Jenis Pakan Pelengkap Untuk Burung Kicauan

By On Saturday, July 8th, 2017 Categories : Pakan Hewan

Jenis Pakan Pelengkap Untuk Burung Kicauan – Bagi kamu yang seorang pemula dalam merawat burung kicauan diperlukan pakan yang jelas dan tepat.

Tidak hanya itu saja burung pun butuh makanan lain selain makanan utama, agar tubuh semakin sehat dan kicauannya pun juga bisa lebih merdu dan nyaring.

Tapi kamu tidak bisa sembarang memberi pakan pada burung. Ada kriteria tersendiri supaya tidak salah kaprah. Apalagi jika burung jenis yang kamu rawat adalah jenis burung petarung. Porsi dan jenis pakan harus disesuaikan lho.

Baca Juga : Jenis Jenis Cacing Yang Bisa Digunakan Untuk Pakan Burung

Perhatikan Umur Burung

Hal utama yang harus diperhatikan saat pemberian pakan adalah umur burung kicauan tersebut. Antara burung dewasa yang sedang berkembang biak, burung yang sedang dalam masa pertumbuhan, anak burung, pakan untuk memperkuat kicauan atau bahkan memperkuat keindahan warna bulu masing – masing membutuhkan pakan yang berbeda – beda.

Jangan sampai salah dalam memberikan pakan karena akan berdampak buruk pada burung kicauan milik kamu lho.

Syarat Penting

Ada beberapa syarat penting yang harus kamu ketahui sebelum memberikan pakan yang tepat. Diantaranya :

  • Syarat kecukupan

Perhatikan kebutuhan hidup pokok (maintenance) atau untuk produksi (suara, keindahan bulu dan lainnya) serta untuk perkembangbiakan. Berilah setiap hari pakan pada burung kicauan kurang lebih sebanyak 5 % hingga 10 % dari berat badan burung.

  • Syarat kesempurnaan

Jangan lupa untuk membentuk burung yang sehat kamu harus memperkaya zat – zat makanan bagi perkembangan burung. Pakan yang diberi harus mengandung karbohidrat, protein, mineral, vitamin dan lemak.

  • Syarat kebiasaan

Kamu juga perlu mengamati kebiasaan si burung : apakah tergolong pemakan nabati seperti biji –bijian, buah – buahan atau bahkan sayuran atau bisa jadi hewani.

  • Syarat ekonomis

Usahakan agar pakan lebih murah dan tidak bersaing dengan kebutuhan burung maupun kebutuhan si penangkar itu sendiri

  • Syarat ketersediaan

Usia pakan tersebut diharuskan selalu tersedia sepanjang waktu. Jadi jangan sampai memberikan pakan yang takutnya nanti habis di tengah jalan, karena takutnya akan mengganggu metabolisme burung tersebut.

Pakan Pelengkap

Menurut situs agrotani ada beberapa pakan yang bisa diberikan pada burung kicauan. Pakan ini dapat menambah vitamin, dan gizi yang seimbang.

  • Tepung tulang, biasanya diberikan sebagai bahan campuran ketika membuat grit untuk pakan burung merpati, kakatua, pipit, perkutut dan gelatik. Pemberian tepung tulang ini sangat baik untuk merangsang pertumbuhan dan petelur. Selain itu juga mengandung kalsium dan fosfor sangat tinggi.
  • Tepung daging, biasanya diberikan untuk semua jenis burung kicauan. Tepung ini sendiri terbuat dari sisa – sisa daging yang tidak terpakai. Kandungan mineral dari tepung daging ternyata sangat lah tinggi. Tapi sayangnya kadar proteinnya lebih rendah daripada daging segar karena telah mengalami beberapa proses pengolahan.
  • Tepung ikan, untuk memperoleh gizi pada tepung ikan ini sangat bergantung pada jenis ikan dan cara pengolahannya. Mengandung kalsium dan fosfor yang tinggi serta dapat meningkatkan pertumbuhan burung maupun yang sedang bertelur. Tapi sebelum memutuskan membeli tepung ikan ini alangkah baiknya jika kamu perhatikan bahan pakan satu ini, karena biasanya penjual terkadang telah mencampur sisik tulang sirip, dedak dan masih banyak lagi.
  • Grit, butir bebatuan halus yang dibutuhkan oleh burung kicauan yang dapat memperlancar pencernaan kenari adalah pengertian grit. Kamu juga bisa membuat grit sendiri dengan bahan – bahan yang cukup mudah ditemukan. Misalnya saja grit kulit kerang, tepung tulang, tepung kapur, punggung cumi – cumi, batu kali dan batu kapur dan masih banyak lagi yang berfungsi dapat menjadi sumber kalsium.

Ingat, usahakan berikanlah pakan pelengkap sesuai dosis yang sudah ditentukan. Pemberian pakan yang terlalu sedikit dan banyak akan mempengaruhi kesehatan burung kicauan tersebut. Jadi sebelum itu alangkah baiknya jika kamu searching untuk kadar pemberian pakan pada burung kicauan.

Baca Juga : Cara Membuat Jamu Untuk Burung Kicauan

Loading...
Loading...
Jenis Pakan Pelengkap Untuk Burung Kicauan | ilmuhewan | 4.5