Kandungan dan Manfaat daging Jangkrik Untuk Kesehatan

By On Tuesday, August 15th, 2017 Categories : Manfaat dan Khasiat

Kandungan dan Manfaat daging Jangkrik Untuk Kesehatan – Sering kali bukan melihat atau mendengar suara jangkrik baik di halaman rumah atau di sawah – sawah.

Selain dapat mengusir hama tikus dan menjadi pakan beberapa hewan ternak lainnya ternyata si jangkrik ini memiliki banyak kandungan gizinya , sehingga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan.

Daging jangkrik mengandung banyak manfaat, seperti hormon progesteron berjumlah 105,49 ppm, hormon testosteron berjumlah 31,78 ppm, hormon estrogen berjumlah 259,535 ppm yang dapat di jadikan sebagai sumber energi dengan jumlah yang dihasilkan sebesar 4,87 kalori per gram.

Selain itu mereka juga mengandung gluatation (GSH) yang bermanfaat untuk antioksidan, DHA 9 asam amino bermanfaat untuk pembentukan sel, Omega 3, Omega 6, DHA dan ARA yang bermanfaat untuk pertumbuhan kecerdasan pada anak – anak.

Baca Juga : Cara Penyimpanan Jangkrik Untuk Pakan Burung

Ketika si daging sudah di olah menjadi tepung, kandungan tepung yang dimiliki tetap tinggi yaitu sebesar 57,32 %.

Berikut ini beberapa manfaat jangkrik untuk kesehatan :

  1. Menyehatkan tubuh

Terkadang klinik ramuan herbal yang biasa menggunakan bahan herbal atau alami untuk membuat ramuan, ternyata mereka juga menggunakan tepung dari jangkrik yang dipercaya mampu meningkatkan stamina pada tubuh yang loyo.

  1. Regenerasi sel otot

Kebiasaan jangkrik adalah mencari makan di malam hari sehingga mereka di sebut hewan nopturna.

Jangkrik memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging merah menjadikannya sangat baik dikonsumsi ketika masa pertumbuhan otot sehingga dapat memperbaiki otot yang rusak atau meregenerasi sel otot.

  1. Pencegah penyempitan pembuluh darah

Karena kandungan asam amino pada jangkrik menjadikannya dapat membantu mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah bahkan dapat menghindari terjadinya penyakit berbahaya misalnya jantung dan stok.

  1. Meningkatkan vitalitas

Dipercaya juga bahwa daging angkring memiliki kandungan untuk meningkatkan vitalitas dan juga mencegah atau menunda terjadinya menopouse.

  1. Pertumbuhan dan perkembangan anak

Salah satu kandungan yang ada pada jangkrik yaitu protein yang cukup tinggi ini sangat baik di berikan kepada anak yang sedang pada tahap pertumbuhan.

Selain dapat meningkatkan sel pada otot anak, daging jangkrik ini dapat meningkatkan kecerdasan juga pada mereka.

  1. Mencegah penuaan dini

Bagi anda yang ingin mencegah penuaan dini dapat juga memakan daging jangkrik, apalagi daging jangkrik ini mengandung protein collagen yang dapat menjaga kesehatan kulit dan organ pada mata.

Di sisi lain daging jangkrik ini juga dapat membantu mencegah terjadinya katarak pada seseorang.

Berikut ini beberapa olahan jangkrik yang dapat di coba :

  1. Rempeyek jangkrik

Sering makan rempeyek kacang atau ebi?

Rasanya sudah biasa bukan? Bagaimana dengan rempeyek jangkrik?

Rasanya patut di coba. Anda dapat membuatnya sendiri dengan bahan seperti pembuatan rempeyek pada umumnya, hanya saja kacang atau ebi tersebut diganti dengan jangkrik yang sudah kering.

  1. Nasi goreng jangkrik

Jika anda belum pernah memakan nasi goreng jangkrik rasanya perlu di coba, selain daging jangkrik yang memiliki banyak kandungan manfaat, ternyata rasa yang dihasilkan juga lebih gurih dan nikmat. Bahkan menu nasi goreng jangkrik ini sudah ada di beberapa restoran.

  1. Cheese stik cheekrik

Sudah pernah mencoba stik keju yang berasal dari daging jangkrik? Jika belum, rasanya patut dicoba.

Anda dapat  membuatnya dari daging jangkrik yang masih berumur 20 hari, hal ini bertujuan untuk menghindari sayap jangkrik ikut terolah, apalagi sayap jangkrik tidak mudah di cerna oleh tubuh.

Pertama, siram jangkrik dengan air panas guna mengeluarkan kotorannya. Setelah itu rebus selama 15 menit dan cuci berulang kali untuk membersihkan lendir yang berwarna hijau.

Haluskan jangkrik yang sudah bersih, campurkan pada adonan cheese stik (telur, mentega dan tepung) kemudian aduk hingga rata, cetak dan goreng.

Baca Juga : Cara Merawat Jangkrik Agar Menang Saat Bertanding

Loading...
Loading...
Kandungan dan Manfaat daging Jangkrik Untuk Kesehatan | ilmuhewan | 4.5