Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Jenis Pakan Burung Gelatik Paling Baik

By On Wednesday, August 9th, 2017 Categories : Burung, Jenis dan Macam

Jenis Pakan Burung Gelatik Paling Baik – Ilmuhewan.com – Jika kamu adalah benar – benar pecinta burung sejati maka burung satu ini wajib ada di daftar burung – burung peliharaan kamu.

Kicauannya yang bervariasi ternyata menjadi poin lebih di hati penggemarnya. Bahkan gelatik juga mudah dimaster karena memiliki karakter suara yang nyaring dan lantang.

Selain itu burung ini mampu beradaptasi secara baik di lingkungan baru.

Gelatik a.k.a Padda memiliki dua jenis burung pengicau, yaitu gelatik Jawa (P. Oryzivora) dan gelatik Timor (P. Fuscata). Dari segi pola warna keduanya memiliki kemiripan.

Baca Juga : Jenis dan Daftar Harga Burung Gelatik Terbaru

Namun, yang satu bertubuh agak besar dan satunya lagi bertubuh lebih kecil. Kedua burung jenis gelatik ini sangat menyukai kehidupan yang berkelompok serta menyukai tempat lapang yang banyak ditumbuhi rerumputan sehingga memudahkannya untuk mencari pakan.

Nah, berikut jenis pakan burung gelatik paling baik. Ikutin yuk!

Pakan Gelatik Alami

Pakan alami ini bisa kamu dapatkan dengan mudah.

Pakan semacam jangkrik, ulat, belalang, kroto, serangga dan kawan – kawan sudah banyak tersedia di toko atau pasar unggas. Kandungan protein yang dimiliki beberapa binatang serangga ini ternyata setara dengan dada ayam berukuran 100 gr, walaupun kandungan dimilikinya lebih banyak.

Kandungan protein yang tinggi pada beberapa serangga tersebut mampu meningkatkan birahi gelatik, sehingga burung itu pun akan lebih rajin berkicau atau lebih gacor.

Pakan Gelatik Buatan

Di sisi lain kamu juga bisa membuat pakan gelatik dengan racikan sendiri di rumah. Pakan berbahan dasar voer ini pun sebanding dengan pakan gelatik alami.

Kedua – duanya bertujuan sama agar si gelatik semakin rajin berkicau. Pertama – tama yang harus kamu sediakan antara lain :

  1. Sediakan 2 bungkus voer halus
  2. Sediakan 2 bungkus susu bubuk (bisa diganti dengan 1 sachet bubur / sereal bayi)
  3. Kemudian 2 butir telur bebek
  4. ¼ sendok teh tepung jangkrik
  5. Campurkan semua bahan dan aduk hingga rata
  6. Lalu keringkan supaya tidak berbau
  7. Pakan pun siap diberikan untuk si gelatik guna memenuhi nutrisi

Namun, ada satu bahan pakan lagi yang jarang diketahui oleh pecinta burung. Adalah kacang tanah yang ternyata sangat baik untuk burung gelatik.

Memang sepertinya kurang menyakinkan, tapi percaya lah pakan satu ini memiliki kandungan lemak cukup tinggi (45%) dan berprotein tinggi juga (25%).

Selain itu kacang tanah memiliki kandungan zat besi (Fe), kalsium (Ca), fosfor (P), vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin K, lesitin, kolin dan masih banyak  lainnya.

Menariknya lagi kacang tanah mampu menghilangkan stress, meningkatkan kesuburan / fertilitas, meningkatkan memori burung untuk memasteri burung lain, rajin berkicau dan mengatasi birahi berlebih.

Untuk memberikan pakan ini kepada gelatik, kamu bisa melakukan dengan beberapa cara, yaitu diberikan secara langsung (bentuk tetap utuh), ditumbuk halus atau dicampur dengan voer.

Tapi karena gelatik tidak hanya jenis bertubuh besar saja, maka kamu bisa mengolah kacang tanah dengan cara dimasak dalam wajan atau panci tanpa minyak (disangrai). Kemudian tumbuk hingga halus setelah suhu kacang tanah sudah normal.

Seperti yang sudah dijelaskan untuk pakan kacang tanah kamu bisa mencampur bahan pakan ini dengan voer.

Namun ingat, usahakan untuk selalu memberikan pakan dengan takaran yang sesuai dan tidak berlebih. Kelebihan memberikan pakan pada burung tidak akan membuat burung kamu hidup sehat dan gacor.

Justru akan membuat gelatik kamu memiliki berat tubuh berlebih, sehingga ini akan mengganggu kesehatan dan kicauannya lho.

Baca Juga : Ciri-Ciri Jenis Kelamin Burung Gelatik Jantan dan Betina

Loading...
Jenis Pakan Burung Gelatik Paling Baik | ilmuhewan | 4.5