Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Kandungan dan Manfaat Tepung Cangkang Keong Mas

By On Monday, October 16th, 2017 Categories : Manfaat dan Khasiat

Kandungan dan Manfaat Tepung Cangkang Keong Mas – Keong masa adalah salah satu hewan yang sering kali di anggap sebagai pengganggu oleh para masyarakat khususnya para petani, karena para keong mas ini mengganggu para tanaman bahkan mereka juga merusaknya seperti yang terjadi pada tanaman padi.

Dari tahu ketahuan jumlah keong mas makin meningkat yang mana disebabkan oleh kemampuan keong mas untuk berkembang biak cukup cepat.

Hanya dengan seekor betina keong mas dapat menghasilkan telur berjumlah 15 kelompok dengan siklus 60 – 80 hari. Bahkan keong mas yang sudah dewasa dapat menghasilkan telur berjumlah 1.000 – 1.200 telur per bulan.

Baca Juga : Kandungan dan Manfaat Telur Keong Mas

Kondisi ini menjadikan si keong memiliki jumlah yang makin banyak dan kerusakan tanaman pertanian yang di akibatkan olehnya juga semakin banyak juga.

Memang benar, sebagian besar masyarakat memanfaatkan daging keong mas untuk dikonsumsi dan membuang cangkang si keong mas ini.

Padahal kenyataannya cangkang keong mas tersebut mengandung kalsium yang dapat dimanfaatkan juga sebagai salah satu bahan pembuatan tepung cangkang keong mas seperti yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa Yogyakarta yang terdiri dari Rohmi Suryaningsih, Mita Kurniati, Musyarofah, Prapti Hanaviyah dan Vina Fitriana.

Menurut Rohmi, salah satu mahasiswa Prodi Pendidikan IPA FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta cangkang keong mas mengandung banyak kalsium, sedangkan kalsium merupakan salah satu unsur terpenting atau paling esensial pada pembentukan kulit sebuah telur, dan untuk sebutir telur memiliki sekitar 2 gram kalsium.

Kebutuhan hewan unggas terhadap kalsium sangat tinggi, sehingga sangat dibutuhkan asupan kalsium yang berjumlah banyak guna menghasilkan telur hingga unggas dengan kualitas baik, tambah Mita.

Para mahasiswa ini memilih untuk memanfaatkan cangkang keong mas ini sebagai salah satu bahan untuk membuat tepung cangkang keong mas yang digunakan sebagai pakan hewan unggas.

Selain itu pemanfaatan ini juga dapat mengurangi limbah cangkang keong mas di masyarakat. Disisi lain penggunaan cangkang keong mas sebagai salah satu bahan dasar tepung mas menjadikan pengurangan hama keong mas yang kian hari kian meningkat serta dapat juga menekan biaya pakan yang kian hari juga makin meningkat.

Berdasarkan berbagai macam Study di laporkan bahwa kandungan gizi yang terdapat pada keong mas cukup tinggi, sehingga tepung dari bahan cangkang keong mas bisa memiliki kandungan protein sekitar 2,94 %, kalsium sekitar 29,365 %, lemak kasar sekitar 0,12 % dan phospos sekitar 0,19 %. Sedangkan bahan yang berasal dari daging keong mas mengandung  sekitar 15.15 %, kalsium sekitar 29,33 %, lemak kasar 0,79% dan phospor sekitar 0,13 %.

Tepung dari cangkang keong mas dapat dibuat sendiri tanpa harus membelinya, sehingga lebih memudahkan para peternak.

Caranya cukup sederhana yaitu dengan cara mengumpulkan keong mas – keong mas dari sawah misalnya, bersihkan hingga bersih dengan memisahkan kotoran – kotoran yang menempel pada keong, baru kemudian di rebus sekitar 15 – 20 menit.

Setelah itu para keong di tumbuk hingga cangkang keong mas pecah, baru kemudian di jemur hingga kering dan dilakukan penggilingan atau penumbukan hingga benar – benar halus.

Tepung cangkang keong mas siap digunakan, namun jika anda membuat dalam porsi yang lebih pastikan anda menyimpannya pada tempat yang tidak lembab, karena bisa jadi akan menyebabkan tepung keong mas anda menggumpal sehingga cepat berjamur.

Untuk penggunaannya sendiri sebagai pakan ternak bisa dicampur dengan beberapa pakan unggas seperti biasa, dan pastikan porsi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan unggas.

Baca Juga : Cara Membuat Tepung Keong Mas Untuk pakan ternak

Loading...
Kandungan dan Manfaat Tepung Cangkang Keong Mas | ilmuhewan | 4.5