Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Keunggulan dan Ciri Sapi limousine

By On Friday, March 10th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Keunggulan dan Ciri Sapi limousine – Sapi limousine adalah salah satu jenis sapi yang merupakan keturunan dari sapi Eropa atau bos Taurus yang berkembang di Perancis.

Sapi ini dikenal sebagai sapi potong yang dimanfaatkan dagingnya oleh masyarakat. Namun, sapi ini juga dipekerjakan di pertanian untuk memanfaatkan kecepatan dan kekuatan yang dimilikinya untuk pengolahan tanah.

Banyak peternak suka berternak sapi limousin karena pertumbuhan sapi yang cepat dibanding dengan sapi lainnya, sehingga menghemat waktu.

Baca Juga : Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kualitas daging Sapi

Apalagi sapi limousin beratnya bisa mencapai 1 ton bahkan lebih sehingga bisa di ikutkan dalam lomba sapi super besar atau ekstra jumbo.

Biasanya para peternak akan mulai memelihara sapi limousin ketika mereka masih menjadi pendet hingga berusia 4 tahun. Mengingat daging yang dimilikinya termasuk daging yang lezat dan berkualitas membuatnya memiliki harga yang cukup mahal.

Keunggulan sapi Limousine

Sapi limousine adalah salah satu jenis sapi yang memiliki pertumbuhan badan yang sangat cepat, sehingga waktu yang diperlukan untuk proses penggemukan dan pertumbuhan sapi lebih cepat. Memiliki badan yang lebih berat dan tinggi dibandingkan dengan sapi yang lain sehingga memiliki banyak daging.

Ketersediaannya sapi yang masih sedikit atau terbatas menjadikan sapi jenis limousine ini di jual dengan harga mahal apalagi permintaan semakin hari semakin meningkat.

Di sisi lain rasa dagingnya juga lezat dan memiliki kualitas lebih bagus. Sapi ini bisa tahan terhadap serangan penyakitseperti antraks.

Ciri – ciri sapi limousine

Bagi anda yang menginginkan menjadi peternak sapi limousine ada baiknya anda mengenal ciri – ciri dari sapi limousine agar tidak salah memilihnya atau memilih tempat untuk memeliharanya. Berikut ini ciri dari sapi limousine :

  • Sapi limousine memiliki bentuk tubuh yang besar panjang.
  • Sapi limousine memiliki tinggi tubuh yang bisa mencapai 1,5 meter.
  • Pada umumnya memiliki warna cokelat muda dan kuning kelabu , ada juga warna kuning hingga merah keemasan.
  • Bulu yang dimilikinya sangat tebal dan menutupi seluruh tubuh sapi secara kompak.
  • Sapi limousine memiliki tanduk yang berwarna cerah.
  • Sapi limousine bisa hidup dengan baik pada lingkungan yang beriklim sedang dengan curah hujan yang tinggi, namun mereka tidak akan cocok untuk dipelihara pada daerah yang beriklim panas.
  • Sapi limousine akan tumbuh sangat cepat dibandingkan sapi lainnya, sehingga pertumbuhannya sangat singkat yang mana berat per harinya bisa bertambah 1 – 1,5 kg bahkan lebih tetapi dengan pemberian pakan yang bagus.
  • Pada sapi limousine jantan dewasa beratnya bisa mencapai 1.200 kg sedangkan sapi betina dewasa bisa memiliki bobot mencapai 575 kg. Sedangkan pada saat lahir memiliki bobot sekitar 25 kg sama seperti bobot sapi pada umumnya.
  • Daging yang dihasilkan memiliki kualitas yang sangat tinggi hingga Karkas yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus.

Pada umumnya sapi limousin di Indonesia yang murni sulit ditemukan alias langka, sehingga kebanyakan para peternak melakukan persilangan dengan sapi lokal, seperti sapi Limpo atau limousinongole yang merupakan persilangan antara sapi limousin dengan sapi ongole, mereka memiliki ciri – ciri tidak bergelambir, memiliki bulu berwarna cokelat kehitaman atau cokelat muda dan tidak memiliki punuk.

Jika anda memilih untuk memelihara sapi limousin maka perhatikan lingkungan seperti iklim yang cocok untuk pertumbuhan sapi dan juga perhatikan juga makanannya untuk menghasilkan sapi yang berkualitas dan bisa tumbuh dengan baik.

Baca Juga : Jenis-jenis Sapi Yang Menguntungkan bila dibudidayakan

Loading...
Keunggulan dan Ciri Sapi limousine | ilmuhewan | 4.5