Jenis rumput pakan ternak kambing

By On Friday, December 16th, 2016 Categories : Pakan Hewan

Jenis rumput pakan ternak kambing – Rumput merupakan pakanan pokok bagi hewan ternak, salah satunya adalah kambing. Untuk menciptakan jenis kambing yang unggul, maka diperlukan rumput pakan yang baik.

Berikut ini jenis rumput pakan ternak yang baik bagi kambing.

Daun singkong (Manihot esculenta crantz)

Menurut penelitian, daun singkong memiliki kandungan protein yang tinggi dan baik bagi kambing. Selain sebagai sumber protein, daun singkong juga berfungsi sebagai anti cacing dan tannin yang dikandungnya dapat meningkatkan daya tahan saluran pencernaan kambing terhadap mikroorganisme yang jahat.

Baca Juga : Cara meningkatkan stamina ternak kambing

Walaupun begitu, banyak peternak yang kadang ragu untuk memberikan daun singkong untuk pakan ternaknya karena kandungan sianida yang ada di dalam daun singkong.

Oleh karena itu, sebelum dijadikan pakan,  daun singkong dijemur atau dilayukan satu malam terlebih dahulu.

Daun turi (Sesbania grandiflora)

daun turi sangat bermanfaat bagi pakan kambing di saat kemarau. Ketika rerumputan lain sulit didapat, daun turi masih tumbuh dengan subur.

Walaupun begitu, daun turi sebaiknya diberikan pada saat kebutuhan zat makanan, terutama pada akhir kebuntingan dan awal laktasi.

Daun gamal (Gliricidia sepium)

Daun ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk pakan kambing. Untuk mengatasi bau menyengatnya, daun gamal sebaiknya dijemur terlebi dahulu sebelum diberikan pada kambing. Selaain itu, alangkah lebih baik bila diberikan ketika kambing sedang merasa lapar.

Daun kaliandra (Calliandra calothrysus)

Daun ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan cepat tumbuh sehingga menjadi pakan yang baik untuk kambing.

Selaain itu, daun ini juga dipercaya dapat meningkatkan reproduksi ternak, khususnya kambing.  Namun pemberian pakan daun kaliandra harus dicampur dengan daun gamal atau turi karena kandungan tannin nya yang tinggi.

Rumput Taiwan

Rumput Taiwan merupakan rumput dengan produktivitas yang tinggi dengan ukuran yang cukup besar, yaitu di anatara 4 hingga 5 meter, sehingga dapat menjadi pakan yang diberikan dalam keadaan segar. Namun, selain itu juga bisa diolah terlebih dahulu menjadi silase dan hay.

Baca Juga : Cara Membuat pakan konsentrat sendiri sebagai pakan alternative kambing ketika musim kemarau

Loading...
Jenis rumput pakan ternak kambing | ilmuhewan | 4.5