Kenali Burung Macaw Biru Ini, Si Rio dari Negara Brasil

By On Friday, September 1st, 2017 Categories : Fakta Unik

Fakta Unik Burung Macaw Biru – Walaupun harus ditonton berkali – kali pun rasanya keseruan film Rio 1 dan 2 akan selalu membekas di hati pecintanya.

Dari film ini lah si sutradara mempunyai tujuan khusus demi menyadarkan masyarakat akan kelangkaan spesies burung macam biru.

Ya, burung ini memang sangat lah langka dan merupakan spesies yang dielu – elukan oleh para pecinta burung mania.

Lalu apa saja keistimewaan yang dimiliki spesies satu ini?

Baca Juga : Cara Ternak dan Budidaya Burung Macaw untuk Pemula

Makanya kenali lebih dalam Rio dari Negara Brasil ini yuk supaya wawasan kamu mengenai film Rio terlengkapi.

Tergolong Burung yang Langka dan Terancam Punah

Memang kedengarannya sangatlah sedih jika macaw berjenis Hyancinth Macaw ini harus mendapatkan predikat terancam punah.

Karena ancaman ini lah yang menyebabkannya menjadi salah satu burung langka di dunia.

Ditambah lagi burung yang telah menginspirasi terbuatnya film Rio itu ternyata telah lama mati.

Kisah nyatanya harus terbalik dengan yang ada di film yang berakhir dengan happily ever after. Dimana si burung macaw telah menemukan pasangan satu spesiesnya dan mampu berkembangbiak.

Namun, kenyataan pahit ini harus diterima karena Spix’s macaw yang diberi nama Presley telah mati tanpa sempat meninggalkan keturunan.

Kabarnya deforestasi dan leba madu asing yang membuat jenis macaw satu ini sangat sulit mencari ataupun membuat sarang.

Sekarang pun macaw biru telah dibesarkan di lokasi penangkaran dengan sedikit kurangnya 100 spix’s macaw (burung beo biru).

Bahkan di Cekoslowakia pernah dicoba untuk menangkarkan spesies ini, tapi ternyata tidaklah mudah. Jumlah ini pun lambat laun akan berkurang karena kondisi yang tidak menguntungkan bagi macaw biru.

Postur Tubuh Paling Beda dari Yang Lain

Perbedaan tidak selamanya menjadi hal yang tak menyenangkan. Justru dengan perbedaan semua semakin lebih beragam.

Seperti burung macaw berparuh bengkok ini, yang ternyata memiliki postur tubuh paling beda dari jenis burung macaw lainnya.

Penampakan postur macaw biru merupakan paling besar diantara jenis burung beo. Warnanya yang mencolok dengan biru tuanya membuatnya menjadi istimewa dibandingkan yang lain. Tubuhnya pun bisa tumbuh hingga 1 meter dengan berat sekitar 1,2 sampai 1,7 kg.

Pakan yang Berkualitas

Ya, memang menangkar macaw sangatlah sulit. Hal ini dikarenakan postur tubuh yang dimilikinya serta kekuatan gigitan yang tidak bisa diremehkan.

Ini yang membuat para penangkar kewalahan untuk memelihara dan merawatnya. Kamu harus mengeluarkan kekuatan ekstra demi membuat si bulu biru ini tetap sehat dan aktif.

Kamu pun wajib menyediakan pakan yang bervariasi agar macaw biru tidaklah bosan dan dapat membangun mood lebih baik. Diantaranya saja buah – buahan, sayuran, kacang – kacangan dan biji – bijian.

Tapi ingat, perhatikan baik – baik nutrisi dan nilai gizi yang terkandung pada bahan pakan yang tersedia.

Kamu juga bisa kok mendapatkan beberapa pakan seperti yang sudah disebutkan tadi di pasaran tapi usahakan untuk selalu segar ya. Tidak ada salahnya berkorban demi menjaga si peliharaan tersayang agar selalu sehat. So, why not?

Harga yang Fantastis

Karena kelangkaannya di jaman sekarang, ternyata juga menjadikan harga jual burung cantik ini mempunyai harga yang fantastis. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga 350 juta rupiah seekor burung Hyacinth macaw ini.

Selain karena paruh bengkoknya, burung ini mempunyai keistimewaan sebab kecerdasannya yang luar biasa dan ditambah lagi macaw biru ini cukup mudah dijinakkan.

Bagaimana? Tertarik untuk memilikinya?

Baca Juga : Jenis dan Daftar Harga Burung Macaw

Loading...
Loading...
Kenali Burung Macaw Biru Ini, Si Rio dari Negara Brasil | ilmuhewan | 4.5