Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Kandungan dan manfaat ikan nila untuk kesehatan

By On Friday, August 4th, 2017 Categories : Perikanan

Kandungan dan manfaat ikan nila – Ikan nila adalah salah satu jenis ikan air tawar yang biasanya hidup di perairan yang menggenang seperti kolam, telaga hingga rawa.

Ikan yang sering ditemui di pasar – pasar hingga warung dan rumah makan ini ternyata mengandung banyak gizi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bagi siapa saja yang mengonsumsinya.

Namun, sayangnya banyak masyarakat yang kurang mengetahui apa kandungan dan manfaatnya.

Berikut ini adalah kandungan dari ikan nila :

  1. Omega 3 adalah salah satu kandungan yang ada pada ikan nila. Walaupun kandungan yang dimilikinya tidak setinggi ikan lainnya yang hidup di laut, tapi setidaknya kandungan yang ada dapat memenuhi kebutuhan tubuh.
  2. Protein adalah kandungan dari ikan nila selanjutnya yang setara dengan kandungan protein pada ikan laut lainnya dan daging sapi.
  3. Mineral yang terdiri dari Kalium dan Fosfor.
  4. Vitamin B kompleks yang terdiri dari vitamin B3, Vitamin B5 dan vitamin B12.
  5. Antioksidan, namun jumlahnya tidak sebanyak pada sayur dan buah – buahan.

Berikut ini beberapa manfaat dari ikan nila :

  1. Kesehatan otak

Salah satu manfaat dari ikan nila adalah untuk kesehatan otak.

Hal Ini berkaitan dengan kandungan yang dimiliki ikan nila berupa omega 3 dan kalium. Kalium pada ikan nila akan meningkatkan oksigen pada otak dan dapat menyeimbangkan cairan pada tubuh.

  1. Berat badan

Bagi anda yang sedang menjalani diet atau menjaga berat badan agar stabil rasanya tidak masalah memasukkan ikan nila sebagai salah satu menu andalan, apalagi ikan nila ini memiliki kandungan nutrisi yang baik.

Dia mengandung protein cukup tinggi namun kandungan kalori dan lemak rendah,  sehingga sangat cocok untuk anda yang sedang mengurangi asupan tapi masih mengandung banyak nutrisi.

  1. Kesehatan jantung

Salah satu kandungan pada ikan nila adalah omega 3 yang menurut penelitian dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke.

  1. Kesehatan tulang

Kesehatan tulang bagi manusia memang diperlukan, apalagi ketika usia mereka semakin menua, maka secara otomatis kekuatan tulang mereka akan menurun dan bisa jadi akan terserang osteoporosis.

Ikan nila juga mengandung fosfor yang mana salah satu mineral terpenting dalam pembentukan, perkembangan dan pertumbuhan  tulang.

Disisi lain, mineral yang ada pada ikan nila ini juga bermanfaat pada pemeliharaan gigi dan kuku anda.

  1. Penuaan dini

Salah satu kandungan dari ikan nila adalah antioksidan yang mana dapat meremajakan kulit,sehingga dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada anda.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan ini maka dapat memperbaiki kulit anda akibat radikal bebas sehingga dapat meningkatkan kesehatan pada kulit anda.

  1. Pertumbuhan dan pengembangan

Ikan nila mengandung protein cukup tinggi, yang mana protein – protein tersebut dapat mampu membantu dalam proses pertumbuhan dan juga perkembangan pada organ, otot serta membran sel.

Jika anda memberikan makanan yang mengandung protein tinggi ini kepada anak seperti ikan nila, maka perkembangan dari si anak akan optimal.

  1. Kekebalan tubuh dan fungsi tiroid

Ikan nila juga mengandung selenium yang memiliki manfaat untuk kekebalan tubuh bagi si pemakan.

Selenium tersebut dapat membantu meningkatkan aktivitas pada sel darah putih yang dapat melindungi tubuh dari benda asing hingga keracunan. Selenium tersebut juga berperan dalam mengontrol fungsi hormonal pada kelenjar tiroid.

Loading...
Kandungan dan manfaat ikan nila untuk kesehatan | ilmuhewan | 4.5