Jenis rumput pakan ternak sapi

By On Friday, December 23rd, 2016 Categories : Uncategorized

Jenis rumput pakan ternak sapi – Sebagai hewan herbivore, sapi tentunya memiliki pakanan pokok pemasok nutrisinya, yaitu rumput. Namun, tidak semua jenis rumput baik untuk pakan sapi.

Ciri-ciri rumput yang digunakan sebagai pakan ternak antara lain: berwarna hijau, merunduk, melengkung, dan halus; batangnya lebih gemuk dan jika ditekan dapat mengeluarkan cairan; mempunyai palatabilitas yang baik; dan dipanen diumur yang tidak terlalu tua atau belum berbunga.

Berikut ini jenis rumput yang baik untuk pakan ternak sapi anda.

  1. Rumput raja (Pennisetum purpupoides)

Rumput raja memiliki ciri-ciri daun berwarna hijau tua dengan permukaan dalam daun yang kasar, tulang daunnya lebih putih.

Baca Juga : Jenis rumput pakan ternak kambing

Sebagai salah satu pakan sapi, rumput ini dapat dikembangbiakan dengan cara stek batang atau sobekan rumpun (pols).

  1. Rumput gajah(Pennisetum purpureum)

Rumput gajah memiliki ciri mampu tumbuh tinggi dan tegak serta memiliki perakaran yang dalam dan menyebar. Rumput jenis ini toleran terhadap berbagai jenis tanah dan tahan pada lingkungan sedang dengan curah hujan yang cukup.

  1. Rumput setaria (Setaria spachelata)

Rumput setaria memiliki ciri tumbuh tegak, lebat, kuat, dan tingginya bisa mencapai 2m. Karakteristik daunnya memiliki permukaan yang halus, lebar, dan berwarna hijau gelap. Pangkal batangnya pipih dan tersusun seperti kipas. Rumput ini tumbuh di daerah tropis yang lembab.

  1. Rumput Benggala (Panicum maximum)

Rumput benggala memiliki ciri tumbuh tegak berumpun hingga mencapai 1.8m, daun halus, buku dan lidah daun berbuku, dan berwarna hijau atau kekuningan.

Rumput ini tumbuh baik pada daerah dataran rendah dengan curah hujan yang cukup. Walaupun begitu, rumput ini tahan kering namun tidak tahan genangan.

  1. Rumput Brachiaria (Bhachria Brizantha)

Rumput ini termasuk rumput yang berumur panjang dengan tinggi bisa mencapai 150cm. Cirinya adalah batang dan daunnya kaku juga kasar. Rumput ini juga dapat hidup pada dataran rendah hingga tinggi.

  1. Rumput Signal (Brachiaria decumbens)

Rumput signal termasuk rumput gembala yang tumbuh menjalar membentuk hamparan lebat yang tingginya sekitar 30-45cm.

Cirinya rumput ini memiliki daun yang kaku dan pendek, ujungnya runcing, dan mudah berbunga. Rumput jenis ini merupakan rumput gembala terbaik di Kongo.

Loading...
Loading...
Jenis rumput pakan ternak sapi | ilmuhewan | 4.5