Kelebihan dan Kekurangan Kolam Terpal

By On Saturday, July 23rd, 2016 Categories : Perikanan

Kelebihan dan Kekurangan Kolam Terpal – Dunia perikanan memang terkenal luas dan menyenangkan.

Hal ini dilihat dari masyarakat Indonesia yang tidak hanya menjadi petani yang membudidayakan banyak tanaman, tetapi juga menjadi pengusaha yang menggunakan ikan sebagai objek usaha untuk dibudidayakan.

Selain itu ikan sendiri menjadi salah satu hewan yang banyak digandrungi masyarakat untuk menjadi makanan sehari-hari dan menjadi sumber omega 3 dan protein, tentu selain lauk pauk lainnya.

8

Dengan begitu adanya keinginan konsumen atau pasar mendorong banyak orang untuk budidaya ikan.

Baca Juga : Beberapa bahan dan alat untuk membuat kolam terpal

Dalam caranya berbudidaya ada yang menggunakan atau memanfaatkan kolam buatan, ada juga yang menggunakan pesisir laut dengan menggunakan jaring untuk membudidayakan dan membesarkan ikan. Salah satunya untuk ikan air tawar yang menggunakan kolam buatan.

Bermacam-macam para pembudidaya memodifikasi kolam agar selalu bersih dan menjadi tempat yang baik untuk budidaya, salah satunya kolam terpal.

Apa itu Kolam Terpal ?

Kolam terpal yaitu kolam ikan buatan yang menggunakan terpal untuk menutupi atau menjadikan terpal tersebut alas untuk kolam tersebut secara keseluruhan, atau menyesuaikan bentuk kolam. Kolam terpal ini dibuat untuk menghindari pembuatan kolam tembok yang banyak memakan biaya.

Kelebihan Kolam Terpal

  • Jarang ditemui hama dan penyakit

Penggunaan kolam terpal tentu memiliki efisiensi kelebihan dan juga kekurangan. Untuk kelebihan pertama kolam terpal, umumnya ikan jarang terserang hama dan penyakit.

Hal ini karena kolam terlindungi dari tembok atau tanah yang banyak mengandung penyakit. Selain itu terpal yang tebal mengisolasi ikan dan airnya dari bahaya hama dan penyakit.

  • Presentase hidup Tinggi

Kolam yang menggunakan terpal menjadikan presentase ikan hidup lebih tinggi. Karena adanya air yang terkontrol dan juga jauh dari hama dan penyakit membantu ikan menjadi lebih sehat dan masa hidup panjang. Selain itu, survey membuktikan ikan lele yang menggunakan kolam terpal memiliki presentase hidup 95%.

  • Pekerjaan Lebih mudah

Adanya terpal membantu para petani ikan membudidayakan ikan lebih mudah, termasuk penyebaran benih dan juga panen.

Pada kolam terpal makanan yang banyak menumpuk atau sisa makanan ikan dapat disedot. Sehingga ikan akan mudah berenang dan tidak teracuni sisa makanan yang terurai di dasar terpal. Selain itu ketika pemanenan jauh lebih mudah karena umumnya lumpur atau endapan tanah akan sangat sedikit jika menggunakan terpal.

  • Berguna untuk daerah kurang air

Daerah anda termasuk kurang air ? tidak perlu khawatir. Anda tetap dapat membudidaya ikan dengan menggunakan kolam terpal.

Adanya kolam terpal sangat berfungsi di daerah yang agak sulit air. Hal ini karena air pada kolam tidak akan terserap tanah dan akan berkumpul di dalam kolam, karena terhalang terpal. Dengan begitu anda tidak memerlukan banyak air.

Kekurangan Kolam Terpal

  • Air kolam cepat berbau

Karena air tidak terkoordinasi oleh tanah, dan hanya berkumpul di kolam saja air menjadi cepat berbau dan butek. Kolam terpal tentu tidak memiliki bakteri organik yang dapat mengurai atau bakteri perombak.

Sehingga pembusukan sisa ikan atau ikan mati akan cepat berbau dan mengotori air. Maka anda akan sulit jika budidaya tidak dilakukan secara bersih dan telaten.

  • Cepat rusak dan bocor

Karena menggunakan bahan terpal yang memiliki batas penampungan, maka terpal terkadang sering cepat rusak dan bocor.

Hal ini tentu akan menambah anggaran anda dalam berbudidaya. Terpal akan cepat rusak terutama jika terkena air terus menerus, ditambah air hujan.

  • Tidak tahan lama

Penggunaan kolam terpal tentu bukanlah barang untuk mendukung rencana budidaya ikan anda secara panjang. Terutama daya tahan terpal yang hanya sampai 2-3 tahun saja.

Itupun jika dirawat dengan baik-baik. Berbeda dengan kolam beton atau kolam tanah yang tahan sampai puluhan tahun, terutama jika dirawat agar tidak berlumut.

Baca Juga : Cara Budidaya dan Pelihara Ikan Gurame  

Kelebihan dan Kekurangan Kolam Terpal | ilmuhewan | 4.5