Jenis Sel yang Terdapat pada Hewan

By On Wednesday, July 4th, 2018 Categories : Info Lainnya

Jenis Sel yang Terdapat pada Hewan – Sel Hewan atau Sel Eukariotik adalah organel atau bagian yang menyusun jaringan pada hewan dan dengan fungsi dan peran yang dimilikinya, membuat sel-sel pada hewan dapat berfungsi dengan baik.

Sel hewan ini tidak memiliki dinding sel yang keras, sehingga bentuknya juga bervariasi.

Di bawah ini akan disampaikan tentang macam-macam sel hewan dan fungsi yang dimilikinya.

  1. Membrane Sel

Membran Sel adalah pembungkus sel yang tersusun atas Lemak (lipid) dan Protein (lipoprotein). Membrane sel berfungsi untuk melindungi sel, mengontrol keluar masuknya zat, dan penerima rangsangan dari luar.

Baca Juga : Ciri dan Karakteristik Domba Dorper (Afrika Selatan)

  1. Sitoplasma

Sitoplasma adalah cairan sel dengan segala sesuatu yang larut di dalamnya. Sitoplasma terdiri dari protein material dan air serta memiliki sifat koloid kompleks (tidak cair dan tidak padat, dapat berubah tergantung konsentrasi air), yang dapat berupa gel (padat lembek) dan sol (encer).

Sitoplasma memiliki fungsi sebagai tempat berlangsungnya metabolism sel dan menjadi sumber bahan kimia sel.

  1. Retikulum Endoplasma

Retikulum Endoplasma adalah bagian Sel yang berbentuk benang-benang yang tyerdapat pada inti sel.

Retikulum Endoplasma terbagi menjadi Reticulum Endoplasma Halus (REh) yang tidak melekat dengan ribosom dan Retikulum Endoplasma Kasar (REk) yang melekat pada ribosom.

Retikulum Endoplasma juga memiliki Fungsi sebagai alat transportasi dalam sel sendiri, REh dapat mensintesis lipid dalam sel dan membantu detoksifikasi sel-sel berbahaya, serta REk mensintesisi protein.

  1. Mitokondria

Mitokondria adalah mesin yang menghasilkan energi yang sangat dibutuhkan oleh sel-sel lain untuk metabolism dan aktivitas seluler dalam organel.

Mitokondria tersusun dari mitokondrion (organel yang mengubah energy kimia menjadi energy lain). Mitokondria memiliki fungsi untuk menghasilkan energy dalam bentuk ATP dan respirasi seluler.

  1. Mikrofilamen

Mikrofilamen adalah organel sel yang terbentuk dari protein aktin dan miosin. Mikrofilamen ini memiliki fungsi dalam pergerakan sel, endositosis, dan eksositosis.

  1. Lisosom

Lisosom adalah organel yang berwujud seperti kantong terikat di membrane yang terdapat pada sel eukariotik dan organel tersebut berisi enzim yang berguna untuk mengontrol pencernaan intraseluler dalam keadaan bagaimanapun.

Lisosom memiliki beberapa fungsi, yaitu pemasukan makromolekul dengan mekanisme endisitosis, menghancurkan organel sel yang rusak, mengontrol pencernaan intraseluler, dan mencerna materi dengan fagositosis.

  1. Badan Mikro (Peroksisom)

Badan Mikro adalah kantong kecil yang isinya berupa enzim katalase yang berfungsi untuk menguraikan peroksida (sisa metabolism bersifat toksik menjadi air dan oksigen yang membahayakan sel).

Badan Mikro ini banyak ditemukan pada sel hati dan ginjal. Badan Mikro atau Peroksisom ini selain berfungsi untuk menguraikan peroksida juga dapat merubah lemak menjadi karbohidrat.

  1. Ribosom

Ribosom adalah organel sel yang padat dan kecil yang bekerja membentuk rantai polipeptida dengan cara menguraikan mRNA. Di dalam Ribosom ini juga berlangsung sintesis protein.

  1. Sentriol

Sentriol adalah bagian sel eukariota yang berbentuk tabung dan memiliki fungsi dalam proses pembelahan sel dan pembentukan silia dan flagella.

  1. Mikrotubulus

Mikrotubulus adalah organel sel yang terdapat pada sel eukariot dan berbentuk silinder panjang. Mikrotubulus terdiri atas tubulin yang sangat banyak.

Mikrotubulus memiliki funsi untuk melindungi sel; membentuk flagella, silia, dan sentriol; serta memberi bentuk pada sel.

  1. Badan Golgi

Badan Golgi adalah organel sel yang berkaitan dengan fungsi ekskresi sel, membentuk protein, membentuk membrane plasma, dan membentuk lisosom.

  1. Nukleus

Nukleus adalah inti sel yang bertugas untuk mengatur dan mengendalikan aktivitas sel. Nucleus ini memiliki tugas untuk menjaga integritas gen, tempat terjadinya replikasi, dan menyimpan informasi genetic.

  1. Nukleolus

Nucleolus adalah begian dari nucleus yang berperan dalam pembentukan protein menggunakan RNA (asam ribonukleat).

  1. Nukleoplasma

Nukleoplasma adalah cairan padat yang berada di dalam inti sel dan mengandung serat kromatin. Nukleoplasma berfungsi untuk membentuk kromosom dan gen.

  1. Membran Inti

Membrane inti adalah pembungkus seluruh organel dan memisahkan antara sitoplasma dengan daerah inti. Mambran inti memiliki fungsi sebagai pelindung nucleus (inti sel) dan tempat terjadinya pertukaran zat antara materi inti dengan sitoplasma.

Demikianlah Jenis Sel yang Terdapat pada Hewan, semoga artikel ini menambah pengetahuan para pembaca.

Baca Juga : Pengertian Dan Fungsi Protease Dan Hemiselulosa Pada Ternak

Loading...
Loading...
Jenis Sel yang Terdapat pada Hewan | ilmuhewan | 4.5