada juga loh kerugian dari memelihara burung kicauan. Sebagian besar burung kicauan dapat menularkan penyakit kepada manusia

  1. Beberapa burung kicauan seperti kakatua, beo dan parkit dapat menyebarkan penyakit ke manusia karena burung tersebut bisa terinfeksi bakteri Chlamydophila Psittaci. Bakteri tersebut ditularkan burung melalui udara. Jika kita terjangkit bakteri tersebut maka akan muncul gejala seperti demam, meriang, batuk kerning bahkan nyeri otot. Namun, penyakit tersebut dapat disembuhkan asalkan cepat dibawa ke dokter.
  2. Memelihara burung kicauan sangat menyita waktu anda. Diperlukan perawatan khusus jika anda ingin memelihara burung khususnya burung kicauan karena biasanya burung kicauan seperti beo dan kakak tua harus dijaga kesehatannya, dijaga kebersihan kandangnya, dijaga asupan makanannya dan lain sebagainya. Jika anda adalah pekerja yang sibuk dan tidak memiliki asisten rumah tangga yang dalam mengurus peliharaan anda, sangat tidak disarankan untuk memelihara burung kicauan karena jika tidak terurus akan berdampak kematian pada burung.
  3. Peminat burung kicauan sangat banyak apalagi jika kualitas burung kicauannya sangat bagus dan harga burung kicauan juga tidak murah. Oleh karena itu diperlukan perlindungan lebih pada burung kicauan peliharaan anda agar tidak dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jika keamanan rumah anda kurang terjaga, sangat tidak disarankan untuk memelihara burung kicauan karena hanya akan merugikan anda apabila burung tersebut hilang.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian dari memelihara burung kicauan. Sebelum memutuskan untuk memelihara burung di rumah, ada sebaiknya ada memikirkan secara matang terlebih dahulu apakah dengan memelihara burung lebih banyak manfaatnya apa kerugiannya kepada kehidupan anda.

Baca Juga : Cara Menjodohkan Burung Kenari

Loading...
Loading...
Keuntungan dan Kerugian Memelihara Burung Kicauan | ilmuhewan | 4.5