Jenis Pakan alami dan pemberian pakan ternak belut dengan baik

By On Friday, December 16th, 2016 Categories : Pakan Hewan, Ternak Hewan

Jenis Pakan alami dan pemberian pakan ternak belut dengan baik – Sebagai salah satu hewan karnivora, belut tentu lebih menyukai pakan alami dibanding buatan. Berikut ini beberapa pakan alami belut dan cara pemberian pakan nya.

Cacing tanah

Cacing tanah merupakan salah satu pakan alami yang tinggi akan kandungan proteinnya bagi belut. Selain itu cara membudidayakannya pun terbilang cukup mudah.

Baca Juga : Klasifikasi dan Anatomi Belut

Cara memberi pakan dengan cacing tanah yaitu dengan timbang cacing sesuai dengan bobot belut perhari, lalu bersihkan cacing dan taburkan tepat pada saluran air kolam belut.

Cacing sutera

Cacing sutera memang banyak digunakan untuk pakan benih belut karena memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi.

Berbeda dengan cacing tanah, cacing sutera memiliki tubuh seperti rambut berwarna merah darah, panjang hanya 1 sampai 3 cm dan hidup berkelompok.

Cara memberi pakan dengan cacing sutera yaitu dengan menimbang cacing sutera sesuai dengan bobot pakan yang sesuai lalu dimasukan ke dalam kolam.

Keong mas

Keong mas atau keong sawah merupakan pakan alami yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Cara memberi pakan dengan keong mas yaitu pertama pisajkan daging keong dari cangkangnya, timbang daging keong sesuai dengan bobot pakan yang sesuai, cincang daging keong, lalu taburkan tepat pada saluran air di kolam belut.

Bekicot

Bekicot merupakan salah satu pakan belut yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan keberadaannya sangat mudah ditemukan. Cara memberi pakan belut dengan bekicot yaitu sama seperti keong mas.

Plankton

Pemberian pakan menggunakan plankton atau jasad renik biasanya dilakukan pada budidaya belut media lumpur karena plankton yang dihasilkan dari proses fermentasi sangat berlimpah.

Oleh karena itu pakan plankton ini selain alami juga tidak sulit karena sudah berlimpah. Selain itu, nilai protein yang dikandung oleh plankton ini sangat tinggi dan dapat meningkatkan pertumbuhan belut.

Cara memberi pakan plankton bagi belut ini berbeda dengan yang lain karena yang diperkirakan atau dihitung adalah belut dan media lumpurnya.

Kepiting air tawar

Kepiting air tawar memang baik bagi belut karena dapat meningkatkan nafsu makan si belut. Cara memberi pakan menggunakan kepiting air tawar adalah dengan mencincang daging kepiting terssebut lalu menaburkannya tepar di saluran air pada kolam belut.

Baca Juga : Cara Budidaya belut dengan air bersih ( tanpa lumpur)

Jenis Pakan alami dan pemberian pakan ternak belut dengan baik | ilmuhewan | 4.5