Kandang sederhana untuk ternak burung lovebird

By On Saturday, October 29th, 2016 Categories : Burung

Kandang sederhana untuk ternak burung lovebird – Mempunyai binatang peliharaan bisa dibilang hoby dan bisa menghasilkan kesenangan tersendiri, terlebih untuk para penggemar dari burung kicau.

Selain harus mempunyai burung peliharaan berkualitas, tentunya si burung harus juga dilengkapi dengan sangkar yang berkualitas bagus pula.

Sangkar yang secara umum dipakai untuk merawat burung lovebird bisa semisal sangkar single bulat dan juga sangkar umbaran kotak kecil atau yang berukuran agak besar.

kandang-burungs

Baca Juga : Cara Penanganan Burung Lovebird yang Mengalami Over Birahi

Kesemua kandang tersebut dapat diporoleh dengen cara membeli. Walau begitu, sebenarnya untuk membuat kandang secara mandiri juga bisa kok. Syaratnya cukup meluangkan waktu untuk belajar dan juga berusaha.

Dalam pemakaian kurungan untuk burung lovebird haruslah sebisa mungkin dihindari dengan mengkandangkannya pada sangkar yang berbahan dari jeruji bambu.

Ini dilakukan untuk dapat menghindari potensi kaburnya burung lovebird peliharaan kita. Karena, lovebird pada dasarnya adalah tipikal burung pengerat yang memiliki paruh bengkok yang berukuran kecil. Burung ini memiliki prilaku karakter sering mengerat hal apa saja yang ada disekitarnya.

Terlebih, bahan semisal kayu atau batang bambu. Untuk itu, anda sangat disarankan untuk memakai kandang lovebird yang berbahan jeruji besi.

Baiklah, mungkin anda bisa simak petunjuk tentang Kandang Lovebird yang tepat untuk Ternak, umbaran, dan juga Lomba.

Kandang Lovebird Untuk tujuan Ternak dan juga Umbaran (Sangkar Bulat)

Untuk jenis kandang ini dapat kita peroleh dengan mudah dipasar burung, ataupun toko pakan ternak sekitar rumah kita.

Dengan diameter kandang 33cm, dan tinggi kandang sekitar 75cm dapat dipakai untuk umbaran 1 ekor lovebird untuk kemudian diumbarkan atau dilangsungkan perjodohan dengan jumlah maksimal 3 ekor burung lovebird didalamnya.

Sangkar jenis satu ini juga banyak digunakan oleh para breeder untuk melakukan proses ternak. Dimana, untuk memengaruhi lovebird jantan dan betina agar menjadi pasangan dan menuju perkawinan sampai pada lahirnya generasi lovebird baru.

Khusus untuk berternak burung lovebird, dibutuhkan keahlian yang khusus dalam prosesnya. Dengan dimulai dari tahap memilih burung jantan atau betina yang berlanjut dengan mensortir indukan yang bagus agar dapat melahirkan generasi berkualitas.

Selain hal tadi tentunya juga dibutuhkan adanya kandang untuk dijadikan tempat bertelur sekaligus tempat mengerami telur hingga menetas.

Kandang yang dirasa nyaman sangatlah penting sekali dalam tahapan masa perjodohan burung hingga ke masa pengeraman.

Semuanya haruslah dicocokkan dengan keinginan dari burung lovebird sendiri. Karena kandangan burung yang kondusif dan juga nyaman, tentunya akan memiliki dampak yang bagus untuk tingkat produktivitas burung lovebird.

Pembuatan kandang burung lovebird tersebut tidaklah selalu mesti mengeluarkan budget yang berjumlah besar. Apalagi waktu yang terlalu lama dalam tahap proses pembuatannya.

Jika anda ingin membuat kandang burung lovebird untuk tujuan ternakan, bahan yang harus Anda siapkan seperti berikut ini :

  • Beberapa Kelobot jagung atau sobekan kertas atau pasrahan kayu ataupun serutan kayu.
  • Beberapa buah Toilet roll
  • Beberapa batang bambu strip layak pakai.
  • Papan kayu seperti triplek ataupun multiplek

Adapun untuk cara pembuatan kandang burung lovebird adalah seperti berikut ini :

  1. Mendesain ukuran dengan cara memotong kayu dan juga triplek sesuai ukuran yang anda butuhkan.
  2. Letakkanlah beberapa gulungan toilet (toilet roll) dalam sangkar yang anda buat.
  3. Masukan bahan-bahan yang telah anda pilih tadi (seperti sobekan kertas dll)
  4. Masukan bahan alami didasar sangkar seperti potongan bambu lalu biarkan si burungnya sendiri yang nanti meneruskan
  5. Kandangan sudah siap untuk ditempati lovebird

Mungkin itu saja yang dapat kami sampaikan tentang ambaran kandang sederhana tuk ternak burung lovebird. Semoga berguna untuk anda, see you next post!

Baca Juga : Cara mengatasi dan mengobati burung lovebird terkena penyakit mata (Snot)

Kandang sederhana untuk ternak burung lovebird | ilmuhewan | 4.5