Jenis Umpan Mancing Iklan Patin Paling Galak

By On Monday, April 17th, 2017 Categories : Perikanan

Jenis Umpan Mancing Iklan Patin Paling Galak – Memancing adalah salah satu hobi yang menyenangkan, terutama memancing di sungai dan berhadapan dengan ikan – ikan liar dan galak, salah satunya adalah ikan patin.

Ikan patin adalah salah satu jenis hewan omnivora yang berarti memakan segala, itu berarti memudahkan anda untuk menentukan umpannya.

Anda dapat menggunakan umpan yang bersumber dari alam , kimia atau meraciknya sendiri.

Jenis umpan ikan patin :

1). Umpan dari alam ini diperoleh dari makhluk hidup lainnya seperti hewan. Berikut beberapa hewan yang dapat di jadikan umpan :

Cacing

Sering kali cacing menjadi umpan ketika memancing, hal ini berlaku juga untuk ikan patin yang dikenal galak karena tempat tinggalnya di alam liar.

Udang

Udang menjadi pilihan pakan untuk para ikan, salah satunya ikan patin ini.

Katak kecil

Pakan selanjutnya adalah katak kecil, apalagi katak yang kondisinya masih hidup, para patin akan menyukai mereka.

Ikan kecil

Ikan kecil itu banyak jenisnya, bahkan mereka bisa dijadikan sebagai umpan ikan patin.

2). Umpan kimia di sini maksudnya adalah, umpan yang di buat oleh perusahaan pakan ternak seperti pelet.

3). Umpan racikan memiliki arti pakan yang digunakan adalah racikan dari berapa bahan baik bersumber dari alam maupun kimia. Anda dapat membuat sendiri umpan racikan tersebut, diantaranya :

Roti tawar

Biasanya roti tawar di  jadikan sarapan di pagi hari bersama dengan segelas susu, namun kali ini roti tawar ini akan menjadi makanan para ikan patin.

Roti ini sangat cocok sebagai umpan ikan patin yang galak dengan mencampurnya dengan telur bebek, pelet dan air panas secukupnya serta terasi. Anda bisa mencampur semua bahan tersebut dan mengaduknya secara rata, tiriskan dan umpan siap di gunakan.

Anda juga bisa mencampur roti tawar dengan santan siap pakai dan vanili dengan cara membelnder roti tawar yang telah dibersihkan kulitnya dengan santan dan vanili, uleni hingga kalis.

Terasi udang

Sering kali terasi dimanfaatkan sebagi bahan masakan seperti sambal terasi, tapi kali ini terasi – terasi tersebut dijadikan sebagai bahan dasar umpan ikan patin.

Bahkan banyak yang mengatakan bahwa terasi udang ini sangat manjur untuk memperoleh ikan patin. Terasi ini dapat dicampur dengan pelet, roti berasa keju, mau, kuning telur yang sudah di rebus dan air secukupnya.

Anda dapat mencampurnya sampai rata dan membentuknya menjadi bulatan.

Tepung udang

Bahan yang berbau udang selanjutnya adalah tepung udang yang di campur dengan pelet, dan kuning telur rebus serta air secukupnya. Aduk hingga menjadi kenyal bukan lembek. Bar setelah itu buat adonan yang dibulatkan  dan siap untuk umpan pancing.

Telur bebek

Anda dapat menggunakan telur bebek sebagai umpan dan di campur dengan tepung aji, susu bubuk, kroto, buah kinoy dan air secukupnya. Campur semuanya hingga rata, diamkan selama ½ jam kemudian kukus.

Sebelum anda melakukan memancing ikan patin, sebaiknya anda mengenal lebih dahulu mereka, agar ikan – ikan patin yang galak ini dapat di tangkap dengan mudah.

Misalnya, ikan patin ini lebih sering beraktifitas di malam hari untuk mencari mangsa, maka sebaiknya anda memancing di waktu malam hari ketika para ikan patin keluar dari sarangnya, jangan memilih waktu siang hari yang mana ikan patin sedang istirahat. Jika cara ini tidak di siasati, maka kemungkinan memancing ikan patin dengan hasil yang banyak kecil.

Baca Juga : Jenis-jenis Umpan Dalam Memancing

Loading...
Loading...
Jenis Umpan Mancing Iklan Patin Paling Galak | ilmuhewan | 4.5