Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Karakter ternak yang sehat dan sakit

By On Saturday, June 24th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Karakter ternak yang sehat dan sakit – Bagi peternak,  kesehatan hewan ternak sangat penting . Hewan ternak yang sakit akan sangat merugikan peternak karena hewan ternak yang sakit pasti tidak bisa menghasilkan keuntungan sebesar hewan ternak yang dalam keadaan sehat.

Bahkan yang sering dikawatirkan peternak, hewan ternak yang sakit akan menularkan penyakitnya ke ternak lainnya bahkan penyakit-penyakit tertentu yang dapat menyerang hewan ternak dapat berujung kematian jika tidak segera ditangani.

Walaupun penyakit yang dapat menyerang hewan ternak sebenarnya dapat diobati namun lebih baik untuk mencegahnya.

Oleh karena itu, sangat penting bagi peternak untuk mengetahui karakter hewan ternak yang sehat dan hewan ternak yang sedang sakit.

Untuk mengetahui hewan ternak dalam kondisi sakit atau sehat sebenarnya sangat mudah dan dapat dipantau oleh peternak itu sendiri.

Berikut ini adalah ciri-ciri hewan ternak yang dalam kondisi sehat dan sakit :

  1. Ternak yang sehat memiliki mata yang tidak berwarna kuning atau merah, namun cenderung ke warna cerah, dan tidak berair atau terdapat kotoran yang banyak di sudut mata. Jika mata ternak berwarna keruh, ada bintik bintik merah atau ada selaput, dan terdapat banyak kotoran di mata serta berair menandakan hewan ternak sedang dalam kondisi yang tidak sehat.
  2. Ternak yang sehat memiliki bulu yang tidak kusut, bersih, lembut, mengkilap dan tidak kusam. Kerontokan bulu yang parah menandakan hewan ternak tidak dalam kondisi sehat. Namun kerontokan bulu pada hewan ternak sebenarnya wajar namun jika berlebihan maka menandakan hewan ternak tersebut terserang penyakit tertentu.
  3. Hewan ternak yang sehat memiliki nafsu makan yang stablil dan tidak mengalami penurunan nafsu makan. Nafsu makan hewan ternak yang tiba tiba menurun menandakan bahwa hewan ternak tersebut sedang dalam kondisi sakit. Hewan ternak yang kondisi fisiknya gemuk yang masih wajar menandakan hewan ternak tersebut dalam kondisi sehat, namun hewan ternak yang kondisi fisiknya kurus sekali, sangat mudah terserang penyakit.
  4. Hewan ternak yang beraktivitas secara normal atau yang banyak gerak menandakan hewan ternak tersebut dalam kondisi sehat. Namun apabila ternak yang biasanya sering beraktivitas namun tiba tiba terlihat lesu dan lebih sering berdiam diri di kandang, itu menandakan hewan ternak tersebut sedang sakit.
  5. Kulit hewan ternak yang elastis dan tidak luka menandakan hewan ternak tersebut sehat. Jika disentuh kulit terasa kenyal, dan posisi kulit yang ditarik kembali seperti semula berarti sapi tersebut sehar. Perubahan warna kulit pada hewan ternak yang terjadi secara abnormal merupakan pertanda bahwa kondisi hewan ternak yang tidak sehat
  6. Ternak yang sehat memiliki struktur fases yang tidak lembek atau cair. Fases ternak yang cair atau lembek menandakan ternak sedang sakit
  7. Ternak yang terlihat lesu menandakan hewan ternak tersebut sedang sakit. Bahkan jika penyakitnya semakin parah, hewan ternak terlihat sering memuntahkan isi perutnya.
  8. Hidung hewan ternak yang sehat terlihat jika hidung hewan ternak tersebut Nampak basah.
  9. Hewan ternak yang sehat dapat dilihat dari sikap berdirinya. Jika posisinya seimbang dan simetris menandakan ternak dalam keadaan sehat.jika hewan ternak pada saat berdiri tidak terlihat seimbang, bisa jadi hewan tersebut polio atau mengalami kecacatan.
  10. Respon aktif terhadap bunyi dan gerakan benda menandakan hewan ternak dalam kondisi yang sehat. Hewan ternak yang tidak menunjuan respon aktif terhadap bunyi atau gerakan benda menandakan hewan ternak tersebut mengalami gangguan pendengaran.
Loading...
Karakter ternak yang sehat dan sakit | ilmuhewan | 4.5