Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Kandungan dan Manfaat Ikan Kakap

By On Monday, July 17th, 2017 Categories : Manfaat dan Khasiat

Kandungan dan Manfaat Ikan Kakap – Ikan merupakan salah satu jenis hewan laut yang tinggi akan nilai gizi, dikarenakan mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Protein tinggi yang dimiliki oleh ikan kakap ini ternyata sangat baik untuk kesehatan, jika kalian mengonsumsi secara rutin dan untuk beberapa jenis ikan memiliki kandungan omega 3 tinggi yang baik bagi kecerdasan dan perkembangan otak.

Maka dari itu, dianjurkan untuk mengonsumsi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Pada kali ini, akan dibahas mengenai salah satu jenis ikan air laut. Kali ini, akan dibahas mengenai ikan kakap. Nah, ikan kakap sendiri ini mempunyai beberapa jenis diantaranya, ikan kakap putih dan ikan kakap merah.

Baca Juga :

Cara Mudah Pemijahan Ikan Kakap Putih

Jenis-Jenis Ikan Kakap yang Bisa Dibudidayakan

Ciri dan Karakteristik Ikan Kakap Putih

Cara Budidaya Ikan kakap Mata Kucing Untuk Pemula

Ciri dan karakteristik Ikan Kakap Mata Kucing

Ikan kakap ini ternyata digemari karena ikan yang satu ini mempunyai tekstur daging yang lembut serta memiliki rasa yang enak dan gurih.

Jenis ikan yang satu ini mempunyai harga yang terbilang cukup mahal. Ikan kakap ini juga dipercaya mempunyai kandungan gizi yang sangat tinggi.

Ikan kakap sendiri merupakan salah satu jenis ikan laut dasaran yang hidup secara berkelompok di dasar-dasar karang atau terumbu karang.

Ikan kakap ini mempunyai ciri tubuh yang bulat pipih, diikuti dengan sirip memanjang sepanjang punggungnya.

Kandungan Gizi / Nutrisi Ikan Kakap (Per 100 gr)

  • Nama Bahan Makanan : Ikan Kakap
  • Jumlah Kandungan Energi : 92 kkal
  • Jumlah Kandungan Lemak : 0,7 gram
  • Jumlah Kandungan Protein : 20 gram
  • Jumlah Kandungan Kalsium : 20 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor :  200 mg
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat : 0 gr
  • Jumlah Kandungan Zat Besi : 1 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 : 0,05 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A : 30 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin C : 0 mg

 

Manfaat Ikan Kakap Terhadap Kesehatan

  1. Selenium

Menurut penelitian, seekor ikan kakap yang memiliki berat kurang lebih 100 gram ternyata mengandung kurang lebih 70% jumlah selenium yang dianjurkan.

Selenium yang terdapat pada ikan kakap ini adalah sebuah antioksidan yang dapat mencegah senyawa radikal bebas penyebab kerusakan DNA yang dapat menyebabkan penyakit kanker, penyakit jantung, rheumatoid arthritis.

  1. Vitamin A

Ikan kakap yang dimasak sebanyak 3 ons dapat menghasilkan 14% vitamin A dari kebutuhan yang direkomendasikan untuk wanita dewasa, serta 10,8% bagi pria.

Vitamin A yang terdapat dalam ikan kakap ini sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh, juga untuk produksi dan pemeliharaan tulang serta kesehatan kulit dan mata. Selain itu, vitamin A juga berperan dalam sel reproduksi.

  1. Kalium

Ikan kakap sendiri mengandung 444 mg atau setara dengan 9,4% dari kebutuhan harian akan kalium dengan porsi kurang lebih 3 ons daging ikan kakap yang dimasak.

Kalium adalah suatu zat yang dapat berguna sebagai mineral dan elektrolit. Hal tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk memicu enzim yang dibutuhkan dalam proses metabolisme energi serta untuk kesehatan jantung dan rangka otot agar dapat berkontraksi dengan baik.

  1. Omega-3 Asam Lemak

Ikan kakap ini ternyata mengandung 0.31 gram omega-3 asam lemak pada setiap porsi 100 gramnya. Konsentrasi asam lemak omega-3 ini hampir sama dengan jumlah yang disediakan dengan porsi 3 ons kepiting, lele, udang atau kerang.

The American Heart Association (AHA) menyatakan bahwa mengonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 secara teratur ternyata mampu mengurangi risiko penyakit aterosklerosis (penyumbatan pada pembuluh darah), jantung dan kolesterol yang tinggi.

Loading...
Kandungan dan Manfaat Ikan Kakap | ilmuhewan | 4.5