Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Kandungan dan manfaat ikan gabus untuk kesehatan

By On Monday, October 16th, 2017 Categories : Manfaat dan Khasiat

Kandungan dan manfaat ikan gabus untuk kesehatan – Ikan gabus atau masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan ikan kutuk adalah salah satu ikan air tawar yang mengandung protein sangat tinggi jika dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya.

sehingga ikan yang kebanyakan tinggal di perairan Indonesia ini banyak peminatnya, apalagi ikan gabus ini mengandung banyak manfaat bagi mereka yang mengonsumsinya.

Baca Juga : Uniknya Ikan Gabus, Ikan Predator di Air Tawar

Namun sebelum kita bahas beberapa manfaat dari ikan gabus, kita bahas terlebih dahulu kandungan yang ada pada 100 gram ikan gabus :

  • Protein sekitar 25,2 gram
  • Kalori sekitar 69 kalori
  • Kalsium sekitar 63 miligram
  • Lemak sekitar 1,7 gram
  • Besi sekitar 0,9 gram
  • Phospor sekitar 76 miligram
  • Air sekitar 69 gram
  • Vitamin A sekitar 150 gram
  • Vitamin B sekitar 0,04 miligram

Berikut ini manfaat dari ikan gabus :

  1. Dapat membantu membentuk otot dan pertumbuhan otot

Salah satu hal yang dimiliki oleh ikan gabus adalah kandungan protein yang lebih tinggi jika dibandingkan oleh ikan lainnya seperti ikan lele dan ikan nila.

Dari sebuah ikan gabus yang memiliki berat sekitar 100 gram dapat diperoleh protein dengan total 25,2 gram. Jumlah ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging sapi yang hanya mengandung protein sekitar 18,8 gram, ayam yang hanya mengandung sekitar 18,2 gram protein dan telur hanya mengandung sekitar 12,8 gram protein.

Jika di total jumlah protein pada ikan gabus nilainya hampir sama dengan ikan bandeng.

Jumlah protein yang tinggi ini dapat menguntungkan bagi siapa saja yang mengonsumsinya karena dapat membantu proses pembentukan otot pada tubuh seseorang.

  1. Dapat menyembuhkan luka secara cepat

Salah satu kandungan dari ikan gabus adalah albumin yang mana kadarnya sangat tinggi, sehingga sangat membantu seseorang pada masa penyembuhan luka. Apalagi albumin adalah salah satu komposisi yang dibutuhkan dalam proses penyembuhan luka.

  1. Memberikan tambahan energi

Salah satu kandung dari ikan gabus adalah kalori yang mana dapat dimanfaatkan oleh tubuh untuk meningkatkan atau menambah pasokan energi.

  1. Dapat menjaga keseimbangan cairan pada tubuh

Salah satu manfaat yang diberikan oleh ikan gabus adalah dapat membantu keseimbangan cairan dalam tubuh seseorang dengan menggunakan zat albumin.

  1. Menjaga kesehatan pada pencernaan

Ikan gabus mengandung jumlah kolagen sekitar 3 – 5 % dari total kandungan protein kandungan yang dimilikinya. Sehingga struktur pada daging gabus lebih empuk bahkan lebih empuk lagi jika dibandingkan dengan daging hewan ternak darat lainnya.

  1. Dapat membantu mengatasi pembekakan pada tubuh seseorang

Mengonsumsi ikan gabus teranyta dapat mengatasi pembengkakan yang ada pada tubuh seseorang, hal ini terjadi karena karena kandungan albumin pada ikan gabus yang cukup tinggi.

  1. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu manfaat dari ikan gabus adalah untuk menjaga daya tahan tubuh, apalagi ketika perubahan cuaca terjadi.

  1. Dapat memperbaiki gizi buruk

Ketika seseorang mengonsumsi ikan gabus maka mereka secara otomatis mereka telah mengonsumsi berbagai macam gizi yang ada pada ikan gabus.

Sehingga ikan gabus ini sangat cocok untuk ibu yang sedang hamil sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi dari seorang ibu hamil dan memperbaiki gizinya.

  1. Dapat menjaga kesehatan mata

Salah satu kandungan dari ikan gabus adalah vitamin A yang mana memiliki manfaat untuk kesehatan mata.

Baca Juga : Jenis-jenis ikan gabus air tawar

Loading...
Kandungan dan manfaat ikan gabus untuk kesehatan | ilmuhewan | 4.5