Keunggulan dan Kelemahan Ayam Jawa Super

By On Tuesday, July 18th, 2017 Categories : Info Lainnya

Keunggulan dan Kelemahan Ayam Jawa Super – Jika kalian ingin membuka usaha peternakan ayam Jawa super, tentunya kalian perlu terlebih dahulu untuk mengenal serta mendalami jenis usaha apa yang kalian akan dilakukan.

Proses tersebut merupakan sebuah naluri dasar manusia agar dapat mempertimbangkan baik dan buruk maupun untung dan rugi ketika kalian akan mengerjakan sesuatu.

Didalam kaitannya dengan usaha untuk beternak ayam jawa super ini, naluri bisnis tersebut akan harus semakin dipertajam.

Agar dapat mengasah naluri bisnis, sebelum kalian mulai beternak ayam jawa super dibawah ini akan dijelaskan beberapa keunggulan dan kelemahannya si ayam jawa super, terutama pada saat dibandingkan dengan ayam ras (negeri) serta ayam buras.

Baca Juga :

Jenis Ayam Dengan Harga Paling Tinggi Di Dunia

Penyebab dan Cara Mengobati Ayam Yang Terserang Penyakit Pilek

Pengertian Teori Khemostatik dan Thermostatik Pada Ayam

Sejarah dan Asal Usul Ayam Cemani

Ciri Ekor Ayam Aduan Yang Berkualitas dan Bagus

Keunggulan dan kelemahannya sekaligus menjadi suatu ciri khas dari ayam jawa super berikut ini :

Keunggulan Ayam Jawa Super

  • Ayam jawa super ini bertubuh besar (gemuk) dan mirip sekali dengan ayam negeri sehingga bobot tubuhnya tersebut lebih berat jika dibandingkan dengan ayam kampung yang seumurnya. Sebagai suatu gambaran, pada saat si ayam menginjak usia dua bulan, beratnya dapat mencapai lebih dari 2 kg.
  • Pertumbuhan tubuh nya ayam jawa super ini lebih cepat jika dibandingkan dengan ayam kampung lainnya bahkan hampir sama dengan ayam negeri.
  • Kandungan lemak yang terdapat pada dagingnya sangat sedikit serta rasa dagingnya hampir sama dengan rasa daging ayam kampung.
  • Masa panen atau yang biasa disebut dengan umur siap potong tidak jauh berbeda dengan ayam negeri. Ketika berusia sekitar 2-3 bulan, ayam jawa super ini sudah bisa dikonsumsi. Hal tersebut tentunya berbeda dengan ayam kampung yang baru bisa dikonsumsi setelah mencapai usia empat bulan.
  • Setelah mencapai usia dewasa (di atas umur empat bulan), si ayam cenderung dengan telur setiap hari meskipun tidak ada pejantannya.
  • Telur yang dihasilkan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan telur ayam kampung. Ukurannya ternyata sama dengan telur ayam ras, dan juga ada yang lebih besar (1 kg kira-kira berisi 14-16 butir). Sementara itu harga telur perkilogramnya hampir sama dengan harga telur ayam negeri.
  • Sama seperti dengan ayam kampung, daya tahan terhadap berbagai jenis penyakit serta pergantian cuaca lebih baik jika dibandingkan dengan ayam negeri.
  • Dapat dipelihara di berbagai tempat, terutama di dataran rendah.
  • Apabila dibandingkan dengan ayam negeri, pakan ayam jawa ini super relatif lebih mudah dan murah. Bahkan, limbah dapur dapat juga dimanfaatkan sebagai tambahan pakan.

Kelemahan Ayam Jawa Super

  • Dikarenakan ukuran tubuhnya yang cukup besar, selera makan ayam super juga cukup tinggi alias rakus sehingga terjadi pemborosan pakan.
  • Ayam jawa super termasuk jenis ayam yang ternyata malas mengerami telurnya.
  • Tidak seperti ayam kampung yang telurnya bisa diperjualbelikan setiap butir, cara penjualan telur ayam jawa super ini disamakan dengan cara penjualan telur ayam negeri yaitu hanya dijual per satuan kilogram (kiloan).
  • Harga telurnya menjadi lebih murah jika dibandingkan dengan telur ayam kampung.
  • Ayam jawa super ini ternyata masih jarang ditemukan di pasaran. Jikalau ada, hanya akan ditemukan di daerah-daerah tertentu. Hal tersebut jelas berbeda dengan ayam kampung serta ayam negeri yang telah dikenal dan tersebar di mana-mana.

Jika dilihat dari kelebihan dan kelemahannya, ayam yang berkarakter agresif dan cenderung galak tersebut mempunyai potensi untuk diusahakan baik sebagai petelur ataupun yang dicampur dengan ayam peliharaan jenis lain.

Apabila tidak diusahakan secara komersial, maka ayam yang memiliki tubuh montok ini dapat dijadikan sebagai hewan kesayangan agar dapat mengisi lahan pekarangan kecil di sekitar rumah kalian.

Loading...
Loading...
Keunggulan dan Kelemahan Ayam Jawa Super | ilmuhewan | 4.5